-->
6 Cara yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Nyeri Pada Saat Sedang Haid

6 Cara yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Nyeri Pada Saat Sedang Haid

6 Cara yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Nyeri Pada Saat Sedang Haid

Nyeri haid atau disebut juga dysmenorrhea merupakan rasa sakit yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi. Kebanyakan wanita merasakan nyeri pada saat haid, hanya saja kadar rasa sakitnya yang mungkin berbeda. Ada yang mengalami sakit yang luar biasa sehingga tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari, ada juga yang tidak terlalu sakit sehingga tidak mengganggu aktivitasnya.

Nyeri haid yang terasa di perut bagian bawah ini biasanya diikuti dengan gejala lain seperti rasa sering mual, kepala terasa sakit dan pusing, serta tubuh terasa lelah dan ingin pingsan.
Beberapa gejala tersebut biasanya akan terasa ketika masa-masa menjelang haid dan juga pada masa awal menstruasi. Rasa nyeri tersebut biasanya akan bertahan selama 2 sampai 4 hari. Namun, pada beberapa perempuan dengan kasus yang lebih parah biasanya rasa sakit akan bertahan dalam kurun waktu yang lebih lama.

Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika mengalami nyeri pada saat haid


1.Kompres Perut

Melakukan relaksasi akan membantu memberikan rasa nyaman sekaligus menurunkan rasa nyeri di bagian perut bawah. Salah satu caranya adalah dengan mengompresnya. Metode kompres tersebut bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan juga membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan yang pertama Anda dapat mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan handuk basah atau mengompresnya dengan botol berisi air hangat atau juga Anda bisa mencoba mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh bagian tubuh.

2. Berbaring

Berbaring ditempat yang nyaman untuk Anda juga dapat menjadi cara untuk mengurangu rasa nyeri saat haid di bagian perut dan juga pinggang. Agar Anda lebih nyaman Anda bisa meletakkan bantal pada bagian bawah lutut untuk menyangganua kemudian tarik nafas panjang kemudian lepaskan secara perlahan. Lakukan terus sampai Anda benar-benar rileks.

3. Olahraga ringan

Biasanya saat sedang mengalami sakit saat haid kita jadi bermalas-malasan dan tidak banya bergerak. Tapi tahukan Anda bahwa sebenarnya kita memerlukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan untuk mengurangi rasa sakitnya. Saat berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan berfungsi sebagai painkiller dan peningkat mood secara natural sehingga dapan membuat Anda merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan adalah jogging, bersepeda, yoga ataupun aerobik. Tapi jangan memaksakan diri apabila memang kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga ringan tersebut.

4. Istirahat Cukup

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kurang tidur dapat membuat rasa nyeri saat haid menjadi lebih parah. Mencukupi kebutuhan istirahat akan memberikan rasa rileks sekaligus mempercepat proses penyembuhan nyeri. Saat mengalami masa menstruasi, sebaiknya Anda tidur malam setidaknya selama 7 jam. Oleh karena itu, ikutilah petunjuk ideal untuk tidur adalah di jam 9, hindari tidur di atas jam 11 malam karena jika anda memiliki aktifitas di pagi hari, hal ini dapat menyebabkan kondisi anda semakin tidak fit dan nyeri haid menjadi semakin terasa. Jika perlu sempatkan untuk tidur siang selama 30-60 menit agar tubuh bugar kembali dan rasa nyeri saat haid pun dapat berkurang.

5. Makan Makanan yang Sebaiknya di Komsumsi

- Susu mengandung Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi.

- Nanas mengandung zat bernama bromelain yang berguna untuk meredakan nyeri pada perut ketika haid. Kandungan bromelain dalam nanas berguna untuk mengendurkan otot-otot rahim yang kram sehingga rasa nyeri berangsur hilang.

- Brokoli kaya akan kandungan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6. potassium, dan juga magnesium yang efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat haid.

- Pisang dapat membantu memberikan rasa nyaman ketika menstruasi. Kandungan potassium dalam buah pisang efektif untuk menurunkan kadar hormon estrogen sehingga rasa nyeri akan segera reda. selain itu, mengkonsumsi pisang yang kaya akan kandungan melatonin sebelum tidur dapat membantu mengatur ritem alami tubuh.

- Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 dan juga vitamin D. Keduanya bermanfaat untuk menenangkan rasa kram dan juga keluhan kembung pada perut. Bahkan menurut penelitian, kandungan omega 3 pada ikan salmon berguna sebagai anti depresan.

- Teh herbal merupakan salah satu jenis minuman sehat yang akan memberikan rasa nyaman sekaligus meredakan keluhan kembung. Mengkonsumsi teh herbal akan membantu mengurangi kram ketika haid.

- Coklat hitam kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, mengkonsumsi coklat hitam juga akan membantu peningkatan hormon serotonin sehingga bisa memperbaiki suasana hati ketika haid. Mengkonsumsi coklat hitam juga terbukti mampu mengurangi rasa tidak nyaman ketika haid.

- Kayu manis memang sudah lama digunakan untuk mengurangi flu dan alergi. Akan tetapi, ternyata, kayu manis juga bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi. Sebagai tambahan, kayu manis kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Selain itu, kayu manis juga mengandung mangan, mineral yang dapat membantu mengurangi masalah-masalah saat menstruasi.

- Jahe, Meminum sepotong jahe yang dicampurkan ke air hangat dapat membantu meringankan kram saat menstruasi.

-Nasi merah, Nasi merah mengandung vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu Anda mengurangi kembung saat menstruasi.

- Walnut, almond, dan biji labu (pumpkin seed), ketiga makanan yang disebutkan di atas kaya akan mangan, yang sudah seperti disebutkan sebelumnya, mangan adalah mineral yang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau kram selama menstruasi.

- Ayam, ikan, dan sayuran berdaun hijau mengandung zat besi. Zat besi adalah salah satu komponen yang hilang saat menstruasi. Oleh karena itu, baik untuk Anda untuk kembali “mengisi tubuh” Anda dengan zat besi melalui makanan yang Anda makan.

-Kunyit Asam merupakan salah satu minuman tradisional yang sudah dikenal baik untuk menyembuhkan nyeri pada saat haid. Untuk meredakan rasa nyeri saat haid, anda bisa mengkonsumsi kunyit asam sebelum dan juga ketika haid berlangsung. Selain cara menghilangkan nyeri saat haid, mengkonsumsi kunyit asam juga akan melancarkan aliran menstruasi saat haid.

6. Mengindari Makanan yang Dapat Memicu Rasa Sakit

Selama menstruasi, cobalah hindari makanan-makanan yang justru akan memperparah rasa sakit atau kram saat menstruasi yang Anda alami. Berikut makanan yang perlu Anda hindari: makanan berlemak, alkohol, minuman bersoda, kafein, makanan cepat saji, makanan yang dipanggang.

Sekarang sudah tahukan bagaimana cara menghilangkan rasa nyeri pada saat haid? Namun Anda tidak perlu khawatir, biasanya rasa nyeri tersebut lambat laun akan hilang ketika Anda sudah memiliki anak. Tetapi jika Anda tetap merasakan sakit yang mungkin lebih parah ketika usia lebih dari 25 tahun maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan medis karena bisa jadi rasa nyeri tersebut menandakan adanya gejala penyakit tertentu. Oleh karena itu ada baiknya Anda memulai pola hidup yang lebih sehat, olahraga secara teratur dan miliki waktu istirahat yang cukup.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar