-->
17 Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan

17 Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan

17 Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Buah Kurma Bagi Kesehatan. Kurma sangat identik dengan bulan ramadhan. Saat ramadhan kita akan sangat mudah menjumpai buah kurma, karena banyak orang memilih kurma sebagai cemilan saat berbuka puasa. Sangat dianjurkan berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.

Kurma juga sangat baik dikonsumsi saat sahur karena saat tubuh mulai menyerap nilai gizi tinggi dari kurma, energi tetap terjaga dan perasaan lapar bisa diminimalisir saat berpuasa.

Berdasarkan suatu riwayat, kurma adalah makanan favorit Nabi Muhammad saat berbuka puasa. Selain mengikuti tradisi Nabi Muhammad saat berbuka, kurma memiliki sejumlah keistimewaan dari buah lain dari sisi kesehatan. Setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 280 kalori dan setidaknya terkandung beberapa gizi serta nutrisi sebagai berikut :

-Energi 277 Kcal
- Karbohidrat 74,97g
- Protein 1.81g
- Lemak total 0,15g
- Kolesterol 0 mg
- Serat makanan 6,7g
- Folat 15 ug
- Niacin 1.610 mg
- Asam pantotenat 0,805 mg
- Pyridoxine 0,249 mg
- Riboflavin 0,060 mg
- Thiamin 0,050 mg
- Vitamin A 149 IU
- Vitamin C 0 mg
- Vitamin K 2,7 mg
- Sodium 1 mg
- Kalium 696 mg
- Kalsium 64 mg
- Tembaga 0,362 mg
- Besi 0,90 mg
- Magnesium 54 mg
- Manggan 0,296 mg
- Fosfor 62 m
- Seng 0,44 mg
- Karoten-ß 89 ug
- Crypto-xanthin-ß 0 mg
- Lutein-zeaxanthin 23 ug
(Sumber: USDA National Nutrient data base)

Banyak sekali kandungan dalam kurma ya, dan ini juga berarti banyak manfaat dari kurma. Coba kita simak penjelasannya.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Kanker Lambung

Penelitian telah menunjukan bahwa buah kurma menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko dan dampak serius dari kanker lambung. Buah kurma bekerja sebagai tonikum yang berguna untuk semua kelompok usia. Bahkan pada beberapa kasus, obat ini bekerja lebih baik daripada obat tradisional, dan alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif pada tubuh manusia.

2. Meningkatkan energi

Kurma  mempunyai kandungan gula alami yang tinggi, misalnya saja, glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat.
Maka benar seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk mengawali berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.Di lain kondisi, misalnya setelah berolahraga atau latihan kemudian merasa lelah, maka Anda bisa memakan beberapa butir kurma untuk segera mengembalikan tenaga.

3. Menaikkan berat badan

Ada yang lagi dalam program menaikan berat badan? Kurma bisa dijadikan solusi loh. Mau tahu kenapa? Karena 1kg kurma mengandung hampir 3.000 kalori, dan kalori dalam kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tubuh manusia yang cukup untuk menaikkan berat badan. Tapi tetap saja, Anda jangan hanya makan kurma saja sepanjang hari, lengkapi dengan makanan sehat lainnya.

4. Mengatasi Sembelit

Pernah tahu sakit sembelit? Ya, sembelit adalah kesulitan buang air besar. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat. Salah satu makanan yang kaya serat adalah kurma. Caranya rendam beberapa butir kurma dengan air matang di malam, lalu mengonsumsinya di pagi hari saat sudah mulai menjadi cair, untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.
Dan dengan mengonsumsi kurma secara rutin, Anda dapat terhindar dari masalah buang air besar yang mengganggu.

5. Melancarkan Buang air Kecil

Nah ternyata selain untuk mengatasi susah buang air keci ternyata kurma juga bisa melancaran buang air kecil. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan jika kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Disarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari agar lancar buang air kecil.

6. Menjaga kesehatan Tulang

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang baik untuk perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat. Jadi konsumsi kurma rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang Anda agar tidak mudah terkena osteoporosis.

7. Sumber Antioksidan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel bahkan bisa menyebabkan kanker. Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma diantaranya polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

8. Membantu Mencegah Risiko Kanker Otak

Berbagai kandungan mineral di dalam buah kurma seperti magnesium, boron, kalsium, sulfur, dan potassium sangat berperan dalam mencegah risiko kanker otak. Mineral yang terdapat dalam buah kurma ini cukup banyak. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma sebanyak 15 butir dalam sehari, dengan demikian kebutuhan magnesium dan sulfur dapat terpenuhi dengan baik dalam tubuh.

9.Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa rajin mengkonsumsi kurma dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung koroner. Karena kandungan antioksidan yang tinggi, kurma merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak.
Selain itu, mengonsumsi kurma juga menjaadi cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Jadi jika Anda ingin jantung Anda sehat, konsumsilah kurma dan yang pasti diserai juga dengan pola hidup sehat dan rajin berolahraga.

10. Mengatasi anemia

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi anemia. Bagi anda yang menderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. Ketika mengalami anemia, seseorang akan cenderung mengalami lesu, pucat, dan sakit kepala yang menyakitkan. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada kurma akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.

11. Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Ketika terkena demam berdarah, kita membutuhkan obat untuk menaikkan trombosit tubuh. Selain jambu biji, kurma juga bisa menaikkan trombosit dengan cepat. Berdasarkan beberapa kajian menyatakan bahwa dengan memanfaatkan buah kurma ini dapat membantu dalam peningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah. Mineral yang terdapat dalam kurma setelah dikonsumsi seperti galaktosa, xilosa, dan manosa, dapat menambah kadar trombosit sekitar 23.90%. Karena itu buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi orang yang yang sedang menderita demam berdarah.

12.  Mengobati Diare

Kurma matang mengandung potasium, yang dikenal sebagai zat yang efektif untuk mengendalikan diare. Sebuah fakta menyebutkan jika kurma bahkan bisa mengobati diare akut dengan waktu yang sangat cepat. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare, dengan cara menormalkan gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

13. Mencegah gejala rematik

Mineral yang ada pada buah kurma ini mampu menyehatkan tulang dan otot, sehingga dapat mencegah gejala penyakit rematik. Hal ini dapat diatasi dengan memakan buah kurma 15 buah setiap harinya secara rutin. Dengan demikian kebutuhan tubuh akan mineral seperti sulfur, kalium, boron, magnesium, dan kalsium selalu terus tersuplay dengan stabil.

14. Mengobati radang

Jika ada mengalami radang baik itu radang tenggorokan atau radang lain sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma, karena dalam kurma terdapat zat anti radang dan juga nutrisi yang baik untuk pemulihan tubuh.

15. Menjaga kesehatan kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap terasa kenyal serta lembut, kamu butuh asupan vitamin C dan D. Kabar baiknya, kurma kaya akan kedua vitamin tersebut sehingga kalau mengonsumsi buah ini kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Bisa dibilang, kurma bisa menjaga kesehatan kulit kamu serta memiliki khasiat anti-aging

16. Membantu pemulihan setelah melahirkan

Manfaat kurma bagi kesehatan juga bisa memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan. Tak disangka, ibu yang baru saja melahirkan ternyata sebaiknya rutin mengkonsumsi kurma basah karena bisa mencegah perdarahan setelah melahirkan dan membantu proses pemulihan pada rahim. Adanya kandungan hormon yang mirip dengan hormon oksitosin pada kurma inilah yang disebut-sebut membantu pemulihan setelah melahirkan.

17. Membantu produksi ASI

Tidak hanya berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh ibu yang baru melahirkan saja, konsumsi kurma juga mampu membantu produksi Air Susu Ibu atau ASI. Kurma yang sudah matang ternyata kaya akan zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik. Tak hanya itu, nutrisi kurma membantu pembentukan darah sekaligus tulang sumsum pada bayi semenjak mereka di dalam kandungan.

Itulah manfaat luar biasa dari kurma. Masih ragu untuk mengkonsumsi kurma? Mengkonsumsi kurma secara rutin dan dengan takaran yang tepat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi perlu diperhatikan juga saat memilih kurma, ada baiknya kita memilih yang masih memiliki selaput luar atau kulit ari. Pastikan kurma tidak lengket saat dipegang dan tidak terkena lumuran madu atau gula. Pilihlah yang masih memiliki warna cokelat kemerahan atau merah kekuningan. Kurma yang sudah kehitaman cenderung kurang berkualitas dan kurang bersih. Pilih kurma terbaik agar Anda dapat mengambil manfaat kurma bagi kesehatan semaksimal mungkin.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar