Penyebab Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power dan Cara Mengatasinya

  • admin
  • Jul 29, 2022

Mengoperasikan sebuah teknologi kerap kali mengalami kendala yang mengganggu aktivitas. Misalnya, laptop yang tidak kunjung menyala setelah ditekan power padahal sedang urgent. Lalu apa sebenarnya penyebab laptop tidak menyala saat ditekan tombol power tersebut?

Terdapat beberapa alasan laptop mati atau tidak menyala saat ditekan tombol power. Baik yang bersumber dari software atau hardware perangkat tersebut. Sebagai seorang pengguna, kita sudah seharusnya mengenal alasan dan cara mengatasinya.

5 Penyebab Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Laptop yang mati bisa disebabkan oleh berbagai alasan yang membuat perangkat tidak mampu untuk menyala bahkan bekerja secara maksimal. Di bawah ini adalah beberapa penyebab laptop tidak bisa menyala;

1. Baterai Laptop Bermasalah

batrai lapatop bermasalah

Kemungkinan pertama laptop Asus tidak menyala saat ditekan tombol power atau merek laptop lain tidak menyala adalah disebabkan oleh gangguan yang ada pada baterai. Bisa saja baterai habis hingga kerusakan yang lebih serius lainnya seperti adanya kebocoran.

Jika baterai habis, maka kamu hanya perlu menghubungkan laptop dengan adaptor untuk mengisi daya. Namun, jika laptop tidak kunjung menyala, kerusakan bisa saja terjadi pada adaptor atau baterai itu sendiri.

Misalnya karena baterai yang mengalami kebocoran atau sudah terlalu usang. Baterai yang bermasalah juga bisa ditandai dengan situasi dimana laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup.

2. Gangguan Pada Processor

gangguan apda prosesor

Processor adalah otak dari laptop yang terletak di tengah mainboard. Fungsinya adalah menghubungkan perintah dari user dengan sistem operasi laptop. Perangkat ini memiliki peran yang sangat penting dalam segala proses pengoperasian laptop.

Jika processor mengalami gangguan atau kerusakan, maka kemungkinan besar laptop tidak bisa bekerja dengan maksimal bahkan tidak bisa dinyalakan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh suhu laptop yang terlampau panas, pasta processor yang mengering atau terdapat bagian yang kotor.

3. RAM Bermasalah

ram bermasalah

Laptop HP tidak menyala saat ditekan tombol power atau merek laptop lain pun bisa disebabkan oleh masalah yang terjadi pada RAM laptop tersebut. RAM sendiri adalah salah satu perangkat keras laptop yang bertugas untuk menyimpan segala macam berkas yang ada di dalam laptop.

Kerusakan pada RAM bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti berkas yang menumpuk dan membuat memori penuh, pengaruh virus, atau RAM yang terhubung pada laptop dalam kondisi kotor.

4. Kerusakan di Tombol Power

kerusakan di tombol power

Kemudian, penyebab laptop tidak menyala saat ditekan tombol power lain adalah karena tombol power itu sendiri rusak. Bisa karena patah, kotor dan berdebu, atau switch tombol yang mengalami kerusakan lain yang terdapat pada sel sel baterainya.

Tombol power yang mengalami kerusakan tentu tidak bisa digunakan untuk menyalakan laptop. Namun, jika kamu sudah mengaktifkan tombol power dengan keyboard maka tidak perlu khawatir lagi, kamu tetap bisa menyalakan laptop meski tombol powernya bermasalah.

5. Mainboard Bermasalah

mainboard bermasalah

Mainboard atau Motherboard merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung berbagai komponen elektronik pada laptop. Perangkat ini berbentuk papan yang memungkinkan penyatuan komponen lain supaya laptop bisa bekerja.

Mainboard sendiri bisa saja bermasalah karena processor yang terlalu panas, IC rusak, ketidakstabilan suplai listrik, dan aplikasi yang terkena virus. Jika perangkat ini bermasalah maka laptop bisa saja mati mendadak dan susah dinyalakan.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Setelah mengetahui empat alasan umum laptop Acer tidak menyala saat ditekan tombol power atau merek lain. Jangan dulu memutuskan untuk membeli yang baru, karena siapa tahu kerusakan tersebut masih bisa di atas dengan beberapa cara berikut ini;

1. Cek Baterai Laptop

cek batrai bermasalah

Cara yang paling mudah adalah dengan mengecek apakah laptop memiliki baterai yang cukup untuk menyala atau tidak. Jika sudah dipastikan laptop kehabisan daya dan masih belum menyala meski sudah terhubung dengan charger, maka ada yang salah dengan baterai tersebut.

Mungkin saja baterai laptop kamu mengalami kebocoran dan perlu diganti dengan yang baru dan lebih berkualitas. Begitu pula kondisi sebaliknya saat laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup yang mengindikasikan masalah pada baterai.

Selain mengalami kebocoran, adaptor baterai juga perlu diperhatikan. Jika sudah tidak bisa digunakan maka kamu perlu mengganti adaptor tersebut. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

2. Periksa Kondisi Hardware Laptop

cek kondisi hardware laptop

Solusi lain yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan memeriksa kondisi hardware perangkat tersebut untuk memastikan apakah ada kerusakan dari sparepart lain atau tidak.

Misalnya jika RAM sudah penuh, kamu mungkin perlu menghapus beberapa berkas yang tidak begitu penting, atau memindahkannya ke Google Drive, atau hardisk eksternal. Hal ini dilakukan supaya RAM kembali memiliki ruang yang cukup untuk sistem operasi bekerja dengan baik.

Sedangkan untuk masalah yang terjadi pada processor dan mainboard, alangkah baiknya jika kamu menyerahkan tugas tersebut kepada orang yang lebih berpengalaman. Supaya hasil yang didapat bisa lebih baik dari tangan profesional.

3. Mengatasi Kerusakan Switch Power Laptop

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu keahlian khusus untuk membuka dan membongkar laptop. Hal yang perlu dikerjakan adalah dengan membersihkan area tombol power jika kotor, dan ganti tombol power laptop tersebut tidak ada yang bisa diperbaiki.

Namun jika ragu, kamu harus membawa laptop ke tempat service untuk mendapatkan pelayanan yang lebih profesional.

Alternatif lain yang bisa kamu coba jika switch power rusak adalah dengan mengaktifkan opsi cara menyalakan laptop selain tombol power lain. Rekomendasi utamanya yakni menghidupkan laptop dari mainboard dengan cara:

  • Lepaskan kabel charger laptop
  • Buka casing laptop lalu cari tombol power
  • Jika sudah ketemu, lepaskan tombol dan kamu akan menemukan tiga hingga enam pin dibawahnya
  • Hubungkan pin dengan kawat, lalu siapkan konduktor apa pun seperti obeng
  • Kemudian, hubungkan pin dengan konduktor.
  • Tunggu laptop hingga dan siap digunakan kembali.

Cara menyalakan laptop Asus tanpa tombol power maupun laptop merek lain yakni dengan memanfaatkan tombol keyboard. Berikut tahapannya;

  • Akses interface dengan BIOS, dengan mengklik F2, atau F4, atau DEL sesuai merek laptop
  • Pilih ‘Manajemen Daya
  • Pilih lagi ‘power on Keyboard’, kemudian atur tuts keyboard mana yang akan bekerja untuk menyalakan laptop
  • Terakhir, periksa hasilnya dengan mematikan laptop lalu menyalakannya kembali dengan keyboard.

Cara lain yang bisa dicoba untuk menyalakan laptop tanpa tombol power adalah dengan menggunakan stop kontak. Cukup sederhana, kamu hanya perlu melakukan;

  • Temukan kabel yang menghubungkan tombol power dengan mainboard
  • Putuskan sambungan, dan biarkan kabel terputus dan tidak lagi saling mengait.
  • Lepaskan baterai laptop
  • Hubungkan laptop pada soket yang akan menyala

Terdapat beberapa penyebab laptop tidak menyala saat ditekan tombol power baik dari gangguan internal atau eksternal. Kamu juga telah belajar berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut, maka jangan dulu memutuskan beli laptop baru sebelum mencoba untuk memperbaikinya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.