12 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

12 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

12 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan. Jagung merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bisa diolah secara sederhana yaitu direbus ataupun dibakar diatas arang. Selain itu kita juga bisa mengolahnya menjadi bubur, popcorn atau makanan lainnya. Banyak orang yang menyukai jagung karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Tahukah Anda dibalik rasanya yang lezat jagung juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral.

Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada pop corn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik. Sedangkan minyak jagung mengandung sejumlah vitamin E, ubiquinone (coenzyme Q10), dan fitosterol .
Apapun olahannya, jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Dibanding asupan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan, seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin yang memengaruhi warna jagung menjadi merah atau biru dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein.

Banyak sekali ya nutrisi yang terkandung pada jagung, lalu apa saja manfaat dari jagung ini ya?Simak penjelasannya.

Apa Saja Manfaat Jagung Untuk Kesehatan?


1. Sumber Kalori

Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram. Cocok ini untuk makanan orang yang sedanv dalam program menaikkan berat badan.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapatmengurangi kemungkinan diare.

3. Mencegah Anemia

Jagung mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL, dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penurunan kolesterol LDL tidak berarti pengurangan kolesterol HDL, yang dianggap “kolesterol baik” dan memiliki berbagai efek yang baik untuk tubuh, termasuk pengurangan penyakit jantung.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

5. Menjaga Kesehatan Mata

Jagung juga memiliki kandungan vitamin A, dan mengandung banyak beta karoten sebagai pembentuknya. Kandungan vitamin A dalam jaung manis sama seperti di dalam wortel, yakni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu, bagi beberapa orang yang tidak suka dengan wortel, dapat mengkonsumsi jagung manis sebagai sayur untuk menjaga kesehatan mata.

6. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, tidak seperti banyak makanan lain, memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis. Jagung mengandung phytochemical yang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan kanker.
7. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Alzheimer

Jagung mengandung vitamin B dan l folat di dalamnya, membuat jagung manis ini dapat membantu meningkatkan daya ingat. Kemampuan untuk mengingat menjadi lebih baik. oleh karena itu, sebaiknya mengkonsumsi jagung manis untuk meningkatkan kinerja otak sehingga mencegah terjadinya alzheimer, atau biasa dikenal dengan kepikunan.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A tidak hanya dibutuhkan untuk mata, namun juga dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Warna Kuning pada jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A yaitu Vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV. Dengan asupan vitamin A yang cukup, maka kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik. kulit menjadi lebih halus dan tidak kering.

10. Memperkuat Tulang

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.

11. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan pasien untuk membantu  mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.

Komposisi nutrisi utama jagung adalah karbohidrat, yang hampir memenuhi 6-7% dari kebutuhan harian. Tapi tak seperti kandungan karbohidrat olahan dalam roti atau nasi putih yang cepat menguras energi, karbohidrat dalam jagung memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama. Ini karena karbohidrat jagung adalah karbohidrat kompleks. Selain itu, jagung juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi ini dicerna lambat oleh tubuh, dan sekaligus bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah karena serat memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat (glukosa) untuk dilepaskan ke dalam aliran darah.

Dan meskipun kadar gula dalam jagung termasuk tinggi (2 gram per 100 gram), jagung bukanlah makanan dengan indeks glikemik tinggi, sehingga bahkan jika Anda makan jagung utuh tidak akan menyebabkan gula darah Anda melonjak naik. Konsumsi jagung dalam jumlah sewajarnya telah terbukti dapat mengontrol gula darah

12. Baik Untuk Ibu Hamil

Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Folat diperlukan janin untuk pembentukan sel saraf. Ketika kebutuhan folat terpenuhi, ini akan mengurangi resiko bagi lahir cacat. Jagung juga dipercaya bisa meningkatkan tenaga ibu hamil yang biasanya merasa lemah karena gangguan mual dan muntah yang terjadi pada 3 bulan pertama. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung sekitar 5 mg protein, ini adalah jumlah protein yang cukup untuk membantu asupan makanan ibu hamil. Jadi sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi jagung untuk memenuhi kebutuhan folat janin dan untuk sumber energi ibu.

Banyak sekali ya manfaat dari jagung? Apakah jagung merupakan salah satu makanan favorit Anda? Atau sebelumnya Anda tidak suka makan jagung? Coba deh mulai menyukai dan mengkonsumsi jagung untuk kesehatan tubuh Anda.

Topik Terkait: Manfaat
Buka Komentar