8 Bahan Alami Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Mengobati Sakit Gigi

8 Bahan Alami Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Mengobati Sakit Gigi

8 Bahan Alami Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Mengobati Sakit Gigi

Lebih baik sakit gigi atau sakit hati? Yang pernah merasakan sakit gigi pasti kompak jawabannya lebih pilih sakit hati ya. Sakit gigi itu rasanya gak enak banget. Mau makan bahkan mau minum pun susah, dan juga buat jadi males ngomong, karena rasanya campur aduk.

Kalau lagi sakit gigi itu bukan hanya giginya yang sakit, iya kan? Kepala juga cenut cenut, pokoknya seluruh kepala rasanya gak karuan, gak heran juga jadinya kalau orang lagi sakit gigi bawaannya uring-uringan kayak cewek lagi PMS. Ya karena sakit yang luar biasa tadi jadinya buat lebih sensitif apalagi kalau denger suara-suara berisik, pasti rasanya kepala udah mau meledak saja. Duh kebayang kan ya gimana sakitnya itu.

Sakit gigi juga menyerang siapa saja tidak kenal umur, anak-anak, orang dewasa bahkan lansia pun dapat mengalami yang namanya sakit gigi. Lalu apa sih penyebab sakit gigi itu? Penyebab utamanya adalah gigi berlubang yang bisa dikarenakan jarang menggosok gigi, cara menyikat gigi yang salah, memilih sikat gigi dan pasta gigi yang kurang tepat, tidak menggosok gigi setelah makan makanan yang manis.

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat Demam Berdarah

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bahan alami.

1. Garam dapur

Di setiap rumah pasti memiliki garam di dapurnya, karena garam merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Ternyata selain sebagai bumbu dapur, garam dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi karena garam merupakan antiseptik alami. Selain itu garam juga baik untuk mengatasi bau mulut. Caranya, larutkan setengah sendok teh garam kedalam satu gelas air. Gunakan untuk berkumur kurang lebih 30 detik lalu buang.

2. Daun jambu biji

Siapa sangka, selain utuk mengatasi demam berdarah ternyata daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Anda bisa langsung saja mengunyah 1-2 lembar daun jambu biji beberapa saat, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan merebus 4-5 lembar daun jambu biji. Kemudian tunggu air rebusannya mendingin dan tambahkan sedikit garam , setelah itu gunakan air untuk berkumur-kumur.

3. Daun sirih

Untuk bahan yang satu ini, orang dulu sudah percaya dan menggunakannya untuk mengobati sakit gigi. Pernah lihat kan nenek-nenek atau kakek-kakek yang mulutnya merah-merah karena mengunyah sesuatu, itu mereka sedang mengunyah daun sirih. Daun sirih dipercaya dapat memperkuat gigi, mengatasi bau mulut, menghentikan perdarahan pada gusi dan sebagai antiseptik alami. Caranya bisa langsung mengunyahnya atau Anda bisa juga merebus daun sirih, kemudian gunakan air rebusannya sebagai obat kumur.

4. Minyak cengkeh

Dari hasil beberapa survei dan penelitian telah membuktikan, selain sebagai rempah-rempah cengkeh juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh mengandung senyawa kimia eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami. Caranya campurkan setetes minyak cengkeh dan satu sendok minyak zaitun, kemudian letakkan pada sebuah kapas. Tempelkan kapas tadi pada bagian gigi yang sakit kemudian gigit, diamkan beberapa saat. Anda bisa memperoleh minyak cengkeh dengan membelinya di apotek.
Jika susah untuk mendapatkan minyak cengkeh, Anda bisa menggunakan cengkehnya, dengan cara menumbuknya hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Baca Juga: 17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan 

5. Bawah Putih Selama ini kita hanya tahu bawang putih sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi kuman di gigi dan mulut serta mengurangi peradangan yang terjadi saat sakit gigi. Caranya cukup dengan langsung mengunyah bawang putih jika tidak sanggup mengunyahnya, Anda bisa membelah 2 bawang putih tadi kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Bawang merah

Ternyata gak cuma bawang putih nih yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, ternyata bawang merah juga memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang dapat meredakan rasa nyeri dan melawan bakteri penyebab infeksi gigi. Caranya juga sama seperti bawang putih, Anda bisa langsung mengunyah bawang merah mentah atau dengan menempelkan irisan bawang merah pada gigi yang sakit.

7. Cuka

Cuka dapur dan cuka apel dipercaya mengandung antibakteri dan antimikrobil yang dapat dimanfaatka untuk mengatasi nyeri pada sakit gigi. Anda bisa menggunakn cuka untuk berkumur-kumur dan fokuskan pada gigi yang sakit, lakukan selama kira-kira 30 detik, kemudian buang. Jika tidak tahan dengan rasa masam cuka, Anda bisa menggunakan kapas yang telah ditetesi cuka kemudian tempel pada gigi yang sakit. Setelah itu gosok gigi Anda menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.

8. Es batu

Rasa dingin pada es batu dipercaya dapat meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Anda dapat memanfaatkan es batu untuk mengompres. Ambil beberapa bongkaha es batu, masukkan dalam plastik kecil kemudian bungkus dengan kain tipis. Tempelkan langsung pada gigi yang sakit selama 15 menit. Atau Anda juga bisa dengan menempelkannya pada sisi pipi yang giginya sakit.

Sebelum Anda minum obat atau periksa ke dokter, beberapa cara tadi dapat Anda coba ketika sedang sakit gigi. Tetapi jika masih tidak bisa mengobati rasa sakit pada gigi, cara selanjutnya dengan meminum obat sakit gigi atau langsung bawa ke dokter gigi dan sekaligus konsultasi, jika memungkinkan di cabut giginya, akan lebih baik agar sakit gigi tidak terulang lagi.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami


Topik Terkait: Kesehatan


Buka Komentar