Ini Alasan Yang Perlu Anda Ketahui Dari Sendawa Setelah Makan

Ini Alasan Yang Perlu Anda Ketahui Dari Sendawa Setelah Makan

Ini Alasan Yang Perlu Anda Ketahui Dari Sendawa Setelah Makan

Pasti Anda pernah bersendewa setelah makan? Dan kemudian kita menganggapnya kita sudah kenyang. Sebenarnya ini salah, arti sendawa setelah makan itu bukan karena sudah kenyang, melainkan ini memang proses alami tubuh untuk mengeluarkan gas dalam tubuh. Karena sehabis minum atau makan, ada udara yang juga ikut tertelan kedalam tubuh.

Dan sebenarnya proses pencernaan pada umumnya membentuk gas, apalagi jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gas seperti minuman bersoda, makanan berlemak, coklat, brokoli, kacang-kacangan, dan lobak.

Seperti kentut, beberapa orang menganggap bersendawa apalagi dengan suara yang keras itu tidak sopan. Padahal sebenarnya bersendawa adalah proses alami yang dilakukan tubuh yang banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dan ini yang perlu Anda ketahui manfaat sendawa setelah makan agar Anda tidak malu-malu atau menahan sendawa.

1. Mencegah penumpukan gas dalam perut

Mengkonsumsi minuman atau makanan tertentu juga bisa membuat penumpukan gas dalam tubuh, seperti minuman bersoda, coklat, makanan berlemak, brokoli, kacang-kacangan, dan lobak. Kadang juga kita tidak sadar makan sambil bicara atau makan secara terburu-buru dapat membuat lebih banyak udara ikut masuk kedalam tubuh. Ini alasannya kita dilarang makan sambil bicara atau makan dengan terburu-buru. Untuk mencegah penumpukan gas dalam perut, maka diperlukanlah sendawa setelah makan.

2. Membantu memperlancar proses pencernaan

Gas dalam perut dapat mempengaruhi kelancaran proses pencernaan pada tubuh. Penumpukan gas dalam perut dapat menghambat proses pencernaan. Oleh karena itu diperlukan sendawa untuk mengeluarkan gas dalam perut agar tidak menumpuk sehingga proses pencernaan dapat berjalan dengan baik serta nutrisi yang masuk kedalam tubuh dapat terserap dengan sempurna.

3. Mengurangi rasa tidak nyaman dalam perut

Terlalu banyak gas yang masuk dalam tubuh akan membuat perut terasa tidak nyaman karena lambung terasa kembung. Hal ini juga bisa membuat rasa nyeri pada dada atau bahkan asam lambung menjadi naik. Dengan bersendawa, kita dapat menghindari hal tersebut, perut akan terasa lebih lega dan terhindar dari perut kembung dan rasa tidak nyaman.

Itu tadi manfaat yang diperoleh dari sendawa setelah Anda makan. Jadi bersendawalah setelah makan, tetapi harus tetap memperhatikan norma kesopanan. Jangan karena memang dianjurkan untuk bersendawa Anda jadi seenaknya bersendawa.

 Berpindahlah ketempat lain setelah bersendawa, jangan masih berada di meja makan apalagi yang lainnya belum selesai makan. Usahakan suara sendawa yang keluar normal, jangan dibuat-buat menjadi suara yang besar. Itulah manfaat dan tips bersendawa, semoga bermanfaat.
Buka Komentar