7 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat Demam Berdarah

7 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat Demam Berdarah

7 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat Demam Berdarah

Bahan alami obat deman berdarah. Saat musim hujan tiba, Anda harus mulai berhati-hati dan menjaga kesehatan tubuh karena cuaca dan udara dingin membuat tubuh rentan terkena flu. Selain itu, pada musim hujan Anda juga harus lebih waspada akan penyakit Demam Berdarah atau DBD. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini akan menyerang sistem pembekuan darah dengan penurunan kadar trombosit dalam darah secara drastis dan membuat perdarahan internal yang bisa merusak organ atau sel jaringan tubuh sehat. Gejala awal yang biasa muncul adalah seperti demam tinggi, sakit kepala, bagian belakang mata terasa tidak nyaman hingga muncul bintik merah meski tidak selalu terjadi pada semua penderita.

Berbagai pencegahan juga dapat Anda lakukan untuk menghindari penyakit DBD ini. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda agar tidak menjadi sarang nyamuk, rajin menguras bak mandi, mengubur kaleng bekas dan menutup bak penampungan air. Tetapi ketika sudah terkena penyakit DBD, bagaimana pengobatannya? Selain dengan penanganan medis oleh dokter, Anda juga dapat menggunakan cara alternatif dengan memanfaatkan bahan alami untuk mengobati DBD. Berikut beberapa bahan alami yang dijadikan obat DBD.

7 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat Demam Berdarah


1. Jambu Biji

Bahan alami yang satu ini sudah banyak dicoba oleh orang ketika terkena penyakit DBD. Quercetin yang banyak terkandung didalam jambu biji dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD. Selain itu jambu biji memiliki trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru. Ada baiknya, Anda mengkonsumsi jambu biji dalam bentuk jus, karena agar lebih mudah dicerna, selain itu kandungan airnya juga dapat mengatasi dehidrasi.

2. Daun Jambu Biji

Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan DBD. Kandungan vit.C pada daun jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh pasien DBD. Caranya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji, kemudian minum air rebusan tadi sampai DBD sembuh.

3. Daun pepaya

Walaupun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengobati DBD. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh 2 peneliti di India, menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan trombosit dalam darah pasien DBD dengan cara menstabilkan dinding sel keping darah. Caranya, ambil 50gr daun pepaya yang sudah dicuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus tapi jangan sampai menjadi bubuk. Beri sedikit air, kemudian peras. Minumlah air perasan daun pepaya tadi sebanyak 3x sehari sampai Anda sembuh.

4. Temu ireng

Pada pasien DBD bisa terjadi kerusakan pada sel hati. Temu ireng memiliki kandungan minyak atsiri, kurkuminoid, alkaloid, saponin, pati dan lemak yang dapat membantu mengobati sel hati yang rusak

5. Alang-Alang

Mengkonsumsi alang-alang dipercaya dapat meningkatkan trombosit dan daya tahan tubuh, sehingga kondisi tubuh yang lemah cepat pulih. Caranya mudah, Anda cukup merebus alang-alang, kemudian minum.

Baca Juga: 11 Cara Meredakan Flu yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

6. Angkak

Mungkin banyak yang belum tahu atau bahkan baru mendengar angkak. Apa itu angkak? Angkak merupakan jenis beras merah yang difermentasi dengan ragi Manascus Purpureus. Pada tahun 2012, dari hasil sebuah penelitian di IPB diketahui bahwa pemberian kapsul angkak pada tikus putih yang memiliki kadar trombosit dalam darah yang rendah, dapat meningkatkan jumlah trombosit. Maka kesimpulan dari penelitian tersebut menyatakan bahwa mengkonsumsi angkak baik bagi pasien DBD guna untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

7. Konsumsi buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin C

Yang terakhir bahan alami yang sangat mudah didapat untuk mengobati DBD yaitu buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin C. Contoh buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jambu, lemon, jeruk, mangga, kiwi, strawberi dan pepaya, sedangkan untuk sayurnya seperti brokoli, kembang kol, kubis dan labu kuning. Mengapa harus yang mengandung vitamin C? Karena vitamin C memiliki peran yang penting untuk tubuh yaitu membantu perbaikan, pertumbuhan, dan perkembangan jaringan sel tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar