9 Fakta Menarik Tentang Coklat yang Harus Anda Ketahui

9 Fakta Menarik Tentang Coklat yang Harus Anda Ketahui

9 Fakta Menarik Tentang Coklat yang Harus Anda Ketahui

 Fakta Menarik Tentang Coklat yang Harus Anda Ketahui. Siapa sih yang gak suka coklat? Makanan manis 1 ini disukai hampir oleh semua orang. Dan juga coklat dikenal sebagai simbol kasih sayang, jadi tidak heran jika coklat selalu jadi andalan untuk mengungkapkan perasaan cinta kepada seseorang. Tapi tahukah Anda ada beberapa fakta menarik dari coklat yang tidak hanya manis rasanya dan sebagai simbol kasih sayang ini? Ternyata coklat ini banyak sekali loh manfaat. Simak fakta-fakta menarik berikut ini.

1. Jenis-Jenis Coklat yang Ada di Dunia

-Dark Chocolate, mempunyai kandungan biji coklat (kakao) yang tertinggi yakni paling sedikit 70% tanpa banyak gula serta lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).
-White Chocolate, hanya memiliki 33% kandungan coklat (kakao), sisanya yaitu gula, susu serta vanila. Kandungan gula ini yang dapat memberikan dampak negatif, seperti rusaknya gigi dan diabetes.
-Milk Chocolate, adalah campuran kakao dengan susu serta ditambah gula. Coklat jenis ini sangat digemari karena rasanya yang enak.

2. Manfaat coklat untuk kesehatan tubuh

Dari paparan jenis-jenis coklat tadi, dark chocolate yang mengandung 70% kakao memiliki banyak manfaat. Kakao/biji coklat ini kaya akan flavanols, jenis fitokimia flafanoid yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat flavanoid adalah anti-oksidan yang baik untuk tubuh yang berfungsi untuk:
-mencegah radikal bebas,
-meningkatkan produksi insulin,
-mempengaruhi peningkatan aliran darah,
-mengurangi resiko serangan jantung,
-menurunkan kolesterol
-mengurangi resiko kanker.

3. Coklat sebagai obat anti-depresi

Yah, kita pasti sering dengar bahwa memakan coklat bisa menghilangkan stres/memperbaiki mood. Ternyata itu bukan mitos loh, faktanya didalam coklat mwngandung molekul psikoaktif yang bisa membuat seseorang merasa nyaman, dan juga kandungan caffein, theobromine, methgl-xantine serta phenylethylalanine diakui bisa memperbaiki mood, kurangi kelelahan sehingga dapat difungsikan sebagai obat anti-depresi.

4.Coklat bisa dijadikan solusi diet

Mungkin beberapa orang baru tahu kalau coklat dapat digunakan untuk diet. Sedangkan kebanyakan wanita menghindari makan coklat karena takut gemuk. Sebenarnya, coklat banyak mengandung kakao dan sedikit gula seperti dark chocolate dapat dijadikan solusi untuk yang sedang diet. Hasil riset yang dilakukan University of Copenhagen menunjukan bahwa dark chocolate (coklat hitam) memberi perasaan yang lebih kenyang seperti khasiat jambu biji serta manfaat apel, daripada coklat putih. Ini berarti cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Jadi untuk kalian yang sedang diet, ada baiknya mencoba dark chocolate, sehingga Anda dapat merasa lebih rileks dan nyaman dalam menjalani diet.

5. Coklat bisa menghindari rusaknya gigi

Loh, bukannya kebanyakan ibu-ibu melarang anak-anaknya banyak makan coklat karena takut giginya rusak ya. Nah ini nih, fakta menarik lagi. Banyak orang keliru, ternyata yang dapat merusak gigi itu bukan coklat melainkan gula yang terkandung dalam coklat. Jadi pilihlah coklat yang memiliki kandungan kakao lebih banyak dan sedikit gula. Hasil riset menunjukan bahwa dalam coklat mengandung zat theobromine yang dapat menghindari rusaknya gigi dengan menyingkirkan streptokokus mutans, yakni bakteri yang dapat merusak gigi pada rongga mulut. Jadi salah ya jika menganggap coklat sebagai perusak gigi, justru coklat baik untuk kesehatan gigi. Tapi harus tetap rajin gosok gigi ya setelah makan coklat.

6. Coklat bisa menangani sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah penyakit yang menyebabkan seseorang merasa lelah dan nyeri otot serta sulit sekali berkonsentrasi, sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Coklat dapat dijadikan pilihan untuk menangani bentuk  penyakit ini. Beberapa peneliti di Inggris menemukan fakta bahwa coklat dapat meningkatkan tindakan neurotransmitter serotonin yang bantu mengatur situasi hati serta tidur. Buat yang sering merasa lelah, sering-sering aja konsumsi coklat agar badan selalu fit dan lebih bersemangat.

7.Manfaat coklat untuk ibu hamil

Beberapa manfaat coklat untuk ibu hamil dan bayinya yaitu menghibsari pre eklampsia (salah satu pemicu persalinan prematur, memberi dampak pada bayi lebih bahagia, dan meningkatkan respon pada bayi.

8. Siapa sangka coklat juga bagus untuk kulit

Kalsium, zat besi, serta vit A, C, B1, D serta E merupakan kandungan nutrisi yang dapat ditemukan dalam coklat hitam. Rajin menggunakan masker coklat hitam dapat melindungi kulit agar tetap lembab dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan vit E pada coklat ini yang dapat merawat kulit, menjaga elastisitas kulit, menghalangi proses penuaan dini dan meningkatkan proses penyembuhan.

9. Coklat sebagai obat diare.

Diare dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Banyak cara yang dilakukan untuk mengobati diare dengan bahan alami, salah satunya coklat. Mungkin cara yang satu ini, jarang orang memakainya karena tidak tahu. Padahal kandungan flavanoid pada coklat dapat membantu proses penyembuhan. Bisa dicoba ya cara ini jika kalian mengalami diare.

Itu tadi beberapa fakta dari coklat yang mungkin belum banyak orang tahu. Banyak juga kan manfaatnya, jadi bisa tambah suka makan coklat dan tidak perlu khawatir lagi bikin gemuk atau merusak gigi. Tapi ingat pilih coklat asli yang bahannya alami dan banyak mengandung kakao serta sedikit gula ya.
Buka Komentar