Cara Setting Mikrotik RB750Gr3 untuk Hotspot Voucher

  • admin
  • Jul 04, 2022
Cara Setting Mikrotik RB750Gr3

Apakah Anda menggunakan mikrotik untuk membuat jaringan komputer terkoneksi internet? Lalu, bagaimana cara setting mikrotik RB750Gr3 untuk hotspot voucher?

Mikrotik RB750Gr3

Mikrotik RB750Gr3

Anda sudah tidak asing dengan mikrotik? Apa itu mikrotik? Mikrotik adalah sebuah teknologi yang menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan untuk menyediakan layanan internet. Tak heran, mikrotik sering digunakan untuk membangun sistem jaringan kecil maupun besar.

Sebelum membahas cara setting mikrotik RB750Gr3 untuk hotspot voucher, sebaiknya kenali dulu apa itu mikrotik RB750Gr3?

Mikrotik RB750Gr3 atau disebut hEX adalah produk routerboard yang menjadi penerus dari seri RB750GL kecil dengan memiliki spesifikasi hardware yang cocok digunakan untuk pengguna SOHO (Small Office Home Office).

Cara Atur Mikrotik RB750Gr3

Mikrotik RB750Gr3

Berikut cara setting mikrotik RB750Gr3 untuk hotspot voucher yang bisa Anda lakukan.

1. Masukkan Kabel dan Download Winbox

Sebelum melakukan setting. Anda harus menyambungkan kabel dan download Winbox.

  1. Hubungkan mikrotik dengan listrik hingga menyala.
  2. Masukkan kabel WiFi atau modem ke port Internet.
  3. Siapkan kabel LAN untuk menghubungkannya ke komputer atau laptop Anda. Masukkan kabel LAN ke port 2.
  4. Untuk port 3, 4, dan 5 digunakan sebagai access point untuk pemancar router outdoor.
  5. Setelah itu, buka aplikasi Winbox. Anda bisa men-download terlebih dahulu melalui situs yang menyediakan aplikasi Winbox. Winbox adalah aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan dan konfigurasi mikrotik dengan MAC Address atau protokol IP.

2. Connect di Aplikasi Winbox

Setelah download, bukalah aplikasi Winbox dan lakukan connect.

  1. Anda pun akan ditampilkan MAC Address yang ada di bagian atas secara otomatis. Anda bisa langsung pilih Connect.
  2. Setelah itu pilih menu Interface. Anda akan ditampilkan koneksi yang menghubungkan port 1 atau internet, port 2, hingga port 5. Anda bisa mengubah namanya dengan mengklik bagian nama port tersebut.
  3. Lalu masuk ke menu Bridge. Pilih ikon tambah untuk menambahkan Bridge. Pada pop up penambahan Bridge, ubah nama Bridge, kemudian pilih OK.
  4. Masuk ke Port yang ada di samping Bridge dan pilih ikon tambah. Pada General, ubah namanya dengan pilih nama Interface yang Anda beri nama untuk port 1. Kemudian pada Bridge, ubah namanya sesuai dengan nama Bridge yang sudah diubah.
  5. Masukkan nama-nama Interface yang sudah Anda ubah dan biarkan Bridge tetap sama.

3. Pilih Menu IP

Setelah itu, Anda bisa setting dengan memilih menu IP.

  1. Setelah itu, pilih menu IP dan pilih Address. Lalu, pilih ikon tambah untuk menambahkan Address. Pada kolom Address, Anda bisa menambahkan Address Anda atau bisa ikuti dengan menambahkan 192.168.1.2/24. Kemudian, pilih OK.
  2. Tambahkan Address untuk port 2 dengan 192.27.27.1/24. Di kolom Interface, ganti ke nama untuk port 2, kemudian pilih OK. Begitu pula untuk port 3, tambahkan Address dengan 10.10.10.1/24. Di kolom Interface, pilih nama untuk Bridge, kemudian pilih OK.
  3. Setelah itu, pilih menu IP dan pilih DNS. Pada kolom Servers, isikan 8.8.8.8, lalu pilih tanda panah bawah sehingga muncul kolom Servers lain da nisi 8.8.4.4. Kemudian, pilih Apply dan pilih OK.
  4. Pilih menu IP dan pilih Route. Anda akan melihat Router yang sudah terdeteksi. Anda bisa menambahkan Route dengan pilih ikon tambah.
  5. Pada General, isi nomor WiFi atau modem Anda atau Anda bisa memasukkannya dengan nomor 192.168.1.1, pada kolom Check General, pilih ping, lalu pilih Apply dan pilih OK.
  6. Pilih menu IP dan pilih Ferewall, lalu pilih NAT. Tambahkan NAT dengan memilih ikon tambah. Pada kolom Out Interface, pilih Internet atau port 1 yang sudah Anda beri nama. Pada Action, pilih markquarade. Setelah itu, pilih Apply dan pilih OK.

4. Pilih Menu IP dan DCHP Server

Anda bisa kembali memilih menu IP dan DCHP Server.

  1. Pilih menu IP dan pilih DHCP Server. Kemudian pilih DHCP Setup. Pada pop up di kolom DHCP Server Interface, pilih nama dari port 2, lalu pilih Next hingga selesai dan muncul pop up baru dan pilih OK.
  2. Pilih menu IP dan pilih Hotspot, lalu pilih Hotspot Setup. Pada kolom Hotspot Interface, pilih nama dari Bridge, lalu pilih Next hingga di kolom DNS Name. Anda bisa mengisi DNS Name dengan situs blog Anda, lalu pilih Next.
  3. Pada kolom Name of Local Hotspot User, isi nama hotspot yang Anda inginkan. Masukkan juga password di kolom Password for the User. Setelah itu, pilih Next.
  4. Pilih menu System dan pilih SNTP Client. Centang bagian Enable. Pada kolom Primary NTP Server, isi 202.65.114.202 dan pada kolom Secondary NTP Server, isi 212.26.18.41.
  5. Pada kolom Server DNS Names masukkan nama DNS yang Anda inginkan, misalnya asia.pool.rtp.org. Setelah itu, pilih Apply dan pilih OK.
  6. Pilih menu System dan pilih Password. Masukkan password baru dan lakukan konfirmasi di bawahnya, kemudian pilih Change.
  7. Anda pun berhasil setting mikrotik RB750Gr3 dan melakukan login di Winbox.

Penutup

Itulah mengenai cara setting mikrotik RB750Gr3 untuk hotspot voucher yang bisa Anda lakukan.

Dengan begitu, Anda bisa membuat jaringan internet menggunakan mikrotik RB750Gr3 melalui cara setting mikrotik RB750Gr3 untuk hotspot voucher seperti pembahasan di atas.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.