7+ Cara Menjadi Dropshipper di Shopee untuk Pemula

  • admin
  • Jun 30, 2022
dropshipper shopee

Menambah penghasilan tanpa modal bisa dilakukan dengan menjadi dropshipper. Tidak sedikit yang ingin menggeluti bisnis tersebut namun masih ragu karena berbagai hal. Padahal, cara menjadi dropshipper di Shopee ternyata sangat mudah termasuk bagi pemula.

Mengapa di Shopee? Seperti yang telah diketahui marketplace yang satu ini memang paling banyak digunakan di tanah air. Jadi, kamu punya kesempatan besar untuk menambah penghasilan. Tidak selalu harus menjadi seller langsung, melainkan juga dropshipper.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

dropshipper

Banyaknya pilihan produk di Shopee membuat pengunjung marketplace ini setiap harinya semakin banyak. Jika kamu ingin menjadi dropshipeer di toko orange ini, ada baiknya memulainya dengan cara menjadi dropship pemula berikut ini.

1.      Melakukan Riset Kecil-Kecilan

Meskipun kamu termasuk pemula di bisnis online, sebaiknya tetap lakukan riset pasar. Caranya dengan mencari tahu produk apa yang tengah trending di masyarakat. Baik itu berupa fashion, cemilan, skincare, hingga peralatan memasak.

Cara mudahnya yaitu dengan membuka aplikasi Shopee lalu lakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Perhatikan kata-kata sesudah keyword yang dimasukkan. Misalnya ketika mengetik “Botol minum” kemudian akan muncul tulisan “Botol minum kekinian”, “Botol minum unicorn”, dll.

2.      Memilih Supplier Terpercaya dan Mudah Dihubungi

Cara menjadi dropship di Shopee tanpa modal selanjutnya yaitu menghubungi pihak supplier. Pastikan kamu mencari yang terpercaya dan mudah dihubungi. Terlebih tidak semua toko online menyediakan layanan dropship.

Carilah toko yang menerima dropship di Shopee dengan cara menanyakannya terlebih dahulu melalui fitur chat. Teliti dan berhati-hatilah dalam memilih supplier karena tidak sedikit yang memiliki rekam jejak tidak terlalu bagus.

3.      Hindari Dropship Barang Tiruan/Low Quality

barang tiruan

Salah satu hal yang menentukan kepuasan pelanggan adalah kualitas barang dan keasliannya. Hindari menjual barang KW terlebih yang kualitasnya rendah. Tidak sedikit pelanggan yang akan merasa tertipu sehingga membuat rating toko jelek.

Seringkali menjual barang original meskipun harganya lebih mahal akan membuat pelanggan lebih puas. Hingga akhirnya mereka pun melakukan repeat order produk yang kamu jual. Cara menjadi dropshipper di Shopee ini harus diperhatikan agar peminat produk semakin banyak.

4.      Membuat Konten Menarik dan Relevan

Seorang dropshipper memiliki keterbatasan terkait produk yang ditawarkannya. Misalnya kamu tidak bisa mengubah atau memperbaiki produk tersebut karena bukan pemilik aslinya. Meski demikian, gunakan kekuatan konten agar menjadi kunci keberhasilan menjadi dropshipper.

Cara dropship di Shopee COD ini bisa dilakukan dengan menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan produk yang dijual. Namun, tetap perhatikan deskripsi produk agar bisa dibaca dengan baik oleh pelanggan.

5.      Pastikan Komunikasi dengan Supplier Baik

Bisnis online yang dijalankan dropshipper sangat bergantung pada supplier yang dipilihnya.  Oleh karena itu, jangan abai terhadap komunikasi dengan supplier agar tetap lancar. Anggap supplier sebagai rekan bisnis dan komunikasikan segala sesuatunya dengan baik.

6.      Usahakan Dropship Produk Kebutuhan Sehari-Hari

Sebenarnya, memilih produk yang sedang trending memang tidak ada salahnya. Namun, sebagian barang dengan kriteria tersebut kerap kali hanya diminati sementara. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menawarkan produk kebutuhan sehari-hari.

Tentunya, banyak pilihan produk sehari-hari yang tersedia di Shopee. Namun, tetap lakukan riset pasar agar bisa menemukan produk yang tepat untuk di-dropship.

7.      Mencantumkan Lokasi Sesuai Tempat Supplier

Mengenai lokasi, tidak sedikit dropshipper Shopee pemula yang keliru. Misalnya ketika memilih supplier di kota A, namun kamu mencantumkan alamat rumahmu sendiri yang berada di kota B. Padahal, kamu perlu mencantumkan lokasi sesuai tempat supplier.

Hal ini akan berpengaruh dengan biaya pengiriman dari produk dropship yang dijual. Oleh karena itu, pastikan toko online kamu di Shopee sudah sesuai dengan tempat supplier yang dipilih.

8.      Gunakan Fitur Diskon, Cashback, dan Gratis Ongkir

gratis ongkir

Siapa bilang dropshipper pemula tidak bisa memanfaatkan fitur promosi? Pada dasarnya, hal ini bisa dilakukan asal kamu mengetahui triknya agar tetap untung. Mengingat Shopee sendiri menyediakan banyak pilihan promosi, bahkan untuk pemilik toko online pemula sekalipun.

Beberapa fitur promosi populer yang bisa dimanfaatkan yaitu diskon, cashback, dan gratis ongkir. Oleh karena itu, jangan lupa memanfaatkannya karena bisa menarik perhatian pelanggan lebih banyak.

Cara Menjadi Dropshipper Sukses di Shopee

Pada dasarnya, sistem dropship di Shopee tidak jauh berbeda dengan marketplace populer lainnya di tanah air. Tidak sedikit yang meraup ratusan ribu hingga jutaan dari bisnis dropship ini. Untuk memulainya, simak beberapa cara menjadi dropshipper sukses di toko orange berikut ini.

1.      Pemula Bisa Memilih Produk Fashion

Fashion

Memilih jenis produk yang tepat untuk dijual menjadi hal krusial bagi dropshipper pemula. Salah satu jenis barang yang paling sering dicari konsumen Shopee adalah produk fashion. Tidak ada salahnya kamu memilih menjual kaos, celana, dress, gamis yang banyak dicari.

Produk fashion memang tidak ada habisnya, terlebih menjelang momen tertentu. Namun, tentunya fashion hanya menjadi salah satu opsi. Kamu bisa memilih jenis produk lainnya seperti skincare, alat memasak, aksesoris HP, dan sebagainya.

2.      Tanyakan Aturan Mengenai Dropship Pada Supplier

Seringkali seller tertentu di Shopee menyediakan aturan tertentu mengenai layanan dropship. Kamu perlu menanyakan hal ini melalui chat atau nomor HP seller. Supplier yang tepat akan membuat bisnis dropship berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan yang lumayan.

3.      Menyiapkan Sedikit Modal

Tidak seperti reseller, menjadi dropship tidak mengharuskan kamu menyediakan stok barang. Namun, alangkah baiknya tetap menyiapkan sedikit modal untuk memesan barang pada pihak supplier.

Untuk pemula, modal dropshipper yang perlu disiapkan sekitar Rp500.000. Namun sebenarnya bisa kurang dari itu mengingat kamu baru merintisnya dari awal.

4.      Bekerja Sama dengan Satu Supplier

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, apakah bisa bekerja sama dengan beberapa supplier sekaligus? Sebenarnya, hal ini akan sangat merepotkan terlebih jika kamu menjualnya di akun Shopee. Alamat yang berbeda-beda akan membuat ongkos kirim membengkak.

5.      Mempromosikan Produk dengan Gencar di Sosial Media

Sosial Media

Mengingat barang dropship bukan milik sendiri, kamu tetap bisa menggaet banyak pelanggan dengan strategi marketing yang tepat. Salah satunya dengan gencar memasarkannya ke berbagai platform media sosial, misalnya IG, WhatsApp, TikTok, dan lain-lain.

Uang Dropship Shopee Masuk Kemana?

Sistem dropship tidak mengharuskan kamu menyediakan stok barang dalam jumlah tertentu. Pertanyaannya, kemana uang dropship yang dibayar pelanggan melalui Shopee? Pada dasarnya, dana tersebut akan masuk ke akun toko online kamu sendiri di toko orange.

Hal inilah yang mengharuskan kamu menyiapkan sejumlah dana untuk memesan barang ke supplier. Adapun selisih harga barang dari supplier dengan yang dijual di toko online kamu akan menjadi keuntungan.

Tidak perlu khawatir, jika memilih produk yang tepat dan giat melakukan promosi, kamu bisa cepat mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Dengan catatan, kamu harus tahu cara menentukan harga jual dropship di Shopee yang sesuai dengan kondisi pasar.

Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan cara menjadi dropshipper di Shopee? Aplikasi dropship Shopee pun banyak dicari di internet. Padahal, fitur dropship sendiri memang sudah disediakan oleh pengembang aplikasi. Bisnis ini begitu minim modal dengan keuntungan yang terbilang lumayan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.