10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami. Siapa yang pernah mengalami sariawan? Ya, sepertinya hampir semua orang pernah ya mengalami sariawan meski hanya sekali seumur hidup. Sariawan bisa muncul di lidah, pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah lidah atau dinding mulut tergigit, luka di mulut, daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin C, B12 dan atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami


Penyakit yang tergolong tidak berbahaya ini cukup mengganggu aktivitas ya, karena sariawan ini cukup menyiksa, satu sariawan saja bisa membuat kita tidak doyan makan, minum pun terasa pedih dan jadi malas berbicara. Jangan dulu terburu-buru meminum obat untuk mengatasi sariawan, coba lah dulu dengan pengobatan alami, diantaranya.

1. Air garam

Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, tiga kali sehari. Atau, oleskan garam pada luka sariawan lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawan hilang.

2. Kompres dengan es batu

Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompresnya dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa dingin es batu memperlambat aliran darah menuju sariawan sehingga mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi. Jika sulit, Anda bisa langsung menempelkannya pada sariawannya.

3. Kompres dengan kantong teh

Setelah menyeduh teh celup, jangan buang kantongnya. Kantong teh celup (khususnya teh hitam) yang masih basah dapat meredakan rasa sakit dan peradangan. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Menurut American Academy of Periodontology daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi. Atau, kamu bisa menggunakan teh celup chamomile yang juga mengandung zat anti radang. Caranya cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

4. Berkumur dengan air kayu manis

Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah air dingin, berkumurlah. Khusus untuk Ibu hamil, cara ini tetap boleh dilakukan namun dengan jumlah kayu manis yang tidak terlalu banyak. Kayu manis mengandung kadar vitamin C tinggi yang bisa membahayakan janin jika dikonsumsi terlalu banyak.

5. Madu

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Hasil dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

Baca Juga: 19 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Bahan Alami yang Mudah ditemukan

6. Lidah Buaya

Lidah buaya bekerja sebagai antiseptik alami, selain itu lidah buaya memiliki aifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya sariawan, tapi beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kesehatan mulut, bisul mulut, radang mulut, dapat disembuhkan dengan lidah buaya.

Caranya juga cukup mudah, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

7. Seledri

Cukup mengunyah tangkai seledri, sariawan bisa terobati. Seledri mengandug asam folat, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Caranya,kunyah tangkai seledri dan biarkan di dalam mulut selama 10 menit sebelum dibuang, ini juga berguna untuk menghilangkan bau mulut.

8. Daun Kemangi

Daun kemangi mempercepat proses penyembuhan sariawan, karena mengandung sifat antibakreri, antijamur, dan antiviral. Caranya, cuci empat atau lima daun kemangi. Kunyah di bagian sariawan, lalu minum sedikit air setelah itu. Lakukan sekali atau dua kali dalam sehari. Metode ini juga menhilangkan nafas tak sedap.

9. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh. Caranya, bawang putih yang sudah dicuci bersih dapat langsung dipotong dan dioleskan pada sariawan.

10. Yogurt Tanpa Gula

Yogurt mengandung probiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur. Bakteri Lactobacillus yang ada di dalamnya mampu menyebar ke dalam tubuh melewati usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya, pilih yogurt yang tidak mengandung pemanis karena gula memberikan lingkungan yang kondusif bagi jamur untuk tumbuh. Yogurt dapat diminum langsung ataupun dioleskan ke luka sariawan dan dibiarkan selama 5-10 menit kemudian bilas dengan air.

Sebenarnya biasanya, sariawan akan hilang dan sembuh sendiri dalam waktu 10 hingga 14 hari. Bila Anda tidak tahan menunggu selama dua minggu Anda bisa mencoba mengobatinya dengan beberapa bahan alami tadi sebelum Anda menggunakan obat berbahan kimia. Atau Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah memperparah sariawan.

  • Rajin sikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan lakukan secara perlahan
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan nyeri lebih lanjut.
  • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan.
  • Hindari makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat melukai sariawan, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.
  • Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  • Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.
  • Perbanyak memakan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin B, dan zat besi.

Jika semua yang sudah dilakukan dan sariawan tidak kunjung sembuh dan sariawan semakin melebar dan menyebar serta tidak kunjung sembuh sampai 3 minggu lebih, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter .

Baca Juga: 11 Cara Meredakan Flu yang Dapat Anda Lakukan di Rumah


Topik Terkait: Tips Bermanfaat 
Buka Komentar