Benarkah Mandi di Malam Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

Benarkah Mandi di Malam Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

Benarkah Mandi di Malam Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

Ketika kita harus bekerja hingga malam hari, badan terasa lengket tetapi ingin mandi takut, karena banyak orang bilang mandi malam hari itu tidak baik untuk kesehatan? Apakah itu benar? Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi malam memiliki dampak buruk untuk kesehatan.

Beberapa penemuan mengungkapkan mandi malam hari dapat membantu relaksasi sehingga tubuh lebih rileks saat tidur. Beberapa mitos mengenai mandi di malam hari seperti dapat menyebabkan rematik atau paru-paru basah adalah sesuatu yang tidak benar.

Baca Juga: Pentingnya Sarapan Pagi dan Tips Sarapan Pagi yang Sehat

Rematik disebabkan oleh sebuah proses autoimun yang belum dapat dijelaskan sedangkan paru-paru basah atau TBC paru adalah sebuah penyakit infeksi oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa. Jadi kedua penyakit itu tidak dipengaruhi oleh mandi malam.

Justru mandi malam dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya.

1. Mandi malam dapat membuat tidur lebih nyenyak

"Mandi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tertidur lebih cepat," kata Elizabeth Culnan, PhD, dari Rush University Medical Center dikutip Travel and Lesiure.
Untuk mendapatkan manfaat ini, Culnan menjelaskan, kuncinya harus dilakukan di jam yang tepat. Mandi yang dilakukan pada 1,5 sampai 2 jam sebelum tidur bisa menghangatkan tubuh Anda.

Kondisi tubuh yang hangat akan mendorong rasa kantuk dan membuat cepat tertidur. Namun, Culnan menyarankan waktu mandi sebaiknya tidak terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Karena hal itu justru dapat membuat tubuh terjaga sepanjang malam. Cocok juga nih yang punya insomnia, Anda bisa mencoba mandi malam dengan air hangat 1,5-2 jam sebelum tidur.

2. Dianjurkan bagu yang memiliki asma, alergi dan ruam pada kulit

Dr. Amy juga mengungkapkan bahwa, manfaat mandi malam sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki asma, alergi (kecuali alergi dingin), hingga masalah ruam-ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan mandi malam akan membuat Anda terbebas dari berbagai debu, kotoran, hingga polusi yang menempel pada kulit dan rambut. Padahal, hal-hal tersebut yang bisa memicu kambuhnya alergi dan asma.

3. Kulit menjadi lebih sehat

Menurut Mona Gohara, M.D., associate professor klinis dermatologi di Yale School of Medice, Mandi di malam hari adalah cara tepat untuk menghilangkan semua bekas makeup, minyak, kotoran dan polusi yang terkumpul akibat aktivitas sehari-hari. Saat mandi malam, sel kulit mati akan terangkat dan proses degenerasi kulit dapat berjalan dengan baik sehingga kesehatan kulit akan terjaga dan mencegah tumbuhnya jerawat.

4. Mengurangi stres dan penat

Dokter Amy lebih menyarankan untuk mandi malam dengan air hangat dengan alasan bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Air hangat sendiri dikenal cukup efektif meredakan pikiran yang stres dan penat akibat dari aktivitas sehari-hari.

Nah itu tadi manfaat dari mandi malam ya. Udah gak takut lagi kan untuk mandi malam setelah tau manfaatnya. Tapi lebih saya sarankan lagi untuk tidak sering melakukan mandi malam melainkan karena faktor keadaan seperti karena pulang kantor terlalu malam. Karena kita tidak tahu kondisi badan kita, siapa tahu badan kurang fit, kemudian mandi malam dengan air yang ada justru bisa membuat Anda terkena flu, demam, ataupun masuk angin. Dan lebih tidak disarankan untuk yang mempunyai alergi dingin ya.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar