-->
19 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Bahan Alami yang Mudah ditemukan

19 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Bahan Alami yang Mudah ditemukan

19 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Bahan Alami yang Mudah ditemukan

Siapa yang pernah jerawatan? Hampir semua orang pasti pernah berjerawat walaupun hanya sekali. Jerawat ini sangat menjadi momok untuk semua orang, satu jerawat bisa membuat orang menjadi tidak percaya diri. Pasalnya, wajah berjerawat dianggap tidak cantik atau tidak tampan. Oleh karena itu mereka yang mempunyai masalah jerawat melakukan berbagai macam cara agar bisa menghilangkannya.

Setelah masalah jerawat, ada masalah setelahnya yang muncul yaitu bekasnya. Wah, banyak sekali ya masalah muncul dari jerawat. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, dari mulai memakai obat jerawat dari berbagai kosmetik, atau dengan resep dokter atau memakai cara yang lebih murah yaitu memakai bahan" alami.

Tapi sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu beberapa faktor pemicu jerawat agar kita dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini beberapa faktor pemicu jerawat.

- Perubahan hormon. 80% kasus jerawat pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS.

- Masa pubertas. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

- Keturunan. Seseorang dari keluarga yang bermasalah dengan jerawat lebih berisiko mengalami jerawat.

- Tidak menjaga kebersihan wajah

- Stres

- Konsumsi obat-obatan, seperti penggunaan litium, kortikosteroid, atau obat antikejang.

- Penggunaan kosmetik tidak cocok dengan jenis kulit.

- Pola makan yang kurang sehat

-Tidur yang tidak cukup

Jadi sebisa mungkin untuk menjaga pola hidup yang sehat, menjaga kebersihan wajah dan pakailah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Tetapi jika jerawat terlanjur hinggap diwajah, ada beberapa cara menggunakan bahan alami nih untuk mengusir jerawat dan bekasnya.

1.Bawang putih 

Bumbu dapur yang satu ini pasti semua orang memilikinya, tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja namun juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit. Karena bawang putih merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Selain itu bawang putih mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

Ada 2 cara untuk menggunakannya: Cara pertama adalah dengan membaginya menjadi dua lalu gosokkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
Atau cara kedua dengan menghaluskannya lalu diaplikasikan pada wajah yang bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Tomat

Tomat dikenal kaya akan Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Tomat mampu untuk mengencangkan kulit, juga bisa cepat menghilangkan jerawat. Caranya: siapkan buah tomat, iris tipis-tipis, tempelkan pada area bekas jerawat, kemudian diamkan dulu selama 10 - 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih

3.Kunyit

Bahan yang sering dijadikan sebagai jamu ini ternyata juga memiliki khasiat untuk kulit wajah. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi mampu mengenyahkan jerawat serta bekasnya jika digunakan secara rutin.
Caranya: tumbuk kunyit hingga halus atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air, lalu gunakan sebagai masker. Diamkan hingga masker kering dan meresap kemudian bilas dengan air bersih.

4.Cuka apel

Hasil olahan buah apel yang satu ini memiliki manfaat untuk mengatur tingkat keasaman atau pH pada kulit serta membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat.
Caranya
-Larutkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air bersih.
-Oleskan pada jerawat menggunakan bola kapas.
-Biarkan selama 10-20 menit sebelum dibilas dengan air hanya.
Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa melakukan perawatan ini sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

5.Kentang

Kentang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memudarkan bekas jerawat karena sifat pemutihnya. Caranya cukup sederhana, cukup iris tipis kentang dan tempelkan pada bagian yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biarkan kentang menempel pada kulit setidaknya selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

6. Putih telur

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan proses regenerasi kulit. Sehingga baik digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Caranya:
- Siapkan 1 butir telur ayam lalu pisahkan dengan kuningnya.
- Kocok putih telur hingga berbusa atau mengembang.
- Oleskan pada area bekas jerawat secara merata lalu biarkan hingga mengering.
- Jika sudah bilas dengan air hangat dan cuci muka menggunakan sabun agar bau amis pada muka Anda hilang.

Coba lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali seminggu agar noda bekas jerawat Anda berangsur-angsur memudar.

7. Pasta gigi 

Pasta gigi mengandung triclosan, flouride dan hidrogen peroksida yang bisa mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat serta mengurangi peradangan ataupun bekas yang ditinggal. Caranya mudah Anda dapat langsung oleskan pasta gigi ke area yang terkena jerawat, hindari mengoleskannya ke seluruh area wajah. Biarkan selama 2 jam atau semalaman jika perlu. Setelah itu bilas dengan air dingin. Perlu diperhatikan untuk yang memilik kulit sensitif sebaiknya Anda tidak menggunakan cara ini, coba gunakan cara yang lainnya.

