Inilah Manfaat 7 Jenis Jamu Tradisional yang Baik Buat Kesehatanmu

Inilah Manfaat 7 Jenis Jamu Tradisional yang Baik Buat Kesehatanmu

Inilah Manfaat 7 Jenis Jamu Tradisional yang Baik Buat Kesehatanmu

Manfaat 7 Jenis Jamu Tradisional yang Baik Buat Kesehatanmu. Jamu adalah minuman khas tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apakah Anda suka jamu? Jika iya, itu bagus. Karena sudah tidak diragukan lagi bahwa mengkonsumsi jamu sangat baik untuk kesehatan. Lalu apakah Anda tahu jenis dan manfaat jamu yang Anda minum? Karena masing-masing jamu memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh. Anda harus mengetahui jenis dan manfaat dari jamu yang Anda minum agar sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Dan bagi Anda yg tidak suka minum jamu, ada baiknya juga Anda mengetahui jenis dan manfaat dari jamu agar Anda bisa memulai minum jamu untuk kesehatan tubuh Anda.

7 Jenis Jamu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


1. Beras Kencur

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jamu beras kencur ini. Karena setiap penjual jamu pasti menyediakan jamu ini. Seperti namanya, jamu ini terbuat dari kencur dan beras yang ditambah bahan lain seperti jahe dan asem. Jamu ini sangat cocok untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan atau juga untuk orang dewasa yang berbadan kurus dan ingin menggemukan badan. Karena jamu beras kencur bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Selain itu juga, beras kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina.

2. Kunyit Asem

Selain beras kencur, jamu kunyit asem ini juga banyak dikenal dan dicari orang. Dari namanya kita bisa tahu bahwa jamu ini bahan utamanya kunyit dan asem serta ditambah rempah lain seperti gula merah, temulawak dan lain-lain. Jamu yang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita ketika sedang haid.. Karena kunyit asem sangat baik untuk mengatasi sakit perut saat haid. Selain itu kandungan anti-oksidan pada kunyit dapat membantu meremajakan sel-sel tubuh sehingga bisa mencerahkan kulit, serta cocok untuk Anda yang sedang diet. Jadi untuk Anda kaum wanita yang sedang diet dan ingin kulit yang cerah, bisa dicoba nih jamu kunyit asem ini.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan yang belum banyak diketahui

3. Pahitan

Seperti namanya, jamu ini rasanya sudah pasti pahit karena jamu ini terbuat dari brotowali atau sambiloto. Tapi jangan salah, justru jamu pahitan ini banyak sekali loh manfaatnya. Jadi untuk Anda yang gak tahan sama pahitnya, Anda bisa menjadikan pahitan ini campuran dengan jamu lain seperti kunyit asem, agar rasanya tidak terlalu pahit. Nah manfaat dari pahitan adalah dapat menambah nafsu makan, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol,mengurangi tekanan darah tinggi, membersihkan darah, menyembuhkan pegal linu, dan menghilangkan jerawat.

4.Temulawak

Jamu ini sudah jelas bahan utamanya adalah temulawak yang ditambah bahan lain seperti asam jawa, gula aren, daun pandan dan jinten. Manfaatnya juga banyak loh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah masuk angin, menghilangkan pegal-pegal, mengobati sakit maag, sakit kepala, kembung, gangguan ginjal dan empedu.

5. Galian singset

Jamu galian singset terbuat dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, laos, serai, merica, cengkeh, kayu manis, ketumbar, kapulaga, kayu singset, lempuyang. Jamu ini gak kalah banyak manfaatnya, melangsingkan tubuh, menghilangkan bau badan, merapatkan organ intim, mengatasi keputihan, kulit menjadi lebih kencang, mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Wah ternyata bagus sekali untuk wanita ya ladies, wajib dicoba nih.

6. Cabe Puyang

Jamu cabe puyang terbuat dari cabe jamu dan puyang serta ditambah rempah-rempah lain. Kalau jamu yang satu ini favoritnya Bapak-Bapak nih. Karena khasiat jamu ini baik dalam menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan maupun sakit pinggang dan juga menghilangkan kesemutan.

7. Jamu Uyup-Uyup

Jamu uyup-uyup atau sering dikenal gepyokan sangat cocok untuk ibu-ibu yang baru melahirkan karena dapat menjaga ketahanan tubuh, serta baik untuk ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu uyup-uyup juga bisa membantu menghilangkan bau badan. Bahan dari gepyokan ini adalah kencur, jahe, bengle, laos, kunyit, temulawak, puyang, dan temugiring.

Nah itulah ketujuh jenis jamu dan manfaatnya. Bagaimana nih, sudah sesuaikah jamu yang Anda minum dengan manfaat untuk tubuh Anda? Dan untuk yang tidak suka minum jamu, setelah membaca artikel ini semoga jadi mau coba minum jamu ya, karena manfaatnya bagus sekali loh buat kesehatan Anda.
Buka Komentar