Membuat Landing Page Toko Online Mudah di WordPress

  • admin
  • Jul 04, 2022
Membuat Landing Page Toko Online Mudah di WordPress

Apakah kamu sudah memiliki website toko online namun belum membuat landing page? Jangan khawatir, cara membuat landing page toko online mudah. Hal ini harus kamu lakukan, jika ingin mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, serta meningkatkan pengunjung atau traffic website.

Sudah banyak contoh landing page toko online yang sukses, yang bisa meningkatkan konversi dan keuntungan perusahaan. Jika kamu ingin hal ini terjadi padamu, maka harus bisa membuat landing page toko online yang keren dan berkualitas.

Apa Itu Landing Page?

Landing Page

Sebelum membahas cara membuat landing page gratis, sudahkah kamu tahu definisi dari landing page tersebut? mungkin sudah banyak yang dengar tentang landing page ini, namun tidak semua paham dengan definisinya.

Jadi, landing page adalah halaman website statis, yang dikhususkan untuk menghasilkan prospek melalui sebuah tindakan yang dilakukan oleh pelanggan atau pengunjung. Landing page bisa berupa halaman tersendiri yang terhubung dengan website, atau halaman yang terintegrasi dan merupakan bagian darinya.

Fokus dibuat landing page bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenis bisnis yang ingin dipasarkan. Secara umum, tujuan dibuat landing page ini adalah untuk mengajak target pasar agar mau mendaftar, dengan manfaat seperti uji coba gratis, langganan newsletter dan lain sebagainya.

Mengapa Landing Page Penting untuk Bisnis?

Landing Page Penting untuk Bisnis

Cara membuat landing page HTML bisa dipelajari, namun pertama kamu harus tahu pentingnya landing page tersebut untuk website bisnis. Seperti yang kita tahu, namanya website tentu memiliki homepage atau halaman utama, yang mana cukup berantakan.

Karena berantakan, maka butuh landing page yang lebih rapi dan difokuskan. Ya, landing page lebih blak-blakan daripada homepage, karena tidak ada menu, postingan, link, sidebar dan lain sebagainya. Jadi, sangat bermanfaat untuk meningkatkan conversion rate.

Hal yang Harus Dilakukan

Hal yang Harus Dilakukan

Sebelum membuat landing page toko online, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, yaitu :

1. Menentukan Target Konversi

Pertama, adalah menentukan target konversi yang ingin kamu raih. Jadi apa tujuan akhirmu? Apakah ingin pengunjung melakukan pembelian, download aplikasi, berlangganan bulanan atau hal lainnya. Untuk mencapai target tersebut, kamu bisa membaginya lagi ke target yang lebih kecil.

Misalnya saja mengajak pengunjung untuk uji coba gratis selama 30 haru, mendapatkan newsletter mingguan, mendapatkan ebook gratis atau mendapatkan voucher diskon. Untuk mendapatkan konversi yang tepat, posisikan kamu seakan seorang pengunjung, dan pikirkanlah apa yang mereka inginkan.

2. Tulis Proposisi Nilai yang Jelas

Setelah menentukan target konversi, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan manfaat yang akan didapatkan pengunjung jika mereka melakukan tindakan yang kamu inginkan. Jauhi kata-kata yang umum dan tidak spesifik, karena kurang efektif.

Jadi, kamu harus menjelaskan manfaat produk dengan singkat, meyakinkan dan spesifik. Jadi, pengunjung akan bisa memahaminya dengan mudah sekali lihat saja. Jika perlu, kamu bisa menambahkan tagline keren namun harus sederhana, yang penting masih mendukung nilai proposisi utama.

3. Buat CTA yang Sulit Ditolak

Hal yang harus dilakukan selanjutnya ketika membuat landing page toko online adalah membuat CTA (Call to Action) yang sulit ditolak. Jadi, setiap landing page memang harus memiliki CTA yang jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung yang melihatnya.

CTA tersebut menjadi elemen utama yang bisa mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan. Jadi, buatlah CTA yang mudah ditemukan dan diklik, baik dalam bentuk tombol maupun formulir. Gunakan warna cerah yang kontras dengan landing page, agar mudah terlihat.

Teks CTA juga harus singkat, to the point dan bisa ditindaklanjuti. Ukuran font juga harus berbeda dengan bagian lain. Selain itu, pastikan juga elemen desain dan gambar yang ditambahkan mendukung CTA utama, dan tidak mengalihkan perhatian pengunjung.

Beberapa contoh CTA yang sering digunakan :

  • Uji coba gratis
  • Beli sekarang
  • Mulai sekarang
  • Baca artikel lainnya
  • Langganan newsletter kami

Cara Membuat Landing Page Toko Online di WordPress

WordPress

Banyak contoh landing page keren yang dibuat di WordPress. Jika kamu menggunakan WordPress, bisa langsung membuat landing page di dalamnya. WordPress sendiri memudahkan pengguna untuk membuat landing page, berkat pengaturan dan plugin yang dimilikinya.

Kamu bahkan tidak perlu paham dengan coding untuk membuat landing page di WordPress. Kamu bisa membuat landing page fashion, gadget, peralatan olahraga dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Setelah kamu berada di dashboard WordPress, arahkan kursor ke Page kemudian klik Add New.
  • Selanjutnya klik Add Block, lalu tambahkan elemen desain landing page seperti judul, teks, kover, tombol
  • Jika sudah, publikasikan landing page tersebut dengan klik Publish.
  • Selanjutnya kembali ke dashboard WordPress, arahkan kursor ke Appearance dan pilih Customize.
  • Kemudian klik Homepage Settings dan pilih A Static Page.
  • Terakhir, tetapkan landing page tersebut sebagai Homepage.
  • Selesai, pastikan kamu telah memiliki halaman blog yang dibuat untuk postingan.

Membuat landing page untuk toko online di WordPress memang mudah. Namun jika perlu, kamu juga harus belajar bagaimana cara membuat landing page di Facebook dan cara membuat landing page di Canva.

Cara Membuat Landing Page WA

Pastikan kamu telah memasang plugin toko online, misalnya WooCommerce, untuk membuat landing page yang terintegrasi ke WhatsApp. Selain itu, kamu juga harus sudah memasang plugin OneClick Chat to Order. Cara memasangnya sama dengan cara memasang plugin WordPress lainnya.

Pertama, atur plugin OneClick to Order terlebih dahulu, caranya :

  • Buka Numbers, klik Add WhatsApp Number lalu isi Add Title dengan namamu dan WhatsApp Number dengan nomor WA yang aktif. Jika sudah klik Publish.
  • Kembali ke halaman utama, masuk ke Single Product Page lalu isi Nomor WA, Custom Message, Text on Button dan Button Position.
  • Di bagian Text Translation, berikan terjemahan untuk teks Bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami, lalu klik Save Changes.
  • Kembali ke halaman utama OneClick to Order, lalu buka tab Shop. Selanjutnya isi Nomor WA seperti sebelumnya lalu centang pada Hide Add to Chart? dan ubah Text on Button dan Custom Message sesuai kebutuhan.
  • Kemudian scroll ke bawah untuk mengatur hal lainnya, misalnya saja centang Exclude Price jika tidak ingin menampilkan harga saat transaksi di WhatsApp. Centang Remove Product URL untuk menghapus tautan produk saat transaski dan centang Open in New Tab untuk membuka tab baru saat pelanggan bertransaksi lewat WhatsApp.
  • Jika sudah semuanya, tinggal klik Save Changes untuk menyimpannya.
  • Selesai, nanti akan ada tombol Beli via WhatsApp (contoh) jika landing page sudah terintegrasi ke WhatsApp.

Hampir semua bisnis membutuhkan landing page, terutama UMKM yang ingin go online. Selain itu, pemilik start-up online yang ingin meningkatkan brand awareness juga membutuhkan landing page. Intinya, semua yang berhubungan dengan bisnis online, pemasaran online dan semacamnya membutuhkan landing page.

Membuat landing page toko online pun untungnya mudah, khususnya buat pengguna WordPress. Mereka juga bisa mengintegrasikan landing page tersebut ke WhatsApp, jadi bisa bertransaksi di dalamnya. Semuanya memudahkan pebisnis online untuk meningkatkan konversi.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.