10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Ketombe merupakan salah satu masalah ketombe yang cukup mengganggu, karena untuk sebagian orang ketombe dapat mengganggu penampilan dan dapat  menurunkan tingkat percaya diri mereka. Apalagi ketika memakai baju berwarna gelap akan sangat terlihat butiran-butiran putih seperti salju yang merupakan ketombe itu ketika jatuh pada baju. Aduh memalukan sekali ya.

Perlu Anda ketahui penyebab dari ketombe bermacam-macam diantaranya jarang keramas, terlalu kering keramas, kulit kering, kulit berminyak yang mengalami iritasi (dermatitis seboroik), menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala,kulit berminyak yang mengalami iritasi yang dikenal dengan dermatitis seboroik, stres, dan infeksi jamur malassezia.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami


Ketika sudah mencoba semua produk perawatan rambut yang katanya bisa menghilangkan ketombe tapi ketombe belum juga hilang dari kepala, ada baiknya Anda mencoba perawatan menggunakan bahan alami. Apa saja bahan alaminya? Baca penjelasannya.

1. Lidah Buaya

Sudah banyak orang yang mencoba cara ini dan berhasil. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya:
- Haluskan daging lidah buaya secukupnya
- Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala
- Pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala
- Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih

2. Jeruk nipis

Cara yang satu ini juga cukup populer loh, karena memang dipercaya jeruk nipis ini sangat ampuh untuk mengatasi ketombe. Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, gula dan asam sitrat. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Caranya:
- Peras buah jeruk nipis
- Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
- Oleskan pada rambut
- Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
- Bilas dengan air bersih

3. Lemon

Tidak hanya jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami. Caranya sama saja dengan mengaplikasikan jeruk nipis pada kulit kepala.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat tradisional yang telah sangat lama digunakan untuk perawatan kulit kepala dan membantu melenyapkan ketombe. Minyak zaitun dapat melembabkan area kulit kepala yang kering dan bersisik.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak zaitun:
- Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
- Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitun meresap
- Diamkan selama 30 menit
- Bilas dengan air hangat

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang diekstrak dari daging buah kelapa memiliki kandungan vitamin dan asam lemak yang sangat kaya sehingga bisa digunakan untuk menjaga dan mengatasi masalah kulit kepala. Selain itu, dalam minyak kelapa juga memiliki sifat anti mikroba sekaligus sifat penetratif yang bisa digunakan sebagai solusi mengatasi masalah ketombe. Tidak hanya itu, dengan menggunakan minyak kelapa Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti mencegah kerontokan rambut, menguatkan akar rambut, menyuburkan rambut dan juga memberi keharuman untuk rambut anda.

Untuk caranya adalah:
- Oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala dan lakukan pijatan lembut selama 5 menit.
- Diamkan kembali selama 30 menit yang dibungkus dengan shower cap.
- Bilas sampai bersih serta lakukan dengan teratur setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

6. Minyak Kemiri

Selain berguna untuk menyuburkan rambut, minyak kemiri juga diduga memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yang dapat memicu terjadinya ketombe. Namun demikian efektivitas minyak kemiri dalam mengatasi masalah ketombe masih memerlukan penelitian secara klinis lebih lanjut.

Caranya:
Gunakan minyak kemiri sebelum keramas
Biarkan selama 30 menit
Bilas dengan air bersih

7. Cuka Apel

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Kamis (12/4/2018), terdapat empat cara hilangkan ketombe menggunakan cuka apel dan mencampurkannya dengan bahan-bahan berikut ini.
Ada dua cara menggunakan cuka sari apel untuk hilangkan ketombe. Pertama, tambahkan beberapa sendok makan cuka ke sampomu dan gunakan untuk keramas. Kedua, campurkan dengan essential oil yang kamu miliki dalam botol semprot. Lantas, semprotkan campurannya ke rambutmu. Selain menghambat pertumbuhan jamur, cuka apel menghilangkan sel kulit mati dan menjaga pH kulit kepala.

8. Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.
Caranya:
- Sediakan garam secukupnya
- Gosokkan garam pada kulit kepala
- Diamkan sebentar
- Bilas kepala dengan air hingga bersih
- Selamat mencoba cara di atas untuk menghilangkan ketombe

9. Baking Soda 

Baking soda dipercaya sebagai pengelupas kulit (eksfolian) yang cukup lembut mengangkat sel kulit mati. Ia juga mampu mengurangi gatal karena sifat anti jamurnya.
Caranya:
- Bubuhkan baking soda secukupnya di rambut basah.
- Kemudian pijat dan biarkan dua menit.
- Jika sudah, lanjutkan dengan berkeramas menggunakan sampo.

10. Danau Sirsak

Adalah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan, daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Caranya:
Siapkan beberapa helai daun sirsak
Tumbuk sampai halus
Tambahkan sedikit air
Gunakan sebagai masker pada rambut
Oleskan hingga merata
Biarkan selama 30 menit
Bilas dengan air sampai bersih

Anda boleh mencoba cara yang cocok untuk Anda, karena masing-masing orang berbeda reaksi dan hasil dari cara-cara diatas. Dan yang perlu diingat, bahwa perawatan alami itu tidak mudah dan tidak instan, tidak langsung bisa menghilangkan ketombe. Perlu kesabaran dan konsistensi jika memilih perwatan alami. Rutin melakukan perawatan tadi agar hasil yang didapat maksimal. Selamat mencoba.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar