Tugas Admin Toko Online dan Potensinya untuk Masa Depan

  • admin
  • Jul 01, 2022

Tugas admin toko online cukup banyak karena meliputi berbagai hal yang cukup menguras tenaga. Mulai dari melakukan proses upload berbagai jenis foto dan juga informasi produk sampai berhubungan dengan transaksi penjualan.

Karena memiliki banyak sekali tugas yang terkadang cukup merepotkan. Suka duka jadi admin online banyak dilontarkan oleh masyarakat. Karena ada yang mendapatkan gaji yang cukup tinggi dan ada juga yang mendapatkan gaji rendah.

Tugas Admin Toko Online

Admin Toko Online

Pekerjaan admin online di beberapa toko cukup banyak. Untuk mengetahui apa saja tugas admin toko online bisa menyimak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

1.  Upload produk baru dan informasinya

Tugas admin toko baju dan beberapa toko lainnya adalah melakukan upload berbagai jenis produk baru. Biasanya setiap periode tertentu akan muncul baju baru yang fotonya harus di upload satu persatu ke beberapa media penjualan.

Selain melakukan upload pada foto yang sudah tersedia. Juga harus melakukan upload pada produk nulis atau informasi terkait dengan produk itu. Tanpa melakukan hal tersebut biasanya akan sulit untuk mendapatkan pembeli.

Karena yang dilakukan oleh pembeli untuk pertama kali adalah melihat foto yang ada pada media sosial dan juga marketplace. Setelah itu bisa melihat informasi yang sudah dituliskan di sana. Barulah akan memutuskan untuk membeli.

2.  Memperbarui informasi

Selain melakukan upload pada informasi dan juga foto yang sudah disediakan sebelumnya. Pada saat tertentu mereka juga harus memperbarui hal-hal yang berkaitan dengan informasi tersebut. Misal ada kenaikan atau penurunan harga.

Dengan melakukan proses pembaruan ini maka pekerjaan akan semakin banyak. Apalagi saat memutar tentu biasanya akan ada banyak sekali produk yang harus diperbarui. Jadi harus melakukan pekerjaan hingga berkali-kali.

Tetapi beberapa orang sudah menyediakan template yang ada sehingga untuk memperbarui informasi hanya harus mengganti di beberapa informasi yang dibutuhkan saja. Namun jika jumlahnya banyak juga cukup merepotkan.

3.  Promosi di medsos

sosmed

Tugas admin online shop adalah untuk melakukan promosi secara langsung ke media sosial baik secara langsung ataupun tidak langsung. Apabila ingin melakukan promosi secara langsung bisa langsung membagikan link produk.

Apabila ada orang yang tertarik akhirnya akan masuk dengan menggunakan link tersebut. Setelah itu baru bisa langsung mendapatkan penjualan dan bisa langsung segera di packing dan dikirim ke alamat yang sudah diberikan.

Sayangnya promosi di media sosial ini terkadang tidak bisa berjalan dengan baik. Ada hal yang perlu diperhatikan mulai dari mengetahui target market yang dimiliki dan juga saingan dari produk yang sama.

4.   Membuat posting di IG dan platform lain

Tugas admin sosial media adalah membuat postingan untuk beberapa platform. Salah satu platform yang sering digunakan untuk memposting promosi di media sosial adalah Instagram dan juga beberapa yang lain seperti Tik Tok.

Postingan yang nantinya dibuat jenisnya beragam mulai dari postingan yang berhubungan dengan promosi standar hingga postingan branding. Jadi harus membuat banyak konten yang terstruktur setiap harinya dan akan diposting secara terjadwal.

Biasanya postingan ini memang ditujukan untuk mendatangkan lead. Namun beberapa online shop juga membebani untuk melakukan proses konversi dalam jumlah besar. Jika tidak mereka akan dianggap tidak mencapai target yang sudah disepakati.

