Tips dan Cara Menggosok Gigi Dengan Benar

Tips dan Cara Menggosok Gigi Dengan Benar

Tips dan Cara Menggosok Gigi Dengan Benar

Siapa yang tak ingin memliki gigi yang putih, bersih, sehat dan tidak berlubang. Pasti semua orang menginginkan itu. Tapi tahukan Anda rajin menggosok gigi saja tidak cukup untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat.

Karena ternyata menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat, masih akan meninggalkan sisa makanan pada gigi yang bisa membuat gigi berlubang. Mungkin inilah alasan kenapa ada beberpa orang yang sudah rajin gosok gigi tetapi masih mengalami sakit gigi, mungkin karena caranya menggosok gigi kurang tepat.

Lalu bagaimanakah cara menggosok gigi yang benar?

1. Sebelum menggosok gigi, yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu adalah memilih sikt gigi dan pasta gigi yang tepat.

Pilih sikat gigi yang pas dan nyaman dalam mulut Anda juga pilih yang pegangannya nyaman sehingga Anda dapat menggosok gigi Anda dengan benar. Biasanya kepala sikat yang kecil lebih baik dan efektif membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Kemudian segeralah ganti sikat gigi Anda jika bulu sikatnya sudah begkok, kasar dan kusut. Atau akan lebih baik jika Anda rajin mengganti sikat gigi Anda setiap 3 bulan sekali.

Selanjutnya pilih pasta gigi fluorida biasa, karena pasta gigi khusus pemutih dapat berbahaya dan mengikis struktur gigi. Jika Anda ingin memutihkan gigi menggunakan pasta gigi pemutih, Anda dapat bergantian menggunakannya dengan pasta gigi biasa secara teratur.

2. Sebelum menggosok gigi Anda, terlebih dahulu gosok lidah Anda, menggunakan sikat lidah yang biasanya terletak dibagian bawah bulu sikat gigi. Menggosok lidah juga menggunakan pasta gigi, gosok lidah Anda sampai bagian dalam yang bisa Anda jangkau. Karena semakin dalam lidah Anda disitulah semakin banyak kuman bersarang. Gosok lidah Anda secara perlahan dan jangan sampai melukai lidah Anda.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Mengobati Sakit Gigi

3. Tidak perlu menggunakan pasta gigi secara berlebihan. Cukup beri pasta gigi disepanjang sikat gigi Anda. Kemudian ratakan, agat tidak hanya satu bagian gigi saja yang terkena pasta gigi. Ratakan pasta gigi kesemua sisi gigi, baru kemudian gosok gigi Anda.

4. Selanjutnya teknik menggosok gigi yang tepat.

  • Anda bisa memulai dengan menggosok bagian gigi graham atas atau gigi belakang pada salah satu sisi. Posisikan sikat gigi Anda sehingga membentuk sudut 45 derajat. Kemudian sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas kebawah sekitar 20 detik setiap bagian. Lakukan kesemua bagian gigi.
  • Pastikan semua gigi sudah digosok hingga bersih, mulai dari bagian yang biasa digunakan untuk mengunyah dan bagian yang dekat dengan pipi dan lidah. 
  • Kemudian untuk membersihkan bagian dalam gigi depan, pegang sikat gigi Anda secara vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi Anda. Sikat dengan gerakan melingkar dari atas kebawah, lakukan gerakan ini 2-3 kali.

5. Pada saat menggosok gigi, Anda tidak perlu memberi tekanan lebih, karena itu juga tidak akan membantu membersihkan sisa makanan pada gigi. Justru menyikat gigi dengan kasar akan menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis yang dapat menimbulkan masalah gigi sensitif.

6. Jangan terlalu cepat atau terlalu lama menggosok gigi. Cukup lakukan selama 2 menit saja.

7. Setelah menggosok gigi jangan langsung berkumur. Ludahkan dahulu busa sisa sikat gigi baru kemudian berkumur. Karena langsung berkumur setelah gosok gigi akan menghapus konsentrasi fluorida pada pasta gigi sehingga mencairkannya dan menghilangkan efek pasta gigi.

8. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Atau maksimal 3 kali sehari, setelah sarapan, setelah makan siang dan sebelum tidur malam.

9. Setelah makan atau minum yang asam jangan langsung gosok gigi, tunggu setidaknya 30 menit. Menurut penelitian, menggosok gigi terlalu cepat setelah makan atau minum yang asam akan memberi dampak pada kesehatan gigi. Asam dari makanan atau minuman tersebut dapat mengikis enamel gigi dan lapisan bawahnya. Dan menggosok gigi dapat mempercepat proses pengikisan.

Maka lebih disarankan untuk menggosok gigi sebelum makan atau minum yang asam dan minum air putih setelah mengkonsumsinya untuk menghilangkan asam yang menempel pada gigi.

10. Sebaliknya, segeralah gosok gigi setelah mengkonsumsi sesuatu yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Karena kandungam tersebut dapat memicu perkembang biakan bakteri tertentu dalam mulut yang akan menyerang enamel gigi sekitar 20 menit setelah Anda mengkonsumsinya. Dengan segera menggosok gigi Anda, Anda dapat mencegah bakteri sebelum ia mulai merusak gigi Anda.


Topik Terkait: Tips Bermanfaat

Buka Komentar