-->
Seberapa Sering Saya Harus Membersihkan Akuarium

Seberapa Sering Saya Harus Membersihkan Akuarium

Seberapa Sering Saya Harus Membersihkan Akuarium

Kita tidak bisa membiarkan akuarium begitu saja setelah membelinya, butuh sedikit kerajinan agar ekosistem di akuarium tidak rusak, misalnya menentukan seberapa sering frekuensi untuk membersihkannya, jika tidak sering di bersihkan tentu banyak spesies spesies lain yang akan berkembang dan menyebabkan akuarium jadi kotor, Oleh sebab itu simak beberapa tips di bawah ini:


Seberapa Sering Saya Harus Membersihkan Akuarium


1. Untuk Menentukan Berapa kali anda harus membersihkan akuarium tergantung pada volumenya, jika akuarium yang volume airnya kurang dari 60 liter anda harus cukup sering membersihkan nya, karena dengan volume seperti ini pertumbuhan polusi lebih cepat, sedangkan jika akuarium anda volumenya berkisar 10 - 15 liter biasanya cukup bersihkan seminggu sekali.

2. Membersihkan akuarium harus menyeluruh, mulai dari penjernihan air, membersihkan tanaman buatan, lumut, plag yang ada di dinding dan air wajib di ganti 2 minggu sekali, jika anda merasa akuarium itu sangat cepat kotor coba periksa filternya mungkin rusak atau kotor.

      Baca Juga: 
3. Pertimbangkan banyaknya penghuni di akuarium anda karena ini akan membuat semakin sering dibersihkan, oleh karena itu jangan terlalu banyak memasukkan spesies dalam akuarium karena anda bisa kehilangan mereka jika terlalu sering di bersihkan, tidak semua ikan bisa beradaptasi dengan cepat pada perubahan air. 

4. Secara umum, Jika anda memili akuarium yang volumenya lebih dari 100 liter, itu tidak perlu terlalu sering untuk memberishkannya, terlebih lagi akuarium anda dilengkapi dengan semua peralatan yang diperlukan, maka anda hanya perlu membersihkannya sebulan sekali saja, dan biasanya yang dibersihkan cumua bagian terbatas saja misal untuk menghilangkan plak dari dinding akuarium. karena dengan adanya peralatan yang lengkap seperti filter akuarium dapat membersihkan kotoran dari dasar selama pergantian air parsial.

5. Jika anda mengalami masalah akuarium yang terlalu sering di bersihkan padahal memiliki volume besar, berarti ada terdapat kesalahan dalam mengelolanya, saran saya coba segera menghubungi spesialis agar anda dapat mengetahui penyebabnya. ingat bahwa kondisi spesies yang ada di dalam akuarium anda tergantung pada keadaan mikrolflora didalam akuarium tersebut.



Buka Komentar