17 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

17 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

17 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Pisang merupakan buah yang banyak disukai orang didunia. Buah pisang kaya akan karbohidrat, kalium, magnesium, vitamin C dan B6. Selain itu, pisang juga mampu membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor yang berfungsi membangun regenerasi jaringan.

Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral : Vitamin B6 – 0,5 mg, Mangan – 0,3 mg, Vitamin C – 9 mg, Kalium – 450 mg, Serat – 3g, Protein – 1 g, Magnesium – 34 mg, Folat – 25.0 mcg, Riboflavin – 0,1 mg, Niacin – 0,8 mg, Vitamin A – 81 IU, Besi – 0,3 mg


Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mempertahankan kesehatan jantung

Pisang mengandung potassium dalam jumlah yang tinggi dan sekaligus rendah natrium, merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Satu buah pisang berukuran sedang bisa memenuhi 9% kebutuhan potasium harian kita, yang sangat bermanfaat untuk menjaga agar sel-sel di tubuh kita berfungsi dengan baik, sebagai sumber energi, serta juga untuk meningkatkan kekuatan kontraksi otot (bisep) dan otot (jantung).

2. Membantu pencernaan dan penurun berat badan

Satu buah pisang bisa memenuhi 10% kebutuhan serat harian kita. Kandungan serat soluble dan insoluble serta pati resisten yang terdapat pada buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Serat soluble berguna untuk memperlambat proses mencerna makanan, memperlama rasa kenyang, dan mencegah gula darah naik. Sedangkan serat insoluble, bermanfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus sehingga buang air besar jadi lebih lancar. Dan pati resisten berguna untuk meningkatkan metabolisme lemak tubuh. Sehingga bobot tubuh mudah turun dan tubuh pun akan jadi lebih mudah langsing.

3. Memperbaiki suasana hati

Tryptophan yang banyak terkandung dalam pisang, akan diubah menjadi serotonin, neurotransmitter pada otak yang berperan untuk meningkatkan mood. Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu Anda tidur nyenyak serta  kadungan lainnya seperti juga dapat merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga Anda dapat beristirahat lebih nyaman.

Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 magnesium mg. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari, masing-masing. Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, Anda mungkin menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya mengkonsumsi pisang untuk menghindari depresi.

4. Baik untuk kesehatan tulang

Meskipun kandungan kalsium dalam pisang tidak terlalu tinggi, namun konsumsi buah ini dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang. Menurut Journal of Physiology and Biochemistry yang diterbitkan pada tahun 2009, pisang mengandung banyak fructoogosaccharides –suatu senyawa karbohidrat yang tidak dapat dicerna,  yang mampu meningkatkan produksi probiotik pada saluran cerna, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mneyerap kalsium.

5. Mengurangi risiko kanker

Pisang kaya akan zat antioksidan fenolik sehingga dapat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Hal ini juga berarti bahwa pisang mampu mencegah kanker.

6. Mengatasi diabetes

Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau dalam daftar makanannya. Lantaran pisang hijau memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sedikit. Diet pasien diabetes perlu makanan rendah gula dan pisang hijau adalah makanan sempurna. Kamu bisa mengonsumsi pisang hijau rebus sebagai camilan sehat.

7. Mengobati sakit maag

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

8. Mengatasi anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

9. Megatasi Diare

Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.

10. Melancarkan peredaran darah

Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

11. Mengurangi rasa sakit ketika haid

Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

12. Mengurangi pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

13. Mengobati sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

15. Melembabkan kulit

Kulit yang kering memang menjadi masalah untuk beberapa orang. Nah, kamu bisa melembabkan kulit dengan kondisi tersebut dengan manfaat pisang. Karena pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami. Kamu bisa membuat masker dari pisang yang dilumatkan. Kemudian oleskan di atas kulit lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilaslah dengan air dingin.

16. Mengobati jerawat

Anda yang mempunyai kulit berjerawat? Anda bisa mengobatinya dengan rajin mengoleskan masker pisang. Caranya: hancurkan daging buah pisang yang sudah matang atau anda juga bisa menambahkan madu dan kunyit. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

17. Mencegah penuaan kulit

Manfaat pisang lainnya untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Apalagi jika kamu rajin mengoleskan masker pisang yang terbuat dari campuran perasan jeruk lemon serta yogurt. Setelah menunggu beberapa saat hingga kering, kamu bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati yang jadi penyebab kulit terlihat tua.

Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil


Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijaudan manfaat kacang merah.

Topik Terkait: Kesehatan

.
Buka Komentar