2 Cara Jualan Di Shopee Tanpa Stok Barang Tanpa Modal Untung Mengalir

  • admin
  • Jul 01, 2022
cara jualan di shopee tanpa stok barang

Semenjak hadirnya toko online, siapa saja bisa jualan tanpa punya produk. Ya, benar. Bagi kamu yang terhambat karena tidak punya gudang, dengan cara jualan di Shopee tanpa stok barang tetap bisa berjualan langsung dari rumah. Hal ini memungkinkan berkat adanya sistem dropship.

Sistem ini cocok buat pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Hanya membutuhkan modal kecil dan tanpa gudang menjadikan sistem dropship dilirik oleh segelintir orang. Bahkan, keuntungan yang didapatkan pun tidak sedikit, lho. Kalau kamu tertarik, ayo cek pembahasan singkat berikut!

 

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

 

Shopee adalah salah satu platform e-commerce yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Market yang besar ini memberikan peluang yang bagus. Kamu bisa menggunakan sistem dropship atau program afiliasi untuk berjualan tanpa stok. Sebelum itu, pahami persiapannya berikut:

1. Dropship

Jualan di Shopee tanpa Stok Barang Sistem Dropship

Sistem dropship makin memberi kemudahan dalam berjualan, lantaran kita tidak harus punya gudang atau modal besar. Untuk menjadi dropshipper Shopee, ada beberapa tahap yang perlu dilalui, di antaranya:

Cara Daftar Dropship di Shopee

●  Buat Akun/Login

Sekiranya kamu belum memiliki akun Shopee, maka lakukan registrasi terlebih dulu. Tanpa akun, maka kamu tidak bisa berjualan. Adapun informasi yang dibutuhkan di antaranya Nomor Telepon dan Email. Kamu juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook untuk memudahkan akses login.

● Tentukan Barang yang Ingin Dijual

Bagian ini sangat penting, pastikan kamu mengetahui apa barang yang ingin dijual. Untuk menemukan barang yang laris dan berpotensi sukses di pasaran dapat dilakukan riset terlebih dulu. Pilih barang sesuai dengan target pembeli.

Keuntungan menjadi dropshipper, kita tidak usah khawatir rugi karena barang tidak laku. Barang baru dibeli setelah menemukan pembeli.

Ide jualan di Shopee modal kecil sangat bervariasi, jika kamu membutuhkan referensi, maka bisa menjual produk seperti skincare, obat-obat herbal, pakaian, elektronik, aksesoris, makanan, tas, sepatu, perlengkapan bayi, produk hobi dan koleksi.

● Riset Supplier

Setelah menentukan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya yaitu menentukan supplier. Cara mencari supplier tangan pertama di shopee tidaklah sulit. Kuncinya, pilih supplier terpercaya, berkualitas dan termurah. Jadi kamu bisa menaikkan harganya supaya mendapatkan keuntungan.

Guna memastikan supplier terpilih benar-benar terpercaya, kamu bisa melakukan tes dengan membeli satu produknya terlebih dulu. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya kualitas produk, kualitas pelayanan, respon supplier, bentuk kemasan dan foto produk.

Ini berlaku untuk supplier berbasis toko online. Sekiranya kamu menemukan supplier offline yang harganya lebih murah, maka itu lebih baik.

Sayangnya, tempat seperti ini kebanyakan tersedia di pulau Jawa. Kamu yang bukan tinggal di daerah tersebut bisa memanfaatkan website yang menjembatani antara supplier dengan penjual.

● Buat Toko

Sudah menemukan supplier dan punya akun Shopee, berikutnya kita membuat toko. Tidak ada persyaratan khusus yang diminta, jadi cukup membantu para pemula. Untuk cara lengkapnya, silakan simak panduan di bawah ini:

  • Buka website Shopee.
  • Masuk ke akun Shopee tadi.
  • Tekan tombol Jual pada sudut kiri atas.
  • Lengkapi data profil toko.
  • Toko siap menyambut pembeli.
●       Isi Alamat

Pastikan kamu mengisi alamat toko sama dengan alamat supplier supaya besaran ongkos kirim yang dikenakan kepada pembeli sama. Lebih baik lagi jika mengaktifkan fitur gratis ongkir sebagai upaya menarik minat orang-orang.

● Bangun Katalog Produk

Setelah mengatur alamat dan toko, langkah selanjutnya yaitu unggah produk ke katalog produk. Coba hubungi supplier untuk meminta foto-foto tersebut. Biasanya supplier yang profesional akan langsung memberikan foto-foto produknya secara otomatis.

