-->
11 Cara Meredakan Flu yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

11 Cara Meredakan Flu yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

11 Cara Meredakan Flu yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Cara Meredakan Flu. Musim hujan seperti ini, udara menjadi dingin dan rentan akan penyakit flu. Penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya ini tergolong penyakit ringan tapi menyiksa dan juga cukup mengganggu aktivitas dan Anda harus tetap hati-hati.

Flu yang umum dialami biasanya disebabkan oleh sejenis virus yang disebut rhinovirus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah bersin-bersin, demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya. Salah satu contoh penularan langsung adalah ketika kita tanpa sengaja menghirup butiran air liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita flu melalui bersin atau batuk. Contoh penularan langsung lainnya adalah ketika kita bersalaman dengan penderita flu setelah sebelumnya tangan mereka memegang mulut atau hidung.

Penularan tidak langsung umumnya diperantarai oleh benda-benda yang telah terkontaminasi virus. Kita bisa terinfeksi flu apabila memegang permukaan benda yang sebelumnya telah terkena percikan butiran liur penderita. Virus flu bisa bertahan hidup pada permukaan benda selama satu hari. Contoh-contoh benda yang sering menjadi media perantara penularan virus flu adalah gagang pintu, telepon, atau papan tombol komputer.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Jika Anda mengalami flu Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara untuk mengatasi flu Anda agar tidak semakin memburuk dan flu Anda cepat sembuh.

1. Banyak minum air putih

Air putih memang mempunyai segudang manfaat. Diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Minum Minuman Hangat

Meminum cairan hangat dapat membantu mengencerkan lendir dalam hidung sehingga cairan bisa keluar, dan membuat Anda merasa lebih baik dengan cepat. Penelitian menunjukkan bahwa meminum cairan hangat dapat meredakan gejala flu seperti pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan lemas. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

3. Mandi atau berendam dengan air hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Mandilah atau berendam air hangat untuk mengurangi batuk dan pilek Anda. Selain berendam air hangat, kamu pun bisa menggunakan alternatif lain dengan humidifer atau pelembap ruangan.

4. Menghirup uap hangat

Menghirup uap dapat melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada hidung. Dilansir dari Healthline, menghirup uap panas telah terbukti membantu mengatasi hidung meler. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa inhalasi uap cukup efektif untuk pasien flu biasa. Ini mengurangi waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu lebih cepat dibanding dengan tidak menghirup uap sama sekali.

Caranya: Gunakan uap air pada air mendidih untuk Anda hirup uap hangatnya, jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetesan minyak esensial dekongestan agar uap bekerja lebih baik mengatasi hidung Anda yang ingusan.

5. Istirahat yang cukup

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan  mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah. Jadi sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali. Hindari begadang dan tidurlah dengan cukup. Tidak masalah jika kamu tidur agak lebih lama, asal kondisimu bisa membaik.

6. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Karena beekumur membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau kalau mau lebih praktis, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

7. Minum rempah-rempah yang hangat

Mengkonsumsi rempah-rempah yang hangat juga mengatasi flu yang Anda derita. Rempah-rempah tersebut si antaranya kencur, jahe, kemangi, dan sereh. Caranya salah satu atau semua rempah-rempah tersebut direbus dengan air secukupnya,  tambahkan gula aren atau madu, lalu minum air rebusannya.

8. Mengonsumsi bawang putih

Cara mengatasi hidung tersumbat secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang sangat baik yang berguna membasmi bakteri penyebab hidung tersumbat. Atau jika Anda tak sanggup memakan langsung Anda bisa mencampur 3 - 4 siung bawang putih ke dalam secangkir air panas. Saring, tambahkan gula, dan minum sup ini setidaknya dua kali sehari.

9. Mengonsumsi makanan pedas

Cara ini merupakan cara yang mudah dan menyenangkan, mungkin bagi Anda pecinta makanan pedas. Dengan memakan makanan, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika Anda mengalami kepedasan.

Kadang hidung ingusan membuat hidung tersumbat. Makanan pedas bisa membuat hidung berair dan mengurangi hidung yang tersumbat. Bila Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, cobalah sedikit untuk meringankan pilek.

10. Tidur dengan bantal yang lebih tinggi

Gunakan ekstra bantal ketika tidur untuk kepala dapat meringankan saluran hidung Anda yang tersumbat. Namun, pastikan bahwa bantalnya tidak terlalu tinggi supaya Anda nyaman dan kepala Anda tidak sakit pada saat bangun.

11. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur 

Sakit kadang memang bikin gak nafsu makan. Namun, kamu perlu ingat kalau tubuhmu butuh asupan nutrisi yang cukup, apalagi kalau lagi sakit. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal. Jadi perbanyaklah makan sayur dan buah saat flu.

Jika Anda sedang flu Anda bisa mencoba beberapa cara tadi untuk meredakan flu Anda dan mempercepat pemulihan Anda. Semoga segera sehat kembali.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar