Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Agar Tetap Awet dan Nyaman

  • admin
  • Jul 24, 2022

Bagi kamu yang update tentang peralatan PC/laptop, pastinya ingin mengetahui cara membersihkan keyboard mechanical.  Jenis keyboard yang satu ini memang lebih nyaman digunakan dibanding tipe flat-flanel. Agar lebih awet, tentunya keyboard tersebut harus dirawat dengan baik dan benar.

Tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa keyboard mechanical mudah terkena debu sehingga mengurangi kenyamanan. Selain debu, faktor-faktor lain yang harus diperhatikan adalah sisa makanan, cipratan air, dan jamur.

Cara Membersihkan Keyboard Mechanical

Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Agar Tetap Awet dan Nyaman

Tidak sedikit yang membeli keyboard mechanical dengan harga lumayan. Tentunya, menjaganya agar tetap awet merupakan pilihan bijak. Ada berbagai tips yang bisa dilakukan agar perangkat ini bisa tahan lama dan senantiasa bersih, yaitu sebagai berikut.

1. Membalik dan Menggoncangkan Keyboard secara Perlahan

Membalik dan Menggoncangkan Keyboard secara Perlahan

Risih dengan tuts keyboard mechanical yang berdebu dan kotor? Salah satu solusi mudah yang bisa dilakukan adalah membaliknya terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak perlu langsung membongkar semua elemen tombolnya.

Terlebih jika saat itu tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan. Cobalah balik keyboard secara perlahan lalu guncangkan secara perlahan. Kamu juga bisa memberikan hentakan ringan di bagian belakang agar debu-debunya keluar.

Cara ini bisa membuat kamu sadar bahwa di pada tuts keyboard mungkin terdapat sisa-sisa snack yang habis dimakan.

Penyebab keyboard mechanical double click salah satunya bisa jadi karena keycap seringkali kotor dan jarang dibersihkan. Oleh karena itu, lakukan upaya pembersihan sederhana seperti ini jika kamu tidak memiliki banyak waktu.

2. Menggunakan Keycap Puller

Menggunakan Keycap Puller

Pembersihan keyboard mechanical memang harus dilakukan secara seksama, terkadang kamu mungkin membutuhkan cara melepas  keycaps keyboard membrane. Salah satunya adalah alat bernama keycap puller yang berfungsi mencopot tuts dengan aman.

Pada dasarnya, keyboard mechanical tidak jauh berbeda dengan benda elektronik lainnya. Jadi, proses pembersihan secara maksimalnya bisa dilakukan dengan membongkar beberapa bagian. Misalnya pada bagian tuts, hindari melakukan hal ini menggunakan obeng atau kuku jari.

Efeknya bisa membuat “wadah” tuts rentan rusak sehingga perlu diganti. Alih-alih menggunakan barang random untuk bongkar tuts, silahkan coba keycap puller atau spudger. Keduanya dirancang khusus untuk melepaskan tombol keyboard mechanical dengan lebih aman.

Cara copot mechanical keyboard dengan tools memang harus dipahami agar keyboard tidak mudah rusak dan tetap awet.

3. Menggunakan Kuas Halus

Menggunakan Kuas Halus

Cara membersihkan keyboard mechanical yang satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang malas melakukan banyak langkah. Cukup siapkan kuas halus yang bisa membersihkan debu tipis di atasnya.

Gunakan ukuran kuas yang tepat, yaitu yang ujungnya tampak halus dan kecil. Jangan gunakan lap basah atau tisu karena bisa membuat debu menggumpal di sisi-sisi tuts keyboard. Bahkan hal tersebut hanya memberikan efek bersih sementara, sedangkan debunya masih melekat.

4. Menggunakan Spray Duster

sprey dust

 

Tidak sedikit yang kesulitan mencari cara membersihkan keyboard mechanical yang tepat. Padahal, perawatan yang baik sangat mempengaruhi keawetan perangkat elektronik tersebut. Salah satu alat yang bisa diandalkan adalah spray duster.

Pada dasarnya, produk ini berisi udara yang dikompres ke dalam kemasan kaleng dalam ukuran tertentu. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai marketplace. Cara ini bisa menjadi solusi bagi yang tidak ingin bersusah payah mencopot tuts keyboard satu per satu.

5. Menggunakan Gel Cleaner

gel keyboard

Gel cleaner untuk keyboard mechanical saat ini juga banyak dijual. Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan keyboard agar tetap bersih dan awet. Harga pembersih ini juga relatif lebih mudah dibanding pembersih versi spray.

Tak heran jika bahan pembersih ini banyak dicari bagi yang ingin merawat keyboard mechanical dengan budget tipis. Sayangnya, gel cleaner ini tidak bisa dipakai ulang untuk membersihkan keyboard.

Hal ini karena debu dan kotoran yang sudah menempel pada gel memang tidak bisa dibersihkan sehingga harus dibuang.

Tips Agar Keyboard Komputer Tetap Awet

Pada dasarnya, setiap jenis keyboard komputer harus dijaga dan dirawat dengan baik. Terlebih jika kamu menggunakannya cukup sering, misalnya untuk bermain game. Jadi, perawatan yang baik itu tidak hanya untuk keyboard membran.

Jadi, tips di bawah ini sebenarnya juga merupakan cara membersihkan keyboard membran. Simak beberapa hal di bawah ini agar keyboard komputer tetap awet dan nyaman.

1. Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Keyboard

Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Keyboard

Cara bersihkan keyboard komputer ini tentunya bisa dilakukan semua orang, bahkan dengan untuk yang hobi main game sekalipun. Pastikan kebersihan area keyboard senantiasa terjaga sehingga keyboard tidak hanya bersih, namun sedap dipandang.

Setelah bermain game dengan keyboard, sebaiknya segera bersihkan area di sekitarnya dari sisa-sisa makanan. Begitu pula minuman ringan dan snack yang mungkin tanpa sadar berhamburan.

2. Waspadai Abu Rokok

Waspadai Abu Rokok

Merokok di dekat perangkat komputer/laptop tidak hanya beresiko karena dekat dengan kabel-kabel. Melainkan abunya juga berpotensi mengotori sela-sela keyboard. Kamu mungkin tidak menyadari abu tersebut berterbangan di udara lalu menempel di layar dan keyboard.

Tidak hanya itu, partikel mikro tersebut juga bisa masuk ke dalam PCB atau sirkuit keyboard mechanical. Terkadang hal ini juga mengakibatkan gangguan persinyalan yang cukup serius. Solusinya, kamu bisa menyiapkan asbak sebagai tempat puntung rokok.

Jangan lupa beri alas tisu basah agar abu sisa rokok tidak berhamburan sembarangan. Namun tentunya lebih baik tidak merokok di dekat perangkat komputer.

3. Bersihkan Tangan dari Sisa Minyak

minyak ditangan

Hobi main komputer/laptop sambil makan snack atau gorengan? Jika demikian, maka perhatikan sisa minyak pada tangan sebelum menyentuh perangkat komputer dan keyboardnya. Hal ini karena sisa minyak tersebut bisa menyebabkan keausan dini pada tombol keyboard.

Jika mengabaikan sisa minyak pada tangan, bukan tidak mungkin huruf pada keycap mudah menghilang. Cara melepas switch keyboard pun mungkin dibutuhkan karena kotorannya sudah masuk melalui sela-sela.

Langkah-Langkah Membersihkan Keyboard Mechanical Agar seperti Baru

Langkah-Langkah Membersihkan Keyboard Mechanical Agar seperti Baru

Jika kamu merasa keyboard mechanical yang dimiliki sudah terlalu kotor, maka sebaiknya lakukan pembersihan dengan seksama. Hal ini mungkin tidak cukup jika sekedar membersihkannya dengan gel atau lap biasa, simak tutorial membersihkannya secara total berikut ini.

1. Alat dan Bahan

  • Air hangat
  • Sabun pembersih
  • Keycap puller
  • Penyedot debu
  • Lap bersih atau sikat gigi
  • Handuk kecil

2. Langkah-Langkah

  • Pertama, copot terlebih dahulu sambungan keyboard mechanical dari PC.
  • Gunakan keycap puller untuk melepaskan setiap tutup tombol pada keyboard. Cara melepas tombol keyboard mechanical dengan alat ini yaitu melakukannya satu per satu saja.
  • Agar tidak keliru saat meletakkannya kembali, sebaiknya foto keyboard tersebut terlebih dahulu.
  • Kumpulan keycap yang sudah dicopot kemudian direndam ke dalam air hangat yang sudah dicampur cairan pembersih.
  • Gunakan sikat gigi bekas atau lap bersih untuk membersihkan keycap satu per satu.
  • Setelah itu, keringkan menggunakan handuk kecil bersih sampai benar-benar kering.
  • Pada papan keyboard mechanical yang sudah dilepas keycapsnya, akan nampak deretan switch yang harus dibersihkan pula. Gunakan penyedot debu dengan daya perlahan saja lalu bersihkan sela-sela switch. Lakukan langkah ini dengan benar agar kamu tidak perlu melakukan cara ganti switch keyboard
  • Selanjutnya bersihkan papan keyboard dan ketuk-ketuk secara perlahan agar kotorannya jatuh.
  • Langkah terakhir, bersihkan permukaan papan keyboard menggunakan lap atau handuk bersih.

Upaya pembersihan di atas bisa membuat keyboard kamu lebih awet. Dengan demikian, risiko kerusakan pun bisa diminimalisir. Jika sudah rusak, cara memperbaiki keyboard Rexus atau merek lainnya memang diperlukan.

Cara membersihkan keyboard mechanical memang bisa dilakukan secara sederhana maupun menggunakan beberapa langkah. Hal ini tergantung dari kondisi keycap keyboard yang dimiliki. Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya gunakan bantuan cairan pembersih dan lap seperti tutorial di atas.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.