5.   Membuat laporan keuangan

laporan keuangan

Tugas terakhir yang dimiliki oleh seorang admin online adalah merekap transaksi yang terjadi pada hari itu. Proses merekap ini sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis karena beberapa marketplace sudah menyediakannya.

Namun beberapa online shop juga akan melakukan proses perekaman secara manual untuk melakukan proses pencocokan. Apabila transaksi hanya sedikit mungkin tidak akan ada masalah. Namun jika transaksinya ada ratusan bahkan ribuan juga merepotkan.

Seharusnya tugas ini memang sudah dipegang sendiri oleh admin yang lain dan tidak bertugas untuk melakukan promosi atau upload. Jadi akan bekerja dengan lebih fokus dan tidak melakukan kesalahan dalam transaksi apapun.

Suka Duka Admin Online

Suka Duka Admin Online

Seorang admin online memiliki banyak sekali suka. Mulai dari interview admin online shop, hingga jenis pekerjaan yang nantinya akan dilakukan. Berikut beberapa hal yang sering dialami oleh para admin

1.      Interview yang rumit

Salah satu hal yang menyebabkan banyak admin online shop jadi sulit untuk bekerja adalah interview atau wawancaranya yang cukup rumit. Karena biasanya seorang admin memang harus berhubungan dengan pekerjaan itu.

Jadi untuk mereka yang masih sangat pemula akan sulit melakukan dan tidak memiliki pengalaman. Karena tidak memiliki pengalaman maka akan sulit untuk menjawab berbagai pertanyaannya memang menyulitkan.

Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk belajar banyak hal terkait dengan dunia interview. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan yang mungkin akan sedikit menjebak.

2.      Pekerjaan yang banyak

Seperti yang sudah dijabarkan di atas jika pekerjaan menjadi seorang admin online shop memang sangat banyak. Apalagi jika pekerjaan itu seluruhnya dibebankan pada satu atau beberapa orang saja.

Seorang admin online shop biasanya akan memiliki pekerjaan untuk melakukan upload berbagai jenis produk yang masih baru. Terkadang mereka juga harus melakukan update beberapa informasi terkait dengan produk.

Selanjutnya mereka juga harus melakukan rekap terkait dengan beberapa hal seperti penjualan produk pada hari itu. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk mempelajari banyak hal terkait dengan pekerjaan ini sebelum memutuskan untuk melamar.

3.     Ada target yang rumit

Ada beberapa target yang harus dilakukan oleh para admin online shop yang membuat mereka terkadang cukup kesulitan. Ada target untuk bisa mencapai transaksi dengan jumlah tertentu hingga target lainnya.

Dengan target yang cukup besar ini tentu akan sangat merepotkan karena di dunia online segala hal bisa terjadi. Terkadang transaksi bisa berjalan dengan sangat baik dan tidak sedikit yang transaksinya berjalan lambat.

Apabila tidak mencapai target biasanya tidak mendapatkan uang atau gaji dengan jumlah yang sesuai. Jadi memang benar-benar harus berusaha untuk mendapatkan konsumen setiap harinya bahkan ketika libur.

4.      Dapat bonus

Tidak semua pemilih online shop memang memberikan perlakuan yang cukup buruk pada admin mereka. Beberapa bahkan memberikan banyak sekali bonus apabila bisa mencapai target atau paling tidak berusaha dengan baik.

Itulah kenapa ketika akan melamar pekerjaan ini memang disarankan untuk memilih toko yang paling sesuai. Dengan begitu tidak akan ada masalah sama sekali ketika mulai menjalankan pekerjaan ini dengan baik.

Jadi memang harus bersabar apabila ingin mendapatkan bonus karena terkadang tidak bisa selalu dapatkan setiap. Namun jika rajin menjalankan berbagai tugas kemungkinan besar akan cukup mudah untuk didapatkan.

Tugas admin toko online bisa dijalankan oleh semua orang bahkan dengan pendidikan yang biasa saja. Namun untuk toko online yang memiliki kualitas tinggi memang disarankan harus memiliki kemampuan manajemen yang sangat baik.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.