● Cari Pembeli

Langkah cara jualan di Shopee tanpa modal selanjutnya meluncurkan promosi besar-besaran. Pembeli dapat dicari melalui teknik pemasaran yang tepat.

Kamu bebas memilih menggunakan cara pemasaran seperti apa. Riset siapa kelompok sasaran yang sesuai dengan produk. Mereka lebih berpeluang untuk membeli ketimbang sasaran umum.

Selesai, tugas kamu sekarang melakukan dropshipping ke pembeli.

 

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang Sistem Dropship

 

● Login Akun

Masuk ke Shopee menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.

● Beli Produk ke Supplier

Cari dan dapatkan produk yang dibeli oleh pembeli. Untuk itu kamu mendapatkannya langsung dari supplier. Tipsnya, cara jualan online tanpa modal dan stok barang sebaiknya produk dibeli dari satu toko online saja supaya tidak boros di ongkos kirim.

● Checkout

Tahap pembelian barang sama seperti biasa. Pilih produk pada keranjang dan klik Beli Sekarang.

● Isi Alamat Pembeli

Isi kolom alamat pengiriman diubah menjadi alamat pembeli. Cek berulang kali untuk memastikan informasi benar dan tidak ada salah ketik. Masukkan alamat secara detail supaya lebih jelas.

●  Aktifkan Opsi Kirim Sebagai Dropship

Pada halaman sebelum pembayaran, kamu bisa menggulir ke bawah dan melihat opsi bertuliskan Kirim sebagai Dropshipper. Sekarang klik menu tersebut. Isi dengan nama dan nomor telepon. Terakhir, lakukan pembayaran dan selesai. Produk akan langsung dikirim.

2. Program Afiliasi

Afiliasi shopee

Cara kedua jualan tanpa toko bisa dilakukan melalui program afiliasi Shopee. Pada dasarnya, tugas kamu lebih simpel. Kamu tidak perlu mengurus pengiriman atau hal lainnya. Sebelum jual barang orang di Shopee, pahami dulu cara daftar dan mendapatkan komisi sebagai berikut:

     Syarat Daftar Program Afiliasi Shopee

Untuk cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP ini, kamu harus memenuhi salah satu dari persyaratan berikut:

  • Memiliki minimal 1 ribu followers pada halaman atau grup Facebook.
  • Memiliki minimal 5 ribu followers pada akun Instagram.
  • Memiliki minimal 5 ribu followers pada akun TikTok.
  • Memiliki minimal 8 ribu followers pada kanal YouTube.
  • Memiliki minimal 10 ribu followers pada akun Twitter.

     Cara Daftar Program Afiliasi Shopee

  • Buka website Shopee Affiliate.
  • Daftar akun Shopee. Pilih Masuk jika sudah ada.
  • Masukkan nomor telepon aktif.
  • Ketika muncul pop up terkait pengiriman kode verifikasi, klik OK.
  • Salin dan tempel kode OTP yang dikirim ke nomor telepon. Pilih Verifikasi.
  • Selanjutnya tentukan kata sandi untuk akun. Klik Daftar.
  • Setelah beres, kembali ke halaman Shopee Affiliate dan Masuk menggunakan akun tadi.
  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar.
  • Jika sudah, kirim formulir. Tunggu selama maksimal 5 hari kerja untuk mendapatkan persetujuan atas peninjauan yang dilakukan oleh tim Shopee.
  • Berhasil atau tidaknya akan dihubungi lewat email.

       Cara Mendapatkan Cuan dari Program Afiliasi Shopee

  • Cari dan pilih produk yang ingin kamu promosikan di media sosial. Sebaiknya pilih produk dari Star Seller atau Shopee Mall agar lebih menarik minat calon pembeli.
  • Lalu dapatkan Custom Link atas produk tersebut.
  • Sebarkan link ini pada akun media sosial. Contohnya, kamu bisa menyematkannya di bagian deskripsi YouTube, caption pada TikTok, bio di Instagram dan lain sebagainya.
  • Pastikan konten dibuat semenarik mungkin sehingga mereka yang melihatnya tertarik untuk menonton atau mengecek konten kamu.
  • Tunggu sampai ada orang yang membeli produk melalui custom link yang dibagikan tadi.
  • Kamu akan menerima komisi sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Shopee.
  • Komisi dibayarkan pada minggu kedua dan keempat setiap bulan.

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang tanpa modal ini bisa dijadikan passive income yang cuan. Kuncinya, promosikan produk ke berbagai akun sosial media kamu supaya eksposurnya bagus. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.