-->
Jangan Sepelekan Susah Buang Air Besar, Ini Bahayanya

Jangan Sepelekan Susah Buang Air Besar, Ini Bahayanya

Jangan Sepelekan Susah Buang Air Besar, Ini Bahayanya

Sudahkah Anda buang air besar hari ini? Jangan Anda sepelekan jika Anda susah buang air besar. Sebenarnya frekuensi buang air besar bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tidak ada patokan baku mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Namun, biasanya tidak buang air besar selama lebih dari tiga hari atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali dalam  seminggu sudah dapat dikatakan sebagai susah buang air besar. Ini karena setelah tiga hari, struktur tinja menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Penyebabnya bisa jadi karena kurang banyak meminum air putih, tidak tersedia serat yang cukup, stres, kehamilan dan menunda-nunda buang air besar. Masalah yang bisa timbul jika Anda susah buang air besar diantaranya adalah.

1. Wasir

Wasir merupakan salah satu akibat paling umum yang diakibatkan oleh susahnya buang air besar. Ketika aktivitas buang air besar Anda terhambat, otot otot pencernaan akan terus berkontraksi dan berusaha untuk mengeluarkan feses sehingga akan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah dan menyebabkan gejala wasir.

2. Radang usus

Kotoran yang terlalu lama mengendap di usus bisa menyebabkan penyakit radang usus. Ketika feses terhambat untuk keluar melalui anus, usus akan terus berkontraksi untuk mengeluarkan feses. Seiring waktu, feses yang semakin kering akan melukai usus dan terjadi pembengkakak usus. Dalam tahap ekstrim, usus dapat robek dan terinfeksi.

3. Perut kembung

Feses yang menumpuk di dalam sistem pencernaan akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut Anda menjadi kembung dan terasa sangat tidak nyaman.

4. Kanker usus

Fases yang terlalu lama tidak dikeluarkan akan menyebabkan radang usus dan membuat racun-racun ikut terserap kemudian infeksi. Inilah yang memicu munculnya virus kanker pada usus.
5. Gagal ginjal

Dilansir dari Live Science, para peneliti dari Amerika Serikat (AS) meneliti catatan kesehatan lebih dari 3,5 juta veteran AS dan melihat kelancaran buang air besar. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa orang yang pernah konstipasi berisiko lebih tinggi mengidap penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal, dibanding mereka yang lancar buang air besar.

6. Penyakit kanker kolorektal

Usus yang mengalami radang karena susah air besar akan menyebabkan penyakit kanker kolorektral. Kanker ini bermula dari polip yang tumbuh sepanjang dinding permukaan usus besar hingga rektum atau anus.

7. Rahim bermasalah

Susah buang air besar menyebabkan rahim menjadi turun karena tekanan kotoran yang tak bisa keluar.

Itulah tadi bahaya yang bisa Anda dapat jika Anda susah buang air besar. Dan ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar buang air besar Anda lancar.

  •  Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja.
  • Perbanyak mengonsumsi serat, setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal dan kacang-kacangan.
  • Rajin berolahraga, Anda bisa melakukan olahraga ringan dan sederhana seperti berjalan kami minimal 15 menit tapi lakukan secara rutin.
  • Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa ingin buang air besar.
  • Membiasakan diri untuk rutin buang air besar setiap hari.
  • Hindari stres.

Setelah tahu bahaya dari susah buang air besar, lakukan hal-hal yang bisa memperlancar buang air besar diatas dan agar Anda terhindar dari berbagai bahaya yang sudah dijelaskan tadi.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar