-->
Cara Membersihkan Ikan Laut dan Ikan Air Tawar Yang Benar

Cara Membersihkan Ikan Laut dan Ikan Air Tawar Yang Benar

Cara Membersihkan Ikan Laut dan Ikan Air Tawar Yang Benar

Bingung cara membersihkan ikan? Perlu diketahui membersihkan ikan harus dengan cara yang benar untuk mendapatkan rasa ikan yang lezat. Karena jika kita tidak membersihkan ikan dengan benar yang ada rasa pahit yang didapat karena kotoran ikan tidak benar-benar bersih.
Cara membersihkan ikan laut yang benar

Pada dasarnya cara membersihkan semua ikan sama saja, baik itu ikan sungai seperti ikan mas, ikan mujair, ikan lele, maupun ikan laut seperti ikan kembung. hanya saja terletak di cara membersihkan sisiknya. Untuk itu perhatikan cara dibawah ini.

Cara Membersihkan Ikan yang Benar


  1. Pastikan dulu bahwa Anda memilih ikan yang segar, jangan pilih ikan yang bagian perutnya sobek.
  2. Gunakan telena untuk menahan ikan agar tidak mudah berubah posisi ketika dibersihkan.
  3. Bersihkan sisik ikan terlebih dahulu dengan menggunakan pisau sesuai dengan ukuran ikannya. Pegang pisau di tangan kanan, sementara tangan kiri memegang bagian perut ikan. Pegang bagian kepala ikan kemidian letakkan pisau di bagian ekor ikan. Arahkan mata pisau agak miring, lalu tekan perlahan dari ekor smpe bagian bawah kepala ikan. Lakukan pada kedua sisi ikan sampai bersih, kemudia. cuci dengan air. 
  4. Jika sisik ikan keras, Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis sekitar 2 sendok yang dicampur dalam air panas, kemudian rendam ikan dalam campuran air panas dan jeruk nipis tadi selama kurang lebih 5 menit. Ini dapat melunakan sisik ikan. Setelah itu baru bersihkan sisiknya.
  5. Kemudian bersihkan isi perut ikan. Caranya buat sayatan dari bagian bawah kepala ikan hingga ke bagian perut. Gunakan pisau kecil atau pisau berukuran sedang tergantung dari besar kecilnya ikan yang paling penting pisau yang digunakan harus tajam. Kemudian keluarkan isi perut dengan menggunakan tangan. Perhatikan kantong empedu jangan sampai pecah. Jika sampai pecah, daging ikan akan terasa pahit. 
  6. Selain isi perut, Anda juga harus membersihkan insangnya. Caranya buka salah satu sisi dari penutup insang, kemudian tarik insang keluar bersama isi perutnya.
  7. Setelah mengeluarkan isi perut dan insang ikan belum berarti ikan sudah bersih ya. Anda masih harus mencuci ikan agar benar-benar bersih. Cuci bersih ikan menggunakan air sambil di gosok-gosok perlahan pada tempat kotoran yang sudah dikeluarkan tadi yaitu bagian perut dan kepalanya, tapi jagan menggosoknya terlalu keras karena ikan bisa hancur. Kemudian bilas beberapa kali sampai benar-benar bersih.
  8. Setelah selesai mencuci dan ikan benar-benar bersih, Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ikan sebelum ikan dibumbui atau digoreng. 

Topik Terkait: Tips Bermanfaat
Buka Komentar