-->
Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar?

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar?

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar?

Tugas Seorang ibu merawat dan membesarkan anak anaknya dengan baik, begitu juga dengan kebersihan mereka, Terlebih lagi jika anda memiliki bayi. Perhatian kebersihan khusus harus anda lakukan agar bayi anda tetap sehat. Mulai dari memberinya makanan bergizi, memperhatikan kesehatannya dan juga kebersihan tubuhnya.

Salah satu anggota tubuh bayi yang harus selalu di perhatikan kebersihannya adalah telinga, mereka tidak seperti kita yang sudah dewasa bisa dengan mudah membersihkan telinga, bayi membutuhkan seseorang untuk merawat telingannya agar tetap sehat dan bersih, siapa lagi kalau bukan anda sendiri yang merupakan ibunya.

Untuk Membersihkan telingan bayi caranya tidak sama dengan cara yang sering kita lakukan saat membersihkan telinga, ada aturan dan larangan tersendiri untuk melakukannya. karena jika salah dalam melakukanya bisa berakibat fatal.

Apakah Perlu Membersihkan Telingan Bayi?


Pada Dasarnya telinga kita telah dirancang Sang Pencipta dengan kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, oleh karena itu kita hanya membersihkan bagian telinga yang tidak mengakibatkan bahaya pada diri kita sendiri. terlebih lagi pada bayi, mereka masih sangat sensitif, jika ada kesalahan kecil saja dapat menjadi masalah serius.

Mungkin anda belum tahu kenapa telinga kita tidak pernah dimasukin serangga saat kita tidur?, ini dikarenakan di dalam saluran telinga kita terdapat zat dapat melindungi telinga dari berbagai jenis serangga maupun mikro organisme, jadi kita tidak perlu untuk membersihkan bagian dalam telinga kita.

Jadi apakah kita perlu membersihkan telinga? jawabanya ya...

Seorang Dokter THT menganjurkan kita untuk membersihkan telinga paling tidak 2 kali dalam seminggu, ini berlaku untuk orang dewasa, anak anak, maupun bayi. Ingat yang harus dibersihkan hanya bagian luar telinga.


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Telinga Bayi


Sebelum anda membersihkan telinga bayi anda dari kotoran, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal pada bayi anda.

1. Jangan Pernah Membersihkan Bagian Dalam Telinga, hanya bagian luar saja, seperti daun telinga, bagian depan maupun belakang.

2. Bersihkan Telinga bayi hanya dua kali seminggu, tentukan jadwal sendiri kapan waktu yang tepat untuk membersihkannya, misal pada hari rabu dan sabtu, atau selasa jumat. sekedar tips anda dapat membersihkan telinga bayi saat anda memandikannya, karena ini dapat menghemat waktu anda.
3. Gunakan Cutton bud untuk membersihkan, tapi jangan sekali kali untuk memasukkan ke bagian dalam telinga bayi karena itu sangat berbahaya, hanya bagian daun telinga saja.

4. Jangan Pernah Membersihkan telinga bayi dengan kapas yang basah lalu memasukkan nya kedalam telinga bayi, itu sangat berbahaya, biasanya cara ini sering dilakukan ibu ibu di pedesaan yang belum tahu betapa bahayanya itu.

5. Jangan Pernah Gunakan Cara apapun untuk membersihkan bagian dalam telinga bayi, karena itu sangat berbahaya, untuk bagian dalam telinga bayi akan bersih dengan sendirinya dengan cara alami, anda hanya fokus di bagian luar telinga saja.


Langkah langkah Membersihkan Telinga bayi dengan Benar dan Aman


Untuk membersihkan telinga bayi dengan aman anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Baringkan bayi di pangkuan anda atau di tempat tidurnya agar dia merasa nyaman, waktu terbaik yang dapat anda ambil adalah ketika bayi sedang tidur.

2. Ambil Cutton but atau capas dan basahi dengan air hangat, perhatikan agar kapas tidak terlalu hangat saat di usapkan ke daun telinga bayi, Usap lembut bagian telinga bayi, baik itu bagian depan maupun bagian belakangnya.

3. Jika kotoran di telinganya kering, jangan langsung membersihkan nya, tapi lembutkan terlebih dahulu dengan krim agar bayi tidak merasa sakit saat di bersihkan.

4. Keringkan bagian telinga yang sudah dibersihkan dengan kapas kering, perhatikan lagi apakah masih ada kotoran yang tertinggal.

5. lakukan hal yang sama pada telinga yang satunya. setelah semuanya bersih dan tidak ada lagi kotoran yang tersisa anda bisa menidurkan bayi atau memberinya asi.

6. lakukan semua langkah di atas dengan lembut dan penuh kasih sayang, dan ingat jangan pernah memasukkan cutton but ke bagian dalam telinga bayi dengan maksud untuk membersihkannya, karena itu sangat sangat berbahaya pada bayi dan bisa mengakibatkan ketulian.

Topik Terkait: Tips Bermanfaat
Buka Komentar