Cara Membersihkan Akuarium Cocok untuk Pemula

Cara Membersihkan Akuarium Cocok untuk Pemula

Cara Membersihkan Akuarium Cocok untuk Pemula

Untuk membersihkan akuarium membutuhkan sedikit perawatan khusus, dan anda juga harus memperhatikan kondisi yang diperlukan untuk penghuninya, mulai dari menyiapkan berbagai perangkat misal kompresor, filter, dll. selain itu anda juga harus memberi perhatian khusus pada pada pasokan air dan pencahayaan akuarium, terlebih dari itu semua hal yang paling penting adalah membersihkannya denga tepat.

Untuk membersihkan akuarium tidak sesulit yang anda pikirkan, coba simak penjelasan di bawah ini:

Mulai dengan membersikan bagian Kaca Terlebih dahulu. 

Coba perhatikan bagian dinding kaca apakah sudah terdapat lumut atau alga, sebenarnya alga yang menempel di dinding akuarium tidak menimbulkan bahaya, tetapi masak iya kita membiarkannya disitu, selain dapat merusak penampilan akuarium juga terkesan jorok. oleh sebah itu anda harus membersihkannya, untuk membersihkan alga ini juga harus teratur agar perkembanganya bisa di hentikan, saran terbaik sekitar dua minggu sekali, Membersihkan alga ini menggunakan alat khusus yang dapat anda beli di toko perlengkapan akuarium, namun bisa anda ganti menggunakan spons atau pisau cukur yang baru.

Bersihkan bagian bawah akuarium

Setelah bagian kaca akuarium sudah bersih, langkah selanjutnya adalah bagian bahwa akuarium atau dasar akuarium, anda cukup mengilangkan semua kotoran yang terdapat di dasar akuarium, gunakan alat yang efektif untuk membersihkannya, misal anda bisa menggunakan scrubber lumpur khusus.

Bersihkan Filter

Selanjutnya perhatikan apakah filternya menumpuk kotoran atau tidak, jika menumpuk segera bersihkan karena dapat kontaminasi mencegah pemompaan air, untuk membersihkannya tidak ada perlakuan khusus anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian nozzle filternya.

Cara Menentukan apakah perlu membersihkan akuarium atau tidak?

Untuk mengetahui sebenarnya akuarium anda perlu di bersihkan atau tidak sangatlah mudah, saran saya coba anda mengaduk tanahnya, jika gelembung tidak ada yang naik dari bawah makan anda harus membersihkannya. Untuk penggantian air anda dapat mengganti air kurang dari dua kali seminggu tapi jangan mengganti lebih dari 30 % sekaligus, karena tidak semua jenis ikan cepat beradaptasi pada perubahan jenis air.


Topik Terkait: Tips Bermanfaat
Buka Komentar