8. Lemon

Lemon yang mengandung asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat membuat wajah Anda menjadi cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya: Ambil 1 buah lemon, porong menjadi dua bagian lalu peras. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

9. Jeruk nipis 

Jika Anda tidak mempunyai lemon Anda dapat menggukan jerup nipis yang hampir memiliki efek dan khasiat yang sama dengan lemon. Caranya pun hampir sama. Potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10.Mentimun
Sudah tidak diragukan lagi kalau mentimun ini adalah salah satu buah yang sering dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Beberapa kosmetik bahkan menggunakan ekstrak mentimun didalamnya. Didalam mentimum memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, pottasium, magnesium, dan kalium yang efektif mengurangi pembengkakkan jerawatmu dan menghilangkan bekasnya.Caranya:
-Siapkan timun yang sudah di cuci bersih.
-Iris menjadi potongan tipis-tipis
-Tempelkan pada seluruh wajah atau area yang berjerawat saja.
-Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
-Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.
Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan perawatan ini selama dua kali dalam seminggu.

11. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat, salah satunya dalam mengobati jerawat dan bekasnya. Lidah buaya mengandung sebuah senyawa aktif yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat.
Caranya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang.

12. Kulit Jeruk

Ternyata selain buah jeruk yang enak, kulit dari buah jeruk ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat loh. Jadi setelah makan jeruk jangan langsung buang kulitnya ya. Kulit jeruk mengandung vitamin A dan C, flavonoid, dan antiokasidan yang tinggi serta tinggi akan serat.Sehingga baik dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka, menghilangkan noda dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga dapat menyegarkan kembali kulit kusam.
Caranya:
- Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk di bawah sinar matahari.
-Lalu tumbuk hingga halus, kemudian campurkan air secukupnya
-Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

13. Pepaya

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati dan aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Bersihkan pepaya dan potong dadu, Haluskan pepaya hingga menjadi bubur. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu atau lemon. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

14. Daun pepaya

Tidak hanya dagingnya, daun pepaya dapat menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan jerawat membandel. Senyawa kaprpain yang terkandung di dalamnya ampuh membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan kulit.
Caranya:
-Ambil 4 lembar daun pepaya.
-Keringkan dengan menggunakan sinar matahari.
-Tumbuk daun pepaya hingga halus. Campur dengan air sampai menajdi pasta.
-Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

15. Madu 

Bahan yang satu ini juga sangat dikenal ampuh dalam mengobati jerawat dan bekasnya. Karena bahan alami pada madu mengandungan antibiotic yang mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Caranya mudah, cukup oeskan madu murni pada bekas jerawat, biarkan hingga mengering kamudian bilas dan bersihkan dengan air hangat.

16. Es Batu

Sifat dingin pada es batu mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengusir jerawat. Caranya sangat mudah: tempelkan es batu pada jerawat dan diamkan beberapa menit.

17. Gula

Gula terbuat dari tebu dan pada tebu terdapat asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang mampu untuk membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru. Jadi menggunakan scrub gula dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat pada wajah. Cara membuat scrub gula adalah:
-Siapkan gula dan minyak zaitun (takar dengan perbandingan 2 : 1), 5 tetes jus lemon.
-Campurkan semuanya hingga merata.
-Aplikasikan masker scrub gula dengan cara mengoleskan pada bekas jerawat, diamkan dulu selama 15 menit
-Bilas dengan air hangat dan gunakan pelembap alami.
Lakukan setiap dua atau tiga kali sehari.

18.Uap

Uap akan membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit dapat bernapas. Dengan demikian kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar. Caranya adalah dengan mengisi suatu wadah dengan air panas lalu letakkan wajah Anda di atas wadah tersebut, tapi jangan terlalu dekat. Kemudian tutup sekeliling antara wajah dan wadah berisi air panas tadi dengan handuk. Diamkan selama 5 menit. Rutin menguap wajah setiap hari terutama menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

19. Garam

Garam merupakan senyawa natrium klorida atau sodium klorida. Air garam merupakan garam yang dilarutkan di dalam air, dimana bersifat sebagai larutan fisiologis atau ionik yang mengandung belerang dan kalium untuk menjaga keseimbangan air pada kulit. Air garam ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan jerawat.
Caranya: Larutkan garam secukupnya pada air hangat, kemudian masukan kapas kedalam larutan air garam dan tempelkan pada area yang berjerawat. Tekan-tekan dan diamkan sebentar. Setelah selesai, cuci muka Anda dengan larutan garam tadi kemudian bilas dengan air dingin.
Atau Anda juga bisa menggunakan air dan garam yang dipanaskan sebagai uap untuk menguapi wajah Anda guna untuk mengangkat kotoran pada wajah. Kemudian setelahnya Anda dapat menggunakannya air garam (hangat) tadi untuk cuci muka lalu bilas dengan air dingin.

Nah itu tadi beberapa pilihan cara menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Setiap orang mungkin akan memiliki reaksi dan hasil yang berbeda. Anda dapat mencoba dan menyesuaikan dengan wajah Anda. Dan yang terpenting Anda harus konsisten melakukan perawat dengan cara-cara diatas. K
arena tidak mungkin hasil bisa dilihat dengan beberapa kali pemakaian. Butuh kesabaran dan ketelatenan. Dan ingat untuk tetap membarengi perawatan tersebut dengan pola hidup yang sehat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar