-->
22 Tempat Wisata di Lampung Yang Bisa Jadi Rekomendasi Tempat Liburan

22 Tempat Wisata di Lampung Yang Bisa Jadi Rekomendasi Tempat Liburan

22 Tempat Wisata di Lampung Yang Bisa Jadi Rekomendasi Tempat Liburan

Tempat Wisata di Lampung. Yang sedang merencanakan ingin liburan dan masih bingung mau liburan kemana, lampung bisa jadi tempat yang cocok untuk rencana liburan kalian. Mungkin beberapa orang sudah pernah liburan ke lampung, karena memang tak bisa dipungkiri destinasi dilampung ini bisa jadi rekomendasi untuk liburan kalian.

Ada beberapa tempat wisata yang sudah banyak orang tau tapi masih ada beberapa juga yang belum terexplore oleh banyak orang. Nah ini lah beberapa tempat wisata yang bisa jadi tujuanmu ketika berlibur ke lampung.

1. Taman Nasional Way Kambas


foto: tourlampung.id

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional paling tua di Indonesia. Taman ini memiliki luas 125.000 Hektar. Disana Anda akan menyaksikan salah satu mamalia terbesar di darat, yaitu gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranensis). Taman ini tak hanya menjadi taman konservasi gajah, tapi juga menjadi tempat pelatihan dan perlindungan gajah sumatera.

Taman ini juga menawarkan kesempatan untuk bercengkerama langsung dengan para gajah. Anda bisa memberi makan, atau berkeliling dengan menaiki gajah dan melihat atraksinya. Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai gajah dan perkembangannya dari pemandunya. Berwisata sekaligus belajar ya!

Tak hanya gajah, dengan izin khusus, Anda juga bisa masuk ke Rhino Sanctuary, yaitu tempat konservasi badak sumatera. Atau Anda juga bisa menyaksikan langsung flora eksotis Sumatera, seperti cemara laut (Casuarina equisetifolia), Pidada (Sonneratia sp) dan banyak lagi lainnya

Taman Nasional Way Kambas ini berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Jika dari Bandar Lampung bisa anda tempuh dalam waktu 2 jam. Jam Operasionalnya mulai pukul 05.00 – 18.00 dan untuk tiket masuknya Rp20.000,- ke konservasi gajah dan Rp30.000,- ke konservasi badak.

2. Teluk Kiluan


Foto: Jejakpiknik.com

Letak Teluk Kiluan berada sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung tepatnya di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung. Meskipun perjalanannya cukup jauh dan spot yang mungkin agak sedikit kurang bagus tapi setelah sampai ditempat, lelah Anda akan hilang melihat keindahan tempat ini.

Dengan menggunakan perahu nelayan, Anda akan bisa melihat lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) yang sedang berlompatan. Atau jika beruntung, Anda bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu. Jika tidak bertemu dengan lumba-lumba, jangan sedih suasana alam dan pemandangan perairan yang luar biasa keren akan tetap bisa menghibur Anda. Ada laguna air asin yang berada di balik bukit.

Anda juga tak perlu khawatir dengan akomodasi. Mulai dari penginapan hingga perahu nelayan yang mengantar Anda langsung ke habitat lumba-lumba, semua sudah tersedia. Untuk biaya sewa perahu Rp250.000,- untuk empat orang, Rp60.000,- untuk menyeberangi teluk dan Rp40.000,- untuk sewa jaket penyelamat. Biaya Akomodasi antara Rp350.000 – 400.000 per malam.

3. Air Terjun Putri Malu


air terjun putri malu lampung terbaru
Foto: kelilinglampung.net

Lokasinya berada di Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Air terjun putri malu memilki ketinggian ± 80 m, berada ditengah pegunungan hutan tropis sehingga Anda dapat melihat pepohonan yang tinggi dan dan tebing batu disekitar air terjun serta anda akan merasakan udara segar dari pegunungan. Air terjun ini jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, itulah mengapa curup ini dinamakan “Putri Malu”. Karena tempatnya yang sangat indah, Air Terjun Putri Malu bisa juga jadi spot berfoto yang keren untuk menghiasi media sosialmu.

4. Pantai Dewi Mandapa

pantai dewi mandapa lampung cantik
foto: lampung.tribunnews.com

Pantai yang terletak di Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung ini, cocok nih buat kalian para pasangan yang mau cari tempat yang romantis. Karena spotnya keren-keren loh, dan pengelola pantai ini memberi nama spot-spot yang ada di pantai dewi mandapa ini dengan nama yang berbau-bau cinta, misalnya Dermaga Asmara dengan latar panorama hutan mangrove, Dermaga Cinta yang berbentuk hati dan ada juga Pulau Cinta yang berada di seberang Pantai Dewi Mandapa, yang bila dilihat dari atas berbentuk hati. Untuk sampai ke pulau ini, ada jembatan penyeberangan dari kayu. Cocok banget nih buat yang mau foto prewedding.

5. Danau Ranau


foto: teluklove.com

Danau Ranau menjadi salah satu obyek wisata favorit yang di Lampung. Lokasinya berada di Perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Dari sana Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah, ada Gunung Seminung sebagai latar belakang, dan Pulau Marisa ditengah danau dan juga ada taman wisata air dipinggiran danau. Dan jika Anda ingin berkeliling dan menikmati keindahan Danau Ranau Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling dan berkunjung ke Pulau Marrisa juga harus Anda lakukan. Ada pemandian air panas yang istimewa di sana.

6. Gunung Krakatau


foto: ksmtour.com

Gunung Krakatau tentu semua orang sudah pernah mendengarnya. Terletak di Selat Sunda tepatnya lokasinya berada di Kabupaten Lampung Selatan. Gunung Krakatau adalah tempat wisata di Lampung yang menawarkan tidak hanya wisata pegunungan, melainkan juga wisata bahari. Saat ini Gunung Krakatau sudah menjadi daerah konservasi alam, oleh karena itu, untuk memasuki area Gunung Krakatau, Anda harus memiliki ijin terlebih dahulu. Ijin ini dapat diperoleh dari balai konservasi Lampung.

Untuk bisa menikmati keindahan krakatau, wisata trekking menjadi kegiatan yang harus Anda lakukan. Anda akan dibawa ke Anak Krakatau yang tidak terlalu tinggi. Dengan medan yang berpasir, dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai titik aman terakhir menuju puncak Selain otu Anda juga bisa melakulan snorkeling untuk bisa merasakan kekuatan dahsyat yang ada di bawah kaki Anda, karena itu berada di Krakatau langsung menjadi pilihan wajib yang harus diambil.

7. Curup Gangsa


foto: jejakpiknik.com

Untuk bisa di air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan panjang dari Bandar Lampung, lokasi tepatnya Dusun Tanjung Raya, Kampung Kota Way Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Sesampainya di Curup Gangsa, Anda akan melihat menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil yang menambah eksotisme wilayah ini. Bebatuan besar di sepanjang sungai dan derasnya air memberikan nilai lebih dari keindahan curup ini.

8. Mata Air Way Sumpuk


foto: ngadem.com

Terletak di Desa Umbul Buah, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Aiir yang jernih, bening dan sejuk menjadikan mata air Way Sumpuk menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu. Pengunjung bisa berenang dan berfoto bebas disana. Yang lebih enak lagi untuk menikmati keindahan itu semua Anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena semuanya gratis. Hanya saja, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Dan yang perlu dicatat untuk bisa berfoto bawah air, Anda harus membawa perlengkapan sendiri karena memang tidak ada penyewaan alat pemotretan.

9. Pulau Mutun dan Pulau Tangkil


foto: pariwisata.pesawarankab.go.id

Lokasinglya di Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, pantai berpasir putih ini wajib kamu kunjungi. Selain menikmati pemandangan pantainya yang memukau, kamu juga bisa seru-seruan dengan aneka water sports, seperti banana boat, kano, jetski, parasailing dan masih banyak yang lainnya. Pasti seru nih.

Pantai Mutun sangat cocok untuk menjadi tempat liburan bersama keluarga. Bahkan terdapat mini water boom di dalam kompleks pantai. Pulau Tangkil dapat ditempuh hanya dengan waktu 10 menit perjalanan mengendarai boat. Di sini, kamu bisa melakukan parasailing yang merupakan satu-satunya di Lampung. Pasirnya yang putih dan air pantainya yang bening akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

10. Pantai Sari Ringgung


foto: ksmtour.com

Walau masih baru di buka pada tahun 2015 namun tempat ini sudah menjadi wisata favorit di Lampung. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan juga cukup lengkap. Jika merasa lapar, kamu bisa mampir ke beberapa restoran di sekitar pantai. Terdapat fenomena unik di tempat ini yaitu adanya pasir timbul saat air laut surut. Biasanya terjadi mendekati siang hari.

11. Pulau Pahawang

foto: hipwee.com

Pulau pahawang, sebuah destinasi wisata alam lampung yang indah ini berada di kec. Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran. lampung selatan. Kebanyakan para pengunjung yang datang ke pulau pahawang adalah untuk menikmai pemandangan bawah laut dengan cara snorkling. Tetapi selain mempunyai keindahan bawah laut yang yang luar biasa, Pantai dan pemandangan di sekitar pulau pahawang tidak kalah indahnya. dengan air laut yang biru dan jerni menambah pesona pulau pahawang lampung.

12. Pantai Klara


foto: bugistraveler.com

Pantai Klara berlokasi di Padang Cermin, Jalan Raya Way Ratay, Pesawaran, Lampung berada tak jauh dari Kota Bandar Lampung bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam. Disana Anda akan menemukan dermaga lengkap dengan gazebo yang cukup luas untuk ditempati beberapa orang sekaligus. Untuk menuju gazebo yang ada di tengah laut tidak jauh dari bibir pantai ini, anda bisa menggunakan jembatan kayu yang menjulur di bibir pantai. Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan pantai Klara dari gazebo.

13. Air Terjun Way Lalaan

foto: yopiefranz.com

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 m. Air terjun ini berasal dari aliran Way Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Tumpahan air terjun memiliki ketinggian ± 11 m. Air terjun ini berasal dari beberapa sungai (sumber mata air) yang ada di daerah hulu. Diantaranya Way Tulung goreng, Way Tulung Gedung, Way Batu Kebulung dan Way Bidadari. Kumpulan air dari berbagai sungai inilah yang kemudian menuju bendungan.

14. Menara Siger


foto: indonesiakaya.com

Tampilan fisik Menara Siger dibangun sesuai ciri khas Lampung yaitu mahkota siger yang merupakan simbol Lampung. Menara Siger berada di atas bukit dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut. Di bagian depan, view Menara Siger berhadapan dengan Pelabuhan Bakauheni. Bagian belakang Menara Siger view-nya Samudera Hindia. Menara Siger terdiri atas enam lantai yang menjadi area stan seluruh kabupaten/kota se-Lampung. Dari lantai tertinggi Anda bisa melihat keindahan pelabuhan serta kapal yang sedang berlayar. Menara Siger yang dibangun di sebelah barat Pelabuhan Bakauheni itu dilengkapi sarana informasi peta wisata di Lampung.

15. Taman Wisata Purbakala Pugung Raharjo


foto: wijanarko.net

Situs purbakala Pugung Raharjo berlokasi di Desa Pugungraharjo, kecamatan Jabung, kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung,  serta berada pada ketinggian 80 m dari permukaan laut. Terdapat punden berundak yang bentuknya seperti piramida di Mesir. Bukan cuma satu tetapi ada 13 piramida berukuran mini. Memasuki areal Pugung Raharjo, anda akan menemukan hamparan hijau parit tanah yang ditumbuhi rerumputan tertata rapih. Tepat di tengah terdapat semacam gapura batu. Di samping parit sepanjang 1,2 km itu, terdapat jalanan berbatu untuk pengunjung melakukan tracking untuk menuju situs-situs yang ada di sana.

15. Wisata Taman Kupu Kupu Gita Persada

foto: jokowarino.id

Berada di kecamatan Kemiling di kaki gunung Betung tepatnya di desa Suka manis , suasana yang sangat sejuk dan asri tentu sangat menarik minak wisatawan untuk berkunjung. Perjalanan tempuh dari kota Bandar Lampung sekitar 30 menit. Lokasinya pun persis di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau. Fasilitas yang ada di Taman Kupu Kupu Gita Persada diantaranya, museum kupu-kupu, rumah pohon, Dom Penangkaran Kupu Kupu, fasilitas bermain anak, kafe dan toilet.

16. Puncak Mas Sukadanaham

foto: ksmtour.com

Terletak di Kelurahan Sukadanaham. Rute menuju ke Puncak Mas Sukadanaham dapat ditempuh dari Pasar Tamin, Kemiling, atau Citraland/Teluk Betung. Yang menjadi icon ditempat wisata ini rumah-rumah pohon yang banyak sekali di Puncak Mas Sukadanaham dan ada yang bentuknya unik, yaitu bentuk ruumah terbalik. Cocok banget nih untuk foto-foto selfie atau bisa juga untuk yang mau foto prewed. Selain pohon ada juga masjid diatas pohon loh, unik ya. Selain itu disana ada arena permainan anak-anak juga, kemudian sepeda gantung dan balon udara.

17. Wisata Mangrove Lampung Timur

Pesona hutan mangrove dan pantai di Kabupaten Lampung Timur menjadi sebuah alternatif tujuan wisata di Provinsi Lampung. Dengan keberadaannya di sisi lintas timur, menjadikan kawasan ini sangat strategis dan sangat mudah dijangkau oleh masyarakat Sumatera dan Jawa yang melintasinya. Jalan lintas timur merupakan jalan yang menghubungkan seluruh provinsi di sisi timur Sumatera dari Lampung hingga Aceh, yang terkoneksi dengan pelabuhan penyeberangan Bakauheni.
Disana Anda bisa berjalan di atas jalur trekking yang terbuat dari kayu yang baru dibuat. Bisa menikmati keunikan hutan bakau, dan bisa berfoto-foto.

18. Keramikan Suoh

Fenomena aktivitas kawah dari sumber panas bumi keramikan di areal hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kabupaten di Lampung Barat, Provinsi Lampung itu, menyimpan pesona menakjubkan mata Anda. Uap panas mengepul dari kawah panas bumi yang terus menerus tanpa henti kendatri hujan mengguyurnya. Aroma belerang terasa di sekitarnya yang kian menusuk hidung saat mendekatinya. Objek wisata Keramikan Suoh ini adalah berupa lahar yang mengeras, sehingga membentuk seperti semen yang berdekatan dengan sumber air panas dari bumi. Keren banget nih viewnya, harus dateng kesini kalau lagi di Lampung.

19. Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda

Lokasi Way Belerang berada di lereng gunung Rajabasa, Kalianda Lampung selatan. Jika dari Bandar Lampung kita akan menempuh perjalanan sejauh 65km, sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda empat. Suasananya masih sejuk, banyak pohon-pohon besar, dan air belerang pemandian ini muncul dari bawah kolam dan ada juga yang mengalir langsung dari gunung rajabasa, sehingga benar-benar masih murni.

20. Pulau Sebesi


foto: dianjuarsa.com

Berasa di wilayah Desa Tejang Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan yang terletak di selatan perairan Lampung, lebih tepatnya di sebelah Timur Laut Gugusan Pulau Krakatau, sebelah selatan Pulau Sebuku, dan sebelah timur Pulau Serdang dan Legundi. Pulau Sebesi menjadi salah satu pulau yang sedang dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata andalan Lampung Selatan selain Pulau Krakatau. Perjalanan dari Kota Bandar Lampung bisa mencapai 2 jam, sedangkan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni hanya 1 jam.
Yang dapat dilakukan di Pulau Sebesi inu diantaranya, snorkling, naik kano, menyebrang ke pulau umang-umang, mendaki gunung pulau sebesi.

21. Pulau Sebuku

foto: ksmtour.com

Pulau Sebuku terletak di perairan dekat wilayah Teluk Lampung. Letaknya tidak jauh dari Pulau Sebesi yaitu sekitar 2,5 km di sebelah utara. Pulau ini terletak pada bagian paling selatan dari Pulau Sumatera, jaraknya sekitar 2,3 km.
Pulau Sebuku terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan masih sangat alami. Dari pinggir pantai Anda bisa melihat pemandangan Gunung Krakatau dengan jelas. Selain itu Anda juga bisa melakuka snorkling dan melihat sunset.

22. Pulau Pisang

foto: ksmtour.com

Pulau Pisang adalah salah satu pulau paling barat di Provinsi Lampung dan langsung menghadap Samudra Hindia. Pulau ini merupakan kecamatan tersendiri yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Selain keindahan pantainya yang mempesona, Pulau ini juga memiliki beberapa spot wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Spot yang paling sering dikunjungi adalah Pantai Dermaga. Pantai ini terletak di Pekon Pasar. Spot ini memiliki ciri khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain, yaitu adanya tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak.
Desy Agustiari

Buka Komentar