Cara Membuat Website Toko Online untuk Bisnis dengan Langkah Mudah

  • admin
  • Jul 04, 2022

Cara membuat website toko online untuk bisnis sangat mudah, bahkan gratis. Kamu hanya perlu membayar untuk sewa hosting dan domain, agar website toko online tersebut berkualitas. Cara membuat toko online pun bisa dilakukan sendiri, asal tahu langkah-langkahnya.

Ya, memiliki website toko online sudah menjadi keharusan sekarang ini. Pasalnya, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan aktivitas digital, terutama saat belanja. Nah, sebagai pebisnis, kamu harus memanfaatkan hal ini untuk meraih keuntungan, salah satunya adalah membuat website toko online sendiri.

Manfaat Membuat Website Toko Online untuk Bisnis

Website Toko Online untuk Bisnis

Kenapa kamu harus tahu cara membuat website toko online gratis? Alasannya, banyak yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki website toko online sendiri. Setidaknya, berikut ini adalah manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki website toko online sendiri :

1. Meningkatkan Penjualan

Sudah banyak contoh website toko online yang bisa meningkatkan penjualan. Ketika kamu masih menjual barang secara offline, maka potensi produk tersebut terjual kurang maksimal. Berbeda jika kamu sudah beralih ke cara online dengan membuat website sendiri.

Pastinya, penjualan akan meningkat dengan pesat karena jualan kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan canggihnya internet, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat website toko online kamu. Dengan begini, penjualan akan meningkat, begitu pun dengan profit perusahaan.

2. Efektif dan Efisien

Keuntungan memiliki website toko online sendiri selanjutnya adalah untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu serta biaya. Dengan website tersebut, kamu tidak perlu keluar uang untuk sewa ruko, gudang dan semacamnya.

Biaya-biaya lain seperti perawatan, listrik, air dan semacamnya juga bisa dikurangi dengan signifikan. Dengan begini, kamu bisa menghemat hingga jutaan rupiah. Karena cukup dengan website online saja, kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga, waktu dan biaya yang lebih besar.

3. Terkoneksi dengan Konsumen yang Tepat

Manfaat lain kenapa kamu harus tahu cara membuat toko online di marketplace adalah agar bisa menemukan target pasar yang tepat. Ketika kamu masih menggunakan cara offline, maka iklan dan promosi hanya terbatas pada cara offline pula, yang jangkauannya sempit.

Bandingkan dengan ketika kamu memiliki website toko online, kamu bisa melakukan kampanye promosi dan iklan ke target pasar yang tepat dan akurat. Jadi, iklan dan promosi yang kamu lakukan tersebut benar-benar akan dilihat oleh target pasar yang akan tertarik dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Hal yang Harus Dilakukan

Sebelum membahas bagaimana cara membuat website toko online dengan HTML dan sejenisnya, kamu harus tahu ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan. Tenang saja, membuat website toko online untuk bisnis tidak sulit, namun tetap ada yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

1. Siapkan Nama Toko Online

Cara membuat website toko online untuk bisnis yang pertama adalah menentukan nama dari toko online tersebut. Nama adalah doa, pastikan kamu memilih nama yang bagus, dan tetap relevan dengan bisnismu. Telusuri juga di internet, apakah nama tersebut sudah banyak digunakan atau belum.

Pastikan menggunakan nama yang unik dan berbeda dari bisnis lainnya, agar tidak membingungkan target pasar. Jika perlu, gunakan inisial atau singkatan yang sangat personal, sehingga unik dan belum banyak yang menirunya.

2. Persiapkan Domain Toko Online

Setelah menentukan nama website toko online, selanjutnya mempersiapkan domain. Apa yang dimaksud dengan domain? Jadi, domain ini adalah semacam alamat di internet, yang akan dituju konsumen ketika ingin belanja di toko online milikmu.

Jadi, domain ini sangat penting, jadi pastikan memilih domain yang unik agar tidak sama dengan yang lain. domain tersebut juga harus sederhana, agar mudah diingat oleh pelanggan dan calon pelanggan yang ingin berbelanja.

3. Pilih Demografi Konsumen

Hal lain yang harus kamu persiapkan adalah demografi konsumen, agar kamu bisa segera menentukan kampanye iklan dan promosi. Tentukan demografi berdasarkan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada masyarakat.

Kamu bisa menentukan demografi berdasarkan :

  • Jenis kelamin
  • Pendidikan
  • Rentang usia
  • Status hubungan

Dengan demografi yang telah ditentukan, kampanye iklan yang kamu lakukan akan sampai ke target pasar dengan tepat dan akurat.

4. Buat Konten untuk Menarik Traffic

Sebelum membuat orang membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan, pertama harus membuat mereka mau mengunjungi website toko online kamu. Jadi, buatlah konten website yang SEO Friendly, agar website toko online milikmu sering muncul di pencarian dengan kata kunci yang relevan.

Cara Membuat Toko Online untuk Bisnis

Membuat Toko Online untuk Bisnis

Berikut ini bisa kamu simak bagaimana cara membuat website toko online di WordPress dan CMS lainnya dengan cepat dan mudah :

1. Membeli Domain dan Menyewa Hosting

Jika domain adalah alamat website toko online kamu di internet, maka hosting adalah tempat di jagat maya yang berfungsi untuk menyimpan domain dan konten-konten di dalam website tersebut. Jadi, kamu harus membeli domain dan hosting untuk membuat website toko online yang profesional.

2. Memasang CMS

CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah WordPress. Pasalnya, cara membuat website toko online dengan WordPress gratisan sangat mudah dan simple, sehingga banyak yang menggunakan CMS ini.

CMS sendiri adalah Content Management System, yang bisa memudahkanmu untuk mengatur konten dan desain website. Selain WordPress, CMS lain yang juga banyak digunakan adalah Joomla!, Drupal, Typo3, Chamilo dan masih banyak lagi.

3. Memasang Plugin Khusus untuk Toko Oline

Langkah selanjutnya adalah memasang plugin khusus untuk website toko online. Plugin website toko online yang terkenal dan banyak digunakan adalah WooCommerce. Selain WooCommerce, ada Shopify, Magento dan lain sebagainya.

Plugin ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang wajib dimiliki oleh website toko online, seperti :

  • Metode pembayaran
  • Ongkos kirim
  • Keranjang

4. Isi Konten

Setelah memilih plugin khusus untuk website toko online, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasukkan produk-produk yang akan dijual di sana. Lengkapi juga informasi tentang produk tersebut, mulai dari nama, harga, deskripsi, kategori hingga fotonya.

5. Lakukan Pengaturan Halaman Utama

Cara membuat website jualan di HP memang bisa dilakukan, namun akan lebih mudah ketika kamu menggunakan PC/laptop. Terutama saat mengatur halaman utama website agar terlihat semakin menarik. Karena menarik, pelanggan akan betah berlama-lama di website toko online milikmu.

6. Gunakan Payment Gateway yang Fleksibel

Masukkan metode pembayaran di website toko online yang beragam. Misalnya saja, jangan hanya menggunakan metode pembayaran seperti transfer bank dan semacamnya. Kalau bisa, kamu bisa menambahkan metode pembayaran COD, untuk memfasilitasi pelanggan yang tidak memiliki rekening bank.

Membuat website toko online memang gratis, misalnya saja di WordPress. Namun, untuk membuat website toko online yang profesional, tentu membutuhkan biaya. Misalnya saja untuk membeli domain, menyewa hosting sampai membeli template WordPress yang premium.

Bagaimana? Cara membuat website toko online untuk bisnis cukup mudah bukan? Jika belum memiliki banyak modal, membuat website toko online sendiri bisa dibenarkan. Namun jika ingin website toko online yang profesional, bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.