17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan. Siapa yang tidak tahu tanaman sirih? Tanaman sirih merupakan tanaman yang tumbuh secara menjalar dan memiliki daun yang lebar menyerupai bentuk hati. Tanaman ini juga dikenal sebagai jenis tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial pada daun sirih yang membuatnya memiliki segudang manfaat. Selain itu daun sirih juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak kandungan air (sekitar 85-90% merupakan kandungan air) sehingga daun sirih merupakan tanaman rendah kalori dan rendah lemak. Pada 100gr daun sirih hanya mengandung 44 kal dan 0.4-1% lemak saja, selain itu juga mengandung protein 3%, iodin 3.4 mcg, sodium 1.1-4.6%, vit.A 1.9-2.8 mg, vit.B1 13-70 mcg, vit.B2 1.9-3 mcg dan asam nikotinat 0.63-0.89 mg.

Ada 2 jenis tanaman sirih yaitu sirih merah dan sirih hijau, selain warna daun yang sesuai nama dari jenis sirih, yang membedakan dari sirih merah dan sirih hijau adalah kandungan flavonoid yang hanya terdapat pada sirih merah, sedangkan untuk manfaatnya pun hampir sama. Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat daun sirih berikut ini.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya


1. Mempercepat pemyembuhan luka

Cara alami yang dapat Anda lakukan untuk penyembuhan luka adalah salah satunya menggunakan daun sirih. Daun sirih dikenal memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga mempercepat penyembuhan luka. Daun sirih juga memiliki sifat antiseptik karena memiliki kandungan polifenol yang tinggi sehingga dapat memberikan perlindungan dari infeksi kuman. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara tumbuk beberapa lembar daun sirih kemudian tempelkan pada luka kemudian balut dengan perban.

2. Pengobatan luka bakar ringan

Selain luka, daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar ringan. Kandungan alkaloid dan vit.C pada daun sirih merah dapat membantu peradangan pada area yang mengalami luka bakar. Cara memanfatkannya adalah tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah, tambahkan 2 sendok teh madu kemudian tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar. Lakukan 2x sehari sampai luka benar-benar sembuh.

3. Mengobati mimisan

Untuk manfaat yang satu ini, sudah banyak yang tahu, yaitu untuk mengobati mimisan. Pada saun sirih mengandung fenil poppies dan terpene yang dapat menghentikan peradangan pada hidung. Dan antioksidan tannin dapat mempercepat proses penyembuhan luka, karena dapat membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

4. Obat batuk dan sakit tenggorokan

Sebelum Anda meminum obat-obatan ketika batuk atau sakit tenggorokan, Anda dapat mencoba menyembuhkannya dengan bahan alami seperti daun sirih ini. Vit.B dan C serta alkaloid yang terkandung pada daun sirih merah dipercaya dapat meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal. Selain itu sifat antibakteri dan anti inflamasi pada daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat penurun demam dan sakit tenggorokan. Caranya, rebus 5 lembar daun sirih merah dalam 300 mL air. Kemudian minum 1 kali dalam sehari.

5. Pengobatan tukak lambung

Kandungan vit.C dan zat antiseptik pada daun sirih merah dapat membantu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Cukup kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, diamkan dalam mulut selama 10 menit, kemudian buang. Lakukan minimal 2x dalam sehari.

Baca Juga: 12 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

6. Membantu menurunkan deperesi

Anda sering mengalami depresi? Anda dapat mencoba manfaat daun sirih ini untuk menurunkan depresi Anda. Dari hasil penelitian, dikatakan bahwa mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak sehingga dapat menurunkan depresi.

7. Mengurangi bau badan

Masalah bau badan sering kali menganggu dan membuat Anda kurang percaya diri dan mungkin juga mengganggu kenyamanan orang yang ada disekitar Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan masalah bau badan ini, Anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah setiap hari dan tempelkan 2 lembar tumbukan daun sirih merah pada ketiak secara teratur. Kandungan estradiol dan klavikula pada sirih merah yang bekerja mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi bau badan.

8. Mengatasi bau mulut

Selain bau badan, masalah bau mulut juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Berkumur dengan rebusan daun sirih merah yang mengandung senyawa eugenol dan capitol dapat mengatasi masalah bau mulut Anda. Lakukan rutin setiap hari pada pagi dan sore hari.

9. Mengobati gusi berdarah

Untik mengobati gusi berdarah Anda dapat memanfatkannya dengan cara, rebus 10 lembar daun sirih merah kemudian gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan 3x sehari. Kandungan saponin, tanin, kalsium dan mineral fosfor ini yang bekerja membantu meredakan peradangan pada gusi berdarah.

10. Mengatasi gatal akibat alergi

Jika Anda mengalami gatal akibat alergi, Anda dapat memanfaatkan air rendaman daun sirih untuk mandi. Caranya, rendam daun sirih hijau dalam seember air panas, kemudian biarkan sampai airnya hangat. Dan gunakan air tadi untuk Anda mandi.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

11. Mengatasi iritasi pada mata

Manfaat lain dari daun sirih adalah dapat mengobati mata merah akibat iritasi mata, karena sifat antibakteri dan antiinflamasi yang terdapat pada daun sirih. Caranya mudah, rebus 20 lembar daun sirih, bisa yang merah atau yang hijau, kemudian saring. Gunakan untuk mencuci mata, lakukan selama 10 menit.

12. Baik untuk saluran pencernaan

Mengunyah daun sirih dapat meningkatkan produksi air liur yang fungsinya dapat mengikat dan melembutkan makanan, sehingga proses makanan menuju saluran pencernaan akan berjalan lebih lancar sehingga Anda dapat terhindar dari masalah pada alat pencernaan seperti sembelit dan diare. Produksi lendir juga dapat mencegah luka pada dinding usus dan lambung. Selain itu manfaat lainnya dari daun sirih untuk saluran pencernaan adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, asam lambung naik dan rasa sakit karena perut kembung.

13. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Daun sirih baik yang merah atau yang hijau mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan lemak jahat dalan tubuh, sehingga menghindari resiko terkena penyakit yang disebabkan kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam tubuh. Kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan resiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Cara memanfaatkan daun sirih untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah rebus 3-5 lembar daun sirih kemudian tambahkan madu. Minum 2x sehari.

14. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol dan pyrene pada daun sirih merah membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah pada tubuh. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa mengkonsumsi air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan kemudian ditumbuk menjadi bubuk dapat membantu menurunkan kadar gula darah oada orang yang baru didiagnosis diabetes tipe 2.

15. Mengobati tumor 

Manfaat luar biasa lainnya dari daun sirih, khususnya daun sirih merah adalah mengobati tumor. Pada daun sirih merah mengandung senyawa antioksidan, flavonoid dan terpenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sel-sel darah putih dalam tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor pada tubuh.

16. Mencegah kanker

Manfaat luar biasa lainnya yang belum banyak diketahui adalah daun sirih sebagai obat anti kanker. Dalam penelitian yang dilakukan Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai membuktikan bahwa mengunyah daun sirih mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukimia myeloid kronis.

17. Mengobati jerawat

Ternyata sifat antiseptik dan antibakteri pada daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat, seperti jerawat pada wajah, dada atau punggung. Caranya, masukkan daun sirih yang sudah ditumbuk kedalam air hangat, kemudian celupkan handuk bersih kedalamnya. Gunakan handuk tadi untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan 2x sehari, setelah mandi dan sebelum tidur.
Sedangkan untuk jerawat di dada atau punggung, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih hangat untuk mandi.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari daun sirih. Anda dapat memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh Anda. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda dapat mengaplikasikannya langsung atau menggunakan air rebusan daun sirih, tergantung kebutuhan Anda, semua sudah dijelaskan pada paparan diatas. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait: Aneka Manfaat
Buka Komentar