Fakta dan Mitos Tentang Haid Yang Wajib Diketahui Wanita

Fakta dan Mitos Tentang Haid Yang Wajib Diketahui Wanita

Fakta dan Mitos Tentang Haid Yang Wajib Diketahui Wanita

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologi dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron, dimana darah keluar dari dalam rahim karena meluruhnya lapisan dinding rahim.

Banyak larangan-larangan yang katanya tidak boleh dilakukan ketika haid atau hal yang perlu dilakukan untuk melancarkan haid seperti tidak boleh keramas saat haid atau minum soda untuk mempercepat haid. Nah apakah itu mitos atau fakta? Simak penjelasan berikut.

1. Tidak boleh keramas saat haid

Banyak orang bilang ketika haid pori-pori kulit kepala kita terbuka lebar, sehingga keramas saat haid dapat menyebabkan sakit kepala. Apakah benar begitu? Sebenarnya keramas sama sekali tidak mempengaruhi sakit kepala saat haid. Jika saat haid Anda mengalami sakit kepala, itu bukan disebabkan karena keramas, tetapi ini kaitannya dengan Premenstrual Syndrome atau PMS.

Justru keramas sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan organ tubuh. Bayangkan saja jika kalian tidak keramas selama 1 minggu, betapa lepeknya rambut, ketombe menumpuk dan pasti menimbulkan bau tidak sedap yang akan membuat Anda tidak percaya diri. Jadi tetaplah keramas 2 hari sekali untuk menjaga kebersihan badan.

2. Minum es dapat membuat darah haid membeku

Mitos atau fakta? Jawabannya adalah mitos. Faktanya, air es atau air dingin sama sekali tidak mempengaruhi lancar atau terhambatnya haid. Karena menstruasi hubungannya dengan sistem reproduksi wanita sedangkan makan atau minum hubungannya dengan sistem pencernaan.

Jadi salah jika ada pernyataan minum es dapat membuat darah haid membeku dan akhirnya haid tidak lancar, karena sistem reproduksi dan sistem pencernaan tidak ada hubungannya satu sama lain. Jikapun menstruasi Anda tidak lancar itu bukan disebabkan karena minum es atau minum dingin itu bisa dipicu oleh faktor lain seperti ada masalah pada dinding rahim, stres, olahraga yang berlebihan dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Cara yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Nyeri Pada Saat Sedang Haid

3. Minuman soda dapat memperlancar haid

Ini sama halnya seperti pernyataan minum es dapat menghambat darah haid, pernyataan minum minuman bersoda dapat memperlancar haid adalah mitos. Alasannya sama, karena sistem reproduksi dan sistem pencernaan tidak berhubungan satu sama lain. Tetapi disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda karena tidak baik untuk keseimbangan nutrisi tubuh yang dapat mengganggu siklus haid Anda.

4. Pada saat menjelang dan selama haid nafsu makan naik

Pernah mengalami ketika akan dan saat sedang haid nafsu makan Anda naik? Ini adalah fakta. Dari sebuah penelitian mengatakan bahwa perempuan rata-rata mengkonsumsi 110-500 kalori lebih banyak saat menjelang haid. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon. Jadi Anda harus pintar-pintar mengatur nafsu makan Anda agar berat badan tidak naik selama haid.

5. Wanita yang sedang haid jadi lebih sensitif dan gampang marah

Nah kalau pernyataan yang satu ini sampai banyak dibuat meme ya, perbedaan wanita ketika hari biasa dan ketika sedang haid. Sebenarnya ini fakta atau sugesti saja ya? Faktanya, ini benar adanya. Karena saat PMS terjadi perubahan hormon yang bukan hanya menyebabkan perubahan fisik tapi juga perubahan psikis.

Belum lagi ketika haid, kita mengalami nyeri pada bagian perut, sakit punggung, jerawatan, pegal-pegal dan masih banyak lagi yang membuat wanita merasa tidak nyaman, jadi wajar dong kalau wanita yang sedang PMS jadi lebih sensitif dan gampang marah. Jadi berhati-hatilah pada wanita yang sedang PMS jangan cari-cari masalah.

6. Saat sedang haid tidak boleh berenang

Nah ini juga mitos. Ada yang bilang berenang saad haid dapat menyebabkan kemandulan dan juga tekanan air pada kolam renang dapat menghentikan sikus menstruasi, ternyata ini tidak benar. Anda boleh-boleh saja berenang, asal Anda merasa nyaman. Tapi memang kebanyakan orang lebih memilih tidak berenang ketika haid karena merasa tidak nyaman dan takut warna air berubah menjadi merah. Yang jelas berenang tidak akan menyebabkan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, asal Anda nyaman berenang saat sedang haid maka silahkan lakukan.

Baca Juga: Inilah Manfaat 7 Jenis Jamu Tradisional yang Baik Buat Kesehatanmu

7. Terlalu banyak mengeluarkan darah ketika haid dapat membuat lemas

Tidak salah jika Anda berfikir banyak mengeluarkan darah haid dapat membuat Anda mengalami kekurangan darah sehingga menimbulkan rasa lemas. Tetapi ini tidak benar, karena darah yang dikeluarkan ketika haid adalah darah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan darah yang keluar saat haid rata-rata 35ml/hari atau 3-6 sendok makan sehari. Jadi itu tidak akan membuat Anda kekurangan darah dan lemas. Jika Anda merasakan lemas saat haid itu bisa disebabkan oleh faktor lain.

8. Penggunaan pembalut dapat menyebabkan kemandulan

Haduh kalau ini benar jadi saat haid kita pakai apa dong? Fakta nya pernyataan ini tidak tepat. Pemilihan pembalut yang sehat diperlukan saat haid yaitu pembalut yang nyaman dipakai dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit serta Anda harus rajin mengganti pembalut ketika dirasa sudah terlalu lembab.

Di hari pertama dan kedua yang biasanya lagi banyak-banyaknya darah keluar dan saat sedang banyak aktivitas, dianjurkan untuk mengganti pembalut setiap 2-4 jam sekali agar daerah intim tidak terlalu lembab. Tetapi banyaknya darah yang keluar setiap wanita berbeda-beda, jika merasa pembalut sudah penuh dan lembab serta tidak nyaman lagi dipakai Anda harus segera
menggantinya.


Topik Terkait: Kesehatan
Buka Komentar