Cara Melatih Vokal Suara agar Merdu

Cara Melatih Vokal Suara agar Merdu

Cara Melatih Vokal Suara agar Merdu

Banyak Tehnik yang bisa anda gunakan untuk melatih vokal suara, tapi jika tidak pernah dipraktekkan ya hasilnya tetap saja nihil, butuh kerja keras dan konsisten agar bisa memiliki vokal suara yang bagus, bahkan sebagian orang rela mendatangkan guru vokal agar bisa bernyanyi dengan baik. Tapi jangan kwatir, anda juga bisa melatih vokal anda secara otodidak kok, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips cara melatih vokal suara dengan baik dan benar.
cara melatih vokal suara agar tidak fals

Cara Melatih Vokal Suara


1. Kenali Kemampuan Suara anda, apakah anda sanggup untuk suara tinggi atau tidak, seberapa besar jangkauan suara anda. Gunakan waktu luang untuk mengetahui itu semua, anda bisa belajar dari youtube agar lebih jelas tentang kemampuan suara anda, atau anda juga bisa menanyakan kepada guru vokal, anda tidak perlu kwatir untuk bayarannya, biasanya kalau hanya untuk bertanya seperti itu tidak terlalu mahal kok.

2. Periksa Bagaimana Otot-otot Pernapasan anda bekerja, caranya cukup mudah, letakkan kedua telapak tangan anda di atas perut lalu tarik nafas perlahan dan hembuskan, jika pada saat melakukan pernafasan, perut anda tidak naik turun berarti anda tidak bernafas di diafragma. Agar Vokal anda maksimal anda harus melatih pernafasan di diafragma.

3. Belajar Bernafas dengan benar, Agar mendapatkan vokal suara yang bagus anda harus terbiasa dengan pernafasan di diafragma, cara melatihnya letakkan kedua tangan di perut anda, lalu tertawa, jika anda tidak merasakan getaran dari otot otot perut anda, berarti anda belum berhasil, coba miringkan badan anda kedepan lalu kedua tangan anda di pinggang, lakukan pernafasan seperti biasa, ulangi langkah itu hingga anda berhasil bernafas di diafragma.
4. Pilih ruangan untuk melatih vokal, ruangan yang digunakan untuk melatih vokal tidak boleh terdapat banyak perabotan yang berlapis kain, karena ini dapat membuat bunyi teredam, sehingga seolah olah suara anda tidak keras.

5. Lakukan Pemanasan otot pernapasan sebelum latihan, duduk di atas kursi dengan rileks, kendorkan semua otot otot bahu dan leher, lalu mulai bernafas dengan perlahan di diafragma atau dengan perut, pada saat bernafas bahu andan jangan sampai terangkat. setelah terasa cukup, lakukan latihan ringan dengan menyanyikan melodi LA LA LA dengan tingkatan yang berbeda, mulai dari tingkatan rendah terlebih dahulu lalu ketingkat tinggi.

6. Pada Saat latihan Vokal, nyanyikanlah lagu yang paling anda sukai terlebih dahulu, pelajari dan dengarkan penyanyi aslinya, setelah itu coba lah bernyai tanpa musik lalu rekam, dengarkan hasil rekaman anda tadi, pelajari nada nadanya apakah ada yang salah atau fals, lakukan terus menerus hingga anda bisa bernyanyi seperti penyanyi aslinya kalau bisa lebih bagus dari penyanyi aslinya.

7. Latihan 30 - 40 menit setiap hari, jangan paksa suara anda selama latihan, jika memang anda belum bisa mengambil nada tinggi jangan terlalu di paksa, tapi perlahan lahan, yakinlah kerja keras akan membuahkan hasil.

Topik Terkait: Tips Bermanfaat
Buka Komentar