9 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

9 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

9 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

Nyamuk yang berkeliaran dirumah pasti sangat mengganggu, selain suaranya yang mengganggu telinga, gigitannya juga bisa membuat badan gatal-gatal. Dan lebih gawatnya lagi jika yang menggigit adalah nyamuk pembawa virus penyebab penyakit DBD, ngeri ya. Jadi Anda perlu waspada terhadap serangga satu ini. Bermacam-macam cara bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Mulai dari menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot, juga memakai lotion anti nyamuk.

Cara-cara tadi jika terus-terusan dipakai juga tidak bagus untuk kesehatan, obat nyamuk bakar atau semprot dapat mengganggu pernafasan, karena kita juga ikut menghirup udara yang terkena bahan kimia untuk mengusir nyamuk. Begitu juga bahayanya menggunakan lotion anti nyamuk pada tubuh yang bisa saja tidak sengaja termakan, atau yang tidak cocok dapat mengalami iritasi kulit, karena lotion ini biasanya terasa panas ketika digunakan. Ada cara yang mungkin bisa lebih aman untuk mengusir nyamuk, yaitu menggunakan bahan alami. Berikut penjelasannya.

9 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami


1. Cuka sari apel

Ternyata selain bagus untuk kecantikan wajah, cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya masukan cuka sari apel kedalam botol semprot, kemudian Anda bisa menambahkan minyak wangin serai untuk efek tambahan. Kemudian semprotkan pada tempat-tempat yang biasanya banyak nyamuknya.

2. Bawang putih

Tahukan Anda bahwa bawang putih juga ampuh dalam mengusir nyamuk. Bagi Anda yang suka makan bawang putih, Anda pasti jarang digigit Nyamuk. Karena menurut sebuah penelitian, makan bawang putih dapat mengusir nyamuk. Tapi jika Anda tidak suka makan bawang putih, ada cara lain yang bisa Anda gunakan, yaitu rebus 2-3 siung bawang putih yang sudah dihancurkan dengan air. Kemudian air rebusan bawang putih itu gunakan sebagai obat semprot untuk mengusir nyamuk.

3. Air sabun

Anda juga bisa memanfaatkan air sabun untuk mengusir nyamuk dirumah Anda. Buat air sabun, letakkan dalam piring. Kemudian tempatkan piring air sabun tadi di tempat yang biasa banyak nyamuknya, dan lihatlah banyak nyamuk yang akan terperangkap dalam air sabun tadi.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengusir Kecoa Menggunakan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

4. Kulit jeruk

Anda suka makan jeruk? Nah jika Anda sering makan jeruk dirumah, jangan langsung buang kulitnya karena Anda dapat memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk dirumah Anda. Caranya keringkan dulu kulit jeruk tadi, setelah kering Anda bisa meletakkan kulit jeruk kering ditempat yang sering banyak nyamuknya.

5. Lemon

Selain kulit jeruk, lemon juga dipercaya dapat mengusir nyamuk dan tidak akan kembali lagi ke rumah Anda. Caranya cukup mudah, peras lemon kemudian ambil sarinya. Setelah itu masukan kedalam botol semprot, dan jadilah obat semprot dari bahan alami untuk membasmi nyamuk. Semprotkan pada seluruh ruangan yang banyak nyamuknya.

6. Bunga lavender

Untuk yang satu ini, orang sudah banyak yang tau kalau aroma dari bunga lavender ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tidak heran jika produk-produk pembasmi nyamuk banyak yang menggunakan aroma lavender sebagai bahan dasarnya. Anda bisa menaruh bunga lavender di halaman rumah atau di dalam rumah Anda, selain bisa mempercantik pemandangan rumah Anda, bunga lavender juga bisa berfungsi untuk penangkal nyamuk agar tidak berani masuk rumah Anda.

7. Serai

Ya bumbu dapur yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan loh untuk mengusir nyamuk karena nyamuk juga tidak suka aroma dari serai ini. Anda cukup memotong batang serai tipis-tipis, kemudian letakkan pada sebuah wadah. Potongan serai tadi bisa Anda letakkan ditempat yang biasanya banyak nyamuk, seperti di kolong tempat tidur, atau di sudut-sudut ruangan, dijamin nyamuk akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

8. Kopi

Siapa nih pecinta kopi? Pasti di rumah sedia kopi dong, Anda juga bisa nih gunakan bubuk kopi ini untuk membasmi telur-telur nyamuk. Caranya ambil bubuk kopi kemudian taburkan disekitaran genangan-genangan air yang biasanya dijadikan tempat perkembangbiakkan jentik-jentik nyamuk. Reaksi antara kopi dan air ini akan membuat telur-telur nyamuk naik ke permukaan. Hal ini dapat membuat telur-telur nyamuk kekurangan oksigen dan akhirnya tidak bisa menetas.

9. Kapur barus

Kapur barus dikenal memiliki bau yang sangat menyengat sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk mengusir kecoa, rayap, semut dan ngengat. Tetapi tahukah Anda selain itu ternyata kapur barus juga bisa membasmi nyamuk loh. Baunya yang menyengat itu juga tidak disukai oleh nyamuk. Cara memanfaatkan kapur barus untuk mengusir nyamuk adalah, haluskan beberapa kapur barus, kemudian masukkan kedalam gelas yang berisi air. Setelah itu letakkan kapur barus tadi ditempat tempat yang banyak dihinggapi nyamuk.

Selain cara-cara diatas yang dapat digunakan untuk membasmi nyamuk, penting juga untuk Anda lakukan yaitu menjaga kebersihan rumah Anda dan sekitarnya agar tidak menjadi sarang nyamuk. Rutin lakukan pembersihan di rumah, jangan biarkan banyak barang menumpuk, buang barang-barang yang memang sudah tidak terpakai lagi, rajin membuang sampah (Anda dapat membakar atau menimbunnya), bersihkan selokan rumah jangan sampai airnya terhambat, rajin menguras bak mandi dan menutup tempat penampungan air.

Topik Terkait: Tips Bermanfaat
Buka Komentar