Pentingnya Sarapan Pagi dan Tips Sarapan Pagi yang Sehat

Pentingnya Sarapan Pagi dan Tips Sarapan Pagi yang Sehat

Pentingnya Sarapan Pagi dan Tips Sarapan Pagi yang Sehat

Untuk yang sering melewatkan sarapan pagi dengan berbagai alasan seperti terburu-buru, gak sempat, takut sakit perut, tidak terbiasa, lebih suka merapel sekalian makan siang atau menganggap sarapan pagi itu tidak penitng, perlu baca ini!

Mengapa Sarapan Pagi Sangat Penting bagi Tubuh?


Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan, sarapan adalah rutinitas yang wajib dilakukan karena menentukan kondisi tubuh selama seharian beraktivitas. Orang dengan gaya hidup aktif membutuhkan asupan energi yang tinggi setiap harinya, sebab jumlah kalori yang terbakar juga besar. Dengan sarapan pagi itu akan menjadikan pasokan energi untuk kita memulai aktivitas dan menjalani hari dengan baik dan penuh semangat. Berikut ini penjelasan manfaat apa saja yang didapat dari sarapan pagi.

1. Jadi Sumber Energi

Seperti kendaraan yang membutuhkan bensin agar bisa tetap jalan dan melaju, begitupun dengan tubuh kita yang perlu di isi dengan asupan sarapan yang tepat agar dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas sepanjang hari. Penting juga diperhatikan untuk memilih menu sarapan yang bisa memenuhi nutrisi harianmu.

Apa Sarapan Pagi Yang Sehat?

Sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, contoh menu sarapan sehat untuk anak sekolah usia 6-12 tahun antara lain:
- Stangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu
- Nasi goreng + telur dadar + sayuran
- Bubur ayam + pisang
- Lontong sayur + telur + buah
- Nasi uduk + ayam goreng + buah
- Mi goreng + telur + buah

2. Lebih fokus

Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah terisi. Jika Anda tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir Anda bisa menurun. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir dan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis karena semalaman selama kita beristirahat.

3. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh. Asalkan Anda tetep memperhatikan menu sarapan Anda.

4. Baik Untuk Metabolisme Tubuh

Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Jika Anda melewatkan sarapan ini tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag. Oleh karena itu, sangat penting sarapan dipagi hari untuk sumber energi untuk Anda beraktivitas sehingga metabolisme tubuh lebih seimbang.
5. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga membuat Anda mengokonsumsi makanan dalam porsi lebih dan banyak makan cemilan. Mengkonsumsi makanan sehat setelah bangun tidur juga dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh, jika Anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

Baca Juga: Benarkah Mandi di Malam Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

6. Mencegah Penyakit Maag

Sarapan pagi bermanfaat mencegah sakit maag dan mencegah kambuhnya sakit maag bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit ini. Karena sarapan akan membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Karena lambungyang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung yang menyebabkan sakit maag. Jadi sarapan pagi sangat penting terutama untuk yang punya penyakit maag dan yang tidak memiliki penyakit maag agar terhindar dari penyakit ini.

7. Mencegah diabetes

Studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan memiliki 32% lebih kecil kemungkinan untuk terkena diabetes pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Hal ini karena orang yang tidak sarapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin meningkatkan risiko terkena diabetes.

8. Mengurangi Resiko Stres

Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut.

9. Meningkatkan mood

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Karena perut yang lapar akan membuat kita cepat emosi dan merusak mood. Jadi biasakanlah sarapan ya, agar mood kalian bagus dan menjalani aktivitas dengan penuh semangat.

10. Terhindar Dari Berbagai Penyakit dan Sehat Sampai Tua

Faktor pendukung untuk memiliki tubuh sehat di hari tua dan terhindar dari beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes ialah dengan melakukan sarapan pagi. Dengan sarapan pagi Anda dapat mengurangi penyakit tersebut agar tidak menyerang untuk jangka panjang sehingga tubuh sehat.

Tapi Anda harus tetap memperhatikan menu sehat sarapan Anda. Sarapanlah dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan, makanan tinggi protein seperti telur dan susu, makanan kaya serat sepeti sayuran dan buah-buahan. Dan hindari makan terlalu banyak, karena justru akan membuat Anda mengantuk. Dari penjelasan Prof. Ali Khomsan, sarapan yang berlebihan dapat membuat oksigen lari ke perut dan otak kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen dalam otak ini yang membuat Anda mengantuk.

Dari penjelasan tadi sudah jelas kan pentingnya sarapan pagi dan juga tips untuk sarapan pagi yang sehat. Jadi jangan lupa sarapan ya